logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 260

Wujudkan Percepatan Pengadilan Inklusif, Direktorat Pembinaan Administrasi Selenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Penyandang Disabilitas se-Wilayah PTA Semarang
image001

Semarang | badilag.mahkamahagung.go.id

Selasa (30/11) 2021 Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H di dampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dr. H. Zulkarnain, S.H., M.H. membuka secara resmi Kegiatan Bimtek Layanan Bagi Penyandang Disabilitas yang diselenggarakan bertempat di Auditorium Pengadilan Agama Semarang Jalan Jendral Urip Sumoharjo No.5 Kota Semarang, Jawa Tengah.

Acara tersebut diikuti secara tatap muka (luring) oleh perwakilan peserta yang berasal dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Pengadilan Agama Semarang, Pengadilan Agama Demak, Pengadilan Agama Boyolali, Pengadilan Agama Ambarawa, dan untuk peserta dari Satuan Kerja lain di Wilayah PTA Semarang mengikuti bimtek secara daring melalui aplikasi virtual meeting dan kanal Youtube Pengadilan Agama Semarang.

Dalam bimtek ini, tema yang diangkat adalah “Menciptakan Pengadilan Inklusif di Lingkungan Peradilan Agama dengan Peningkatan Pelayanan kepada Penyandang Disabilitas” pada kesempatan ini Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama menyampaikan komitmen Ditjen Badilag berusaha untuk mewujudkan keadilan dan perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas, memberikan hak dan perlakuan yang sama di hadapan hukum, dan memberikan perlindungan dari segala tekanan, kekerasan, penganiayaan, diskriminasi, perampasan atau pengambilalihan hak milik sebagaimana diamanatkan Undang-Undang.

Acara ini ditujukan dalam hal peningkatkan kompetensi, kecakapan, dan keterampilan aparatur peradilan khususnya di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam memberikan pelayanan terhadap para penyandang disabilitas di pengadilan. Peserta Kegiatan Bimbingan Teknis Layanan Bagi Penyandang Disabilitas diikuti oleh Aparatur Pengadilan Agama sebanyak 25 (dua puluh lima) orang yang terdiri dari Hakim, Panitera Pengganti, Petugas PTSP, Petugas Keamanan/Satpam. Narasumber kegiatan ini berasal dari Komunitas Sahabat Disabilitas Semarang.

image003

Acara ditutup dengan nasihat Direktur Pembinaan Adminitrasi Peradilan Agama kepada seluruh aparatur yang mengikuti kegiatan ini “Salah satu tugas penting pengadilan adalah menciptakan kesetaraan akses bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga kaum difabel juga dapat memiliki kesempatan yang sama dalam memperjuangkan hak-hak hukumnya. Inilah esensi pengadilan inklusif.”

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook