logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 7331

Di ruang kerjanya, gedung MA RI Jakarta, Kamis (7/2/2013), Pak Tuada berkenan menerima kunjungan Drs. Muslim, SH, MA (Wakil Ketua PA Cilegon sekaligus penulis buku biografi mantan Dirjen Badilag Wahyu Widiana) dan Alimuddin, SHI (Hakim PA Pandan).

Dalam kesempatan itu Pak Tuada banyak memaparkan gagasan untuk perubahan peradilan agama ke depan, termasuk memberikan pesan dan nasihat untuk warga peradilan agama seluruh Indonesia.

Demikian sebagian isi pembicaraan dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu:

Apa kabar, Pak Tuada?

Alhamdulillah, saya sehat. Itu berkat doa Anda berdua dan warga peradilan agama di seluruh Indonesia.

Kami mengucapkan selamat ulang tahun. Apa yang Bapak rasakan?

Oh, ya, tahu dari mana saudara berdua? Saya bangga dengan peradilan agama. Saya merasakan ada perubahan di lembaga kita.

Apa perubahan yang Bapak rasakan?

Pertama, perubahan dalam bidang pengembangan SDM. Peradilan agama telah jauh berubah. Hakim peradilan agama sudah banyak yang kuliah lagi, jenjang S-2 bahkan sampai S-3, segala disiplin ilmu hukum, termasuk hukum ekonomi syariah.

Kedua, perubahan dalam bidang teknologi informasi (TI). Bahkan orang-orang luar negeri mengakui penguasaan TI para hakim, pegawai, dan tenaga honor di peradilan agama.

Untuk pengembangan SDM peradilan agama, apa gagasan yang Bapak tawarkan?

Pertama, kumpulkan hakim pintar di tempat yang besar sehingga menjadi sapu lidi, bersatu dan pendekatan untuk menuju perubahan. Selama ini, hakim-hakim pintar dan cerdas disimpan di daerah terpencil, akibatnya mereka tidak bisa kuliah, tidak mampu beli buku karena jauh ke kota, akses internet lambat dan koranpun jarang sampai karena wilayah perbatasan sulit dimasuki. Dengan dikumpulkan dan didekatkan mereka ke kota, pengembangan SDM di Badilag bisa maju pada masa mendatang.

Bagaimana agar aparatur peradilan agama bermanfaat bagi masyarakat?

Hemat saya, ada beberapa tahapan yang harus kita lakukan. Pertama, aparatur peradilan agama, baik dia hakim, panitera, pegawai haruslah membumi, jangan melangit. Dalam istilah Pak Quraish Shihab itu 'Membumikan al-Quran'. Begitu juga dengan kita. Marilah membumikan peradilan agama di tengah masyarakat sehingga peradilan agama dan aparatur yang bekerja di dalamnya bisa dikenal, diajak, dan bermanfaat.

Kedua, lakukan pendekatan dengan masyarakat, lembaga pemerintah daerah, melalui olahraga, baik tenis, badminton, futsal, atau olahraga lainnya. Kalau tidak bisa, ya belajar.

Sejauh ini, bagaimana yang Bapak lihat?

Saya melihat sudah mulai maju. Aparatur peradilan agama sudah banyak yang membumi. Mereka bisa diterima oleh Pemda dengan menjadi Muspida; bergabung di MUI, Dewan Masjid, dan ICMI. Walaupun masih ada juga yang ekslusif dan tidak percaya diri, lambat laun saya yakin arahnya menuju perubahan.

Berbicara tentang perubahan, bagaimana memulainya?

Saya menginginkan 'membumi' jangan 'melangit' untuk menjadikan aparatur peradilan agama tidak eksklusif dan tidak percaya diri; tidak menjadikan PA seperti 'kamar dalam kamar'.

Saya sendiri sejak hakim biasa sampai menjadi hakim agung tidak pernah mengubah kebiasaan saya, bergaul dan dekat dengan kawan-kawan. Sekarang saya dekat dengan kawan-kawan hakim agung, askor, asisten, pimpinan PTA, bahkan hakim PA. Hal itu saya lakukan untuk mencontohkan supaya kawan-kawan juga mau bergaul dengan orang lain dan tidak ekslusif.

Lalu, apa akan ada dampak ketika terlalu dekat dengan orang lain?

Oh, tidak demikian. Kita juga harus membatasi diri. Bergaul bukan berarti menjatuhkan keluhuran martabat, melainkan mengenalkan keberadaan kita kepada publik. Saya sekarang sedang dekat dengan kawan-kawan di Bank Indonesia (BI) melalui olahraga. Tujuannya agar mereka mengenal bahwa peradilan agama mempunyai kewenangan dalam bidang ekonomi syariah. Kuncinya, tetap istiqamah sebagai ulama di mata masyarakat dan hakim di mata hukum.

Sebenarnya, apa yang ingin bapak cari?

Saya tidak mencari apa-apa. Saya hanya ingin perubahan di tubuh peradilan agama. Selama ini kita mempunyai kultur yang tertutup sehingga dianggap masyarakat sebagai Peradilan Serambi Masjid. Lama-lama kita bisa menyesuaikan dengan kultur baru yang modern sehingga peradilan agama dikenal dengan peradilan modern. Dari serambi masjid menuju peradilan yang modern, itulah peradilan agama. Walaupun kita sudah dipandang modern dan maju, ciri khas kita tidak boleh hilang.

Apa pesan Pak Tuada untuk warga peradilan agama?

Saya ingin berpesan untuk warga peradilan agama, baik dia hakim, panitera, panitera pengganti, jurusita dan jurusita pengganti, dan pegawai. Pertama, SDM peradilan agama harus bagus, tidak ekslusif, berwawasan luas, dan menguasai teknis peradilan agama.

Kedua, percuma kalau pola Bindalmin dan TI bagus, namun mahkota peradilan agama yang bernama putusan tidak bermutu. Oleh karena itu selain menguasai teknis, SDM peradilan agama juga harus bagus membuat putusan atau penetapan.

Bagaimana menjadikan SDM yang bagus dalam teknis yustisial?

Perbanyak bimbingan teknis bagi tenaga peradilan agama (hakim, panitera, jurusita). Kita juga sudah banyak mengirim utusan peradilan agama ke luar negeri untuk belajar hukum ekonomi syariah, dan ini saya menilainya di ambang berhasil. Ke depan perlu dilanjutkan lagi.

Lalu, bagaimana putusan yang bagus menurut Bapak?

Putusan yang bagus menurut hemat saya, putusan yang di dalamnya ada pembaruan hukum Islam, bukan hanya copy dan paste saja, meniru dan mencontoh putusan demi putusan sebelumnya sehingga hakim tidak berfikir, menggali, dan menemukan hukum baru. Lahirnya putusan yang bermutu sebagai mahkota peradilan agama yang berisikan pembaruan hukum Islam sebagai tuntutan zaman. Hal ini masih dalam proses dan harus diteruskan dan dipengaruhi agar hakim-hakim peradilan agama mau membuat dan menciptakan putusan yang bermutu dan bagus.

(Muslim dan Alimuddin)

Comments  
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-02-18 10:38
Salut!
Ini baru satu reportase terobosan dengan langsung mewawancarai tokoh yang ingin diberitakan.
Bagus, jika sering-sering dilakukan tim redaksi, paling tidak sebulan sekali, dengan mengadakan wawancara dengan tokoh2 di MA atau Badilag. Atau KPTA-KPA yang layak ditampilkan sebagai role model.
Bekerja seperti wartawan sungguhan, bukan hanya wartawan dadakan seperti ditulis Bang Hermansyah beberapa waktu lalu.
Sekalipun terlambat, seluruh pegawai PA Nunukan mengucapkan "Selamat Hari Jadi ke-68 kepada Ayahda Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H.
Selamat Ulang Tahun Bapak "Penggagas Sidang Keliling di Luar Negeri."

Salam rindu dari bumi "Penendi Taka" Nunukan, Kaltim, perbatasan Indo-Mal (Indonesia-Mala ysia) tempat Ayahda dulu berjuang menghidupkan PA-PA di Kaltim, melalui Tarakan.
Reply | Reply with quote | Quote
# Muhammad Natsir Mizziy Basith 2013-02-18 10:43
"....Tujuannya agar mereka mengenal bahwa peradilan agama mempunyai kewenangan dalam bidang ekonomi syariah. Kuncinya, tetap istiqamah sebagai ulama di mata masyarakat dan hakim di mata hukum."
__mencoba mengutip dan memahami__
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusysdi PA.Mto 2013-02-18 11:23
Selamat panjang umur Pak TUADA MARI semoga tambah sehat dan enerjik untuk perobahan dan lembaga kita semakin jaya dan Agung,Amin...
Reply | Reply with quote | Quote
# indra Suhardi MS Sab 2013-02-18 11:27
Luar biasa gagasan demi gagasan yang di sampaikan pak TUADA UlDILAG dalam wawancara di atas,kita jangan eklusif dan hanya melangit tetapi harus membumi di masyarakat. Bila saja gagasan ini kita implementasikan akan membawa perubahan segera dan akan menjadi kenyataan, sehingga benar-benarlah peradilan agama sudah maju dan modern tetapi tetap istiqamah dengan cirinya.
Reply | Reply with quote | Quote
# irfan@PA.Makassar 2013-02-18 11:40
Keluarga Besar Pengadilan Agama Makassar mengucapkan selamat milad yang ke-68 kepada Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH, Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Peradilan Agama (Tuada Uldilag).
Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kesehatan kepada beliau untuk lebih kontributif dalam menuangkan ide dan pemikiran-pemik iran dalam pembaharuan peradilan, khususnya peradilan agama.

Mengomentari pikiran-pikiran Bapak dibidang manajemen SDM, bahwa saya sangat sependapat bahwa peningkatan kualitas sumber daya aparat peradilan agama harus berbasis kompetensi dan kompetisi.
Reply | Reply with quote | Quote
# Said, MS-IDI. 2013-02-18 11:45
selamat ulang tahun Pak Andi Syamsu Alam :-)
Reply | Reply with quote | Quote
# Erfani 2013-02-18 11:50
Pandangan Beliau Menjadi Harapan bagi Kami Calon Hakim untuk dipertimbangkan penempatannya berdekatan dengan Universitas, semoga hal ini diamini oleh Dirjen Badilag, Promosi dan Mutasi,pendefin itifan Hakim 2013/2014 kelak, bisa membuka pintu bagi Hakim S1 untuk tdk saja masuk Kantor Pengadilan, tetapi masuk Ruang Belajar Ber Ac Pasca Sarjana Universitas terdekat...
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-02-18 12:11
Selamat ulang tahun ke 68 bapak Tuada Uldilag MA, semoga sehat wal'afiat dan panjang umur, dan pengabdian di lingkungan Badan Peradilan Agama dimasa yang akan datang lebih keras lagi agar Peradilan Agama ke depan lebih maju.
Reply | Reply with quote | Quote
# rusjdy a.s. 2013-02-18 12:12
selamat ulang tahun semoga pak tuada tetap sehat wal afiat agar tetap energik membimbing peradilan agama kearah peradilan agama yang modern. amin
Reply | Reply with quote | Quote
# Mohammad H. Daud Waka PA Gtlo 2013-02-18 12:25
Selamat ultah ke 68 bapak Tuada Uldilag MARI, semoga ide-ide pembaharuan Peradilan Agama yang bapak tawarkan dapat menjadikan Peradilan Agama menjadi peradilan yang modern.
Reply | Reply with quote | Quote
# Masrinedi-PA Painan 2013-02-18 12:53
Selamat berultah yang ke-68 YM bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH, Ketua Muda Mahkamah Agung RI Urusan Lingkungan Peradilan Agama (Tuada Uldilag). Semoga bapak beserta keluarga bertambah harmonis dan kami warga badilag turut bergembira atas nasehat-nasehat bapak tersebut. Aamiin ! :-)
Reply | Reply with quote | Quote
# RS.MS.Aceh 2013-02-18 13:06
Kami ucapkan selamat ulang tahun yang ke 68 untuk Yang Mulia Bapak DR.H.Andi Syamsu Alam SH.MH. Apa yang telah bapak sampaikan tersebut sangat berguna bagi kami untuk memacu semangat meningkatan pengetahuan, agar terwujudnya Peradilan yang Agung.
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari. 2013-02-18 13:35
Selamat untuk Ultah pak Tuada yang 68, dan semoga harapan-harapan beliau sebagaimana dalam wawancaranya bisa diwujudkan oleh warga Peradilan Agama dengan istilah membumikan Pengadilan Agama.Jayalah PA
Reply | Reply with quote | Quote
# #Anas. PA.Trk. 2013-02-18 13:43
Kami keluarga besar Pengadilan Agama Tarakan Mencucapkan "Selamat Ulang Tahun kepada Bapak Y.M. ANDI SYAMSU ALAM yg ke 68". semoga Bapak selalu diberi nikmat iman, sehat, sehingga bisa membimbing dan membina kami amin amin yarobbal 'alamin, saya selalu merindukan Bapak, kapan ke Tarakan lagi Pak?
Reply | Reply with quote | Quote
# Dudung El-Marfuddin 2013-02-18 14:33
Selamat Ulang Tahun ayahanda kami tercinta,
semoga Allah senantiasa melimpahkan kesehatan dan ke'afiatan, sehingga YM tetap dapat membimbing kami dalam melakukan perubahan
Reply | Reply with quote | Quote
# Itna- PA. Kalianda 2013-02-18 14:39
Selamat Ulang Tahun yang Mulia Bapak Tuada Uldilag, semoga slalu diberi kesehatan serta kesuksesaan dalam menjalankan tugas dan tetap menjadi pengayom seluruh warga Peradilan Agama...
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-02-18 14:47
untuk kemajuan aparatur peradilan agama pola mutasi hakim juga harus diperbaki, seperti mendekatkan yg bersangkutan dg keluarga, dan bagi yg belum S2 dan S3 agar didekatkan dg tempat melanjutkan study
Reply | Reply with quote | Quote
# H. R. HIDAYAT . PA BAJAWA NTT 2013-02-18 19:06
SELAMAT ULANG TAHUN KE 68 " BAPAK Y.M. DR.H.ANDI SYAMSU ALAM, SH, M.H," KAMI DOAKAN BAPAK Y.M. PANJANG UMUR, SEHAT WAL AFIAT, SEJAHTERA LAHIR BATIN, DIMUDAHKAN SEGALA URUSAN SERTA SUKSES MEMBAWA PERADILAN AGAMA YANG LEBIH MAJU, MODERN, BERWIBAWA DAN AGUNG. AMIN ... 3 X.
Reply | Reply with quote | Quote
# Abd.Hafid- PA-Mamuju 2013-02-18 20:27
Semoga YM bapak TUADA UlDILAG MARI dlm usianya yg ke 68 tahun Allah SWT selalu melindungi dlm menjalankan aktifitasnya dan diberi kesehatan, Allahumma AMin 3 x
Reply | Reply with quote | Quote
# harisman-pa jaksel 2013-02-18 20:33
wawancara yang sangat menarik...
kita bangga punya Tuada yg sgt support kpd perubahan agama yg semakin maju dan modern..selamat ultah utk pak Tuada..
Reply | Reply with quote | Quote
# Pahruddin Ritonga-PA. Gunungsitoli 2013-02-18 20:47
Terima kasih kepada Bapak Muslim dan Bapak Alimuddin yang telah memuat wawancara khusus dengan Tuada Udilag Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH, ini sangat menggugah fikiran, hati dan motivasi bekerja, agar mampu berbuat lebih baik lagi memajukan PA, terutama meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan yang membutuhkan perlindungan hukum serta meningkatkan kualitas diri baik Pola Bindalmin, kualitas Putusan dan percepatan penyelesaian perkara. Saya ucapkan Selamat Ultah ke-68 Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH,semoga sehat selalu, diberikan rezeki yang seluas-luasnya serta dalam perlindungan Allah SWT. Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# alwi pa Kendari 2013-02-19 06:21
ass.alaikum wr.wb. selamat ulang tahun pak tuada uldilag, semoga panjang umur dan dapat melihat perubahan yang signifikan di Peradilan Agama sebagaimana yang bapak harapkan.mudah2 an arahan bapat tentang perubahan di Peradilan Agama menjadi motifasi dan perhatian kita semua,amin sekali lagi selamat ulang tahun karaeng.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.BARMULA PTA AMBON 2013-02-19 06:48
Sy sangat setuju dengan hasil wawancara yg dijawab santai tp serius oleh Pak Tuada Uldilag Selamat sekali lagi buat Pak Tuada Ultah yg ke 68 smoga Allah SWT selalu melindungi Bpk.
Reply | Reply with quote | Quote
# Hardinal PTA Jypura 2013-02-19 06:58
Kami di ujung timur Indonesia melayangkan ucapan selamat Ultah ke-68 kepada Yml. Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH.,MH, semoga Yml selalu sehat wal afiat dan senantiasa mendapat petunjuk serta berada dalam lindungan Allah SWT dalam membawa serta memotivasi para insan Peradilan Agama untuk terus melakukan perubahan bagi Peradilan Agama ke depan agar lebih maju dan lebih dikenal di kancah ragional, lokal dan internasional. Amin…!!!
Reply | Reply with quote | Quote
# Syamsulbahri PA Mks 2013-02-19 07:20
Selamat kepada YM Pak TUADA ULDILAG semoga gagasan yang cemerlang tersebut dapat kita aplikasikan melalui kerja keseharian kita sebagai abdi negara pada Peradilan Agama di Indonesi...
Semoga pula sukses MEMBUMIKAN PERADILAN AGAMA dengan menghasilkan putusan yang berkwalitas dengan muatan pembaharuan hukum Islam... Amien...
Reply | Reply with quote | Quote
# Nurmadi Rasyid.PA.BKL 2013-02-19 07:58
Seluruh pegawai PA Bengkulu mengucapkan "Selamat Hari Jadi ke-68 kepada Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H.
Selamat Ulang Tahun Bapak "Penggagas Sidang Keliling di Luar Negeri dan Sukses membawa Peradilan Agama yang lebin maju, modern, dan Agung. Amin....
Reply | Reply with quote | Quote
# DH PTA Banten 2013-02-19 07:59
Selamat milad YM Bapak Tuada, moga tetap sehat, bersemangat dan menjadi panutan serta pemberi support bagi penerusnya di lingkungan peradilan agama. Kita mengamini harapan-harapan beliau sekaligus merespon untuk bersama-sama mewujudkan peradilan agama makin sukses dan membumi.
Reply | Reply with quote | Quote
# someone madiun 2013-02-19 08:10
"Selamat Milad ke 68" kepada YM Tuada Uldilag Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH, semoga sisa umur yang diberikan dapat menambah manfaat dalam memajukan Peradilan Agama dan semangat membumikan Peradilan Agama menjadi suri tauladan bagi warga Peradilan Agama pada khususnya dan warga Mahkamah Agung RI pada umumnya, Amien..
Reply | Reply with quote | Quote
# rohimahpagrt 2013-02-19 08:29
SELAMAT ULTAH YG KE 68 YM BAPAK TUADA ULDILAG MARI SEMOGA PANJANG UMUR SEHAT WAL'AFIAT DAN SENANTIASA DLM LINDUNGAN ALLAH SWT DLM MEMBAWA MEMBUMIKAN PERADILAN AGAMA .amin
Reply | Reply with quote | Quote
# Moh Thahir, PTA Padang 2013-02-19 08:51
Selamat Ultah yg ke 68 YM pak Tuada Uldilag. Keluarga besar Peradilan Agama Sumbar mendoakan semoga YM tetap sehat dan diberi kekuatan oleh Yg Maha Kuasa untuk selalu melahirkan gagasan yang cemerlang, motivasi yg tiada henti demu terwujudnya cita-cita besar Peradilan Agama yg maju, modern dan agung. Amiin
Reply | Reply with quote | Quote
# Ilham Mushaddaq KPA Ambon 2013-02-19 09:01
Selamat Ulang Tahun ke-68 Y.M Bapak TUADA ULDILAG MA.RI yang kami cintai, semoga selalu sehat dan bahagia, kami warga PA.Ambon insya Allah siap mendukung dan mewujudkan harapan Y.M menjadikan PA. Ambon yang maju dan membumi di Maluku.
Reply | Reply with quote | Quote
# Khairil Jamal MS.Mrd. 2013-02-19 09:08
Selamat Ultah ke 68 Yml Bapak Dr.H.Andi Syamsu Alam,SH,MH semoga sehat wal afiat dan selalu mencetuskan ide ide yang cemerlang dalam membina Peradilan Agama.
Reply | Reply with quote | Quote
# RIJAL MAHDI PA JAMBI 2013-02-19 09:14
Atas nama keluarga besar PA Jambi menyampaikan ucapan selamat ULTAH ke 68 YML. Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH, MH TUADA ULDILAG MA RI, semoga sehat dan dapat menyelesaikan tugas dengan husnul khatimah, Amiiiiin Ya Rabbal Alamiin
Reply | Reply with quote | Quote
# Rio Satria 2013-02-19 09:52
Selamat Ulang tahun Pak Tuada, semoga umurnya semakin berkah, baik untuk pribadi, keluarga, tentunya juga buat keluarga besar Peradilan Agama se Indonesia.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rudi PA Pyk 2013-02-19 09:58
Selamat ultah ke 68 pak, smg bapak panjang umur dan senantiasa dalam lindungan Allah Swt., dan kami optimis peradilan agama ke depan akan semakin jaya baik kualitas sdm maupun IT nya... Salut juga buat pak Waka Cilegon (Muslim) dan pak Alimuddin, Horas bah...
Reply | Reply with quote | Quote
# umi 2013-02-19 10:09
Selamat Ulang tahun ke 68 Bapak Dr.H.Andi Syamsyu Alam,SH.MH semoga bapak dan kel selalu mendapat lindungan ALLAH SWT dan penuh berkah Amin
Reply | Reply with quote | Quote
# T.Wahyudi PTA Banten 2013-02-19 10:25
Selamat ULTAH nya yg ke 63 Baapak Tuada Uldilag MARI (Dr.H.Andi Syamsu Alam, SH, MH) semoga panjang umur,sehat wal afiat dan selalu dapat menyelesaikan tugasnya dgn baik dan sukses. Amiin yra,.......
Reply | Reply with quote | Quote
# H. Ribat/MS/Lgs 2013-02-19 11:47
selamat kepada YM (Dr. H,Syamsu Alam, SH.MH)semoga kiprah bapak menjadi inspirasi bagi kami.
Reply | Reply with quote | Quote
# Halim M-PA Masohi 2013-02-19 11:51
Selamat panjang umur kepada Pak TUADA MARI semoga tambah sehat dan senerjik untuk perobahan dan lembaga kita semakin jaya dan Agung,dan selalu dalam perlindungan Allah SWT, Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Khafidatul Amanah PA Bima 2013-02-19 12:21
Selamat Ultah ke 68 Bapak Tuada Uldilag MARI semoga Allah SWT melimpahkan berkah kesehatan dan sukses selalu . Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# adam pta bjm 2013-02-19 13:15
selamat Milad pa Tuada, semoga sukses dalam mnjalankan tugas dan selalu dalam lindunganNya. Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Zulkifli ijoel padumai 2013-02-19 13:18
Selamat ulang tahun ya Pak yang ke 68 tahun, semoga umur berkah dan sehat selalu......Aam in.
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep SM PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-02-19 13:50
Selamat Ulang Tahun ke 68 Bapak Yang Mulia bapak Tuada Uldilag, semoga panjang umur, sehat, banyak rezeki dan ilmu dan nasihatnya bisa bermanfaat, bapak lah sebenarnya pembaharu PA, Bapak lah yang bisa mensejajarkan PA dengan PN dan instansi lain, sehingga kita tidak minder dan hari ini kita mendapat kebahagiaan dngan pasilitas gedung, gaji dan lainnya yang dulu tidak terbayang, dan Bapak Star mulai dari Kaltim.
Reply | Reply with quote | Quote
# Dalih Effendy, PA. Krw. 2013-02-19 13:55
" USUL KE PAK TUADA "
1. Badilag harus membangun sistem pembinaan dan pengkaderan pimpinan peradilan yang modern, agar kader ini siap untuk dicalonkan menjadi hakim agung (sekalipun) pada waktunya.
2. Badilag harus memeliki sebuah tim yang kuat untuk menempatkan kader-kader yang berkualitas pada jabatan-jabatan struktural di Mahkamah Agung dengan secara kontiniu memberikan pembinaan dan pengkaderan SDM para kader tersebut.
3. Badilag harus memeiliki tim untuk semakin kuatnya pengkaderan pemain tenis PTWP PA. dan Tim Informasi Tekhnologi (IT) agar secara nasional PA lebih unggul selamanya dari lingkungan peradilan lainnya.
4. Badilag juga perlu memiliki tim khusus yang punya kemampuan untuk koordinasi dan sosialisasi kepada lembaga eksekutif, legislatif dan lembaga kemasyarakatan dalam rangka kemajuan Peradilan Agama dan dalam rangka untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi.

Kita harus punya pigur pengganti pak Kamil, pak Andi, pak Wahyu, pak Manan dan seterusnya yang telah lama dipersiapkan. Saya yakin pak Tuada punya keinginan besar Peradilan Agama semakin dipercaya dan memberi warna keagungan dan kebesaran Mahkamah Agung yang kita cintai.

Semoga Pak Tuada selalu dilindungi dan diberi kesehatan dan kekuatan oleh Allah meski sudah pensiun nanti tetap produktif untuk memberi sumbangsih untuk semua kader beliau. Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# KPA Karanganyar 2013-02-19 14:12
Selamat Ultah yg ke 68 YM pak Tuada Uldilag. Keluarga besar Pengadilan Agama Karanganyar mendoakan semoga YM tetap sehat dan diberi kekuatan oleh Yg Maha Kuasa untuk selalu melahirkan gagasan yang cemerlang, motivasi yg tiada henti demi terwujudnya cita-cita besar Peradilan Agama yg maju, modern dan agung dan dan tetap menjadi pengayom seluruh warga Peradilan Agama...Amiin
Reply | Reply with quote | Quote
# Darul Fadli - PA Muara Sabak 2013-02-19 16:37
Selamat Ulang Tahun YM DR. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH. Semoga Bapak senantiasa sehat wal afiat.
Reply | Reply with quote | Quote
# Faizal Kamil.KPA Bengkalis 2013-02-20 06:10
Kepada YM. bapak DR.H. Andi Syamsu Alam SH, MH. selamat milad ke 68, semoga tambah barokah dan bermanfaat bagi warga Peradilan Agama khususnya, dan umat Islam umumnya. Kami keluarga besar PA. Bengkalis sekali lagi mwngucapkan selamat milad...dan tambah semangat ...
Reply | Reply with quote | Quote
# Faisal Larantuka 2013-02-20 06:47
Selamat Ulang Tahun Kepada YM Bapak Dr. H. A. Syamsu Alam, SH., MH., semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, dan semoga diberi kekuatan dalam melakukan perubahan demi terwujudnya peradilan Agama yg maju dan agung.Amiiin
Reply | Reply with quote | Quote
# MARZUQI/PTA.Bjm 2013-02-20 07:30
Selamat ulang Tahun ke 68 semoga kehidupan bertambah berkah dan dalam ridho YME amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Hanief 2013-02-20 07:43
Selamat Ultah yg ke 68 YM pak Tuada Uldilag. Keluarga besar Pengadilan Agama Jakarta Pusat mendoakan semoga YM tetap sehat dan diberi kekuatan oleh Allah SWT
Reply | Reply with quote | Quote
# Haeruddin PA Masamba 2013-02-20 08:30
sELAMAT ULANG TAHUN YNG KE 68 semoga tetap sehat wal afiat...dan dpt lebih semangat lagi ......
Reply | Reply with quote | Quote
# #Husaini/ MS Calang 2013-02-20 14:37
Selamat Milad dan Tasyakkur Kepada YM Bapak Dr. H. A. Syamsu Alam, SH., MH., semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberi kekuatan dalam melakukan perubahan demi terwujudnya peradilan Agama yg maju dan agung.Semoga perjuangan Bapak terus dilanjutkan oleh generasi kami kalangan muda sekarang ini. Amiiin
Reply | Reply with quote | Quote
# Sisva Yetti / PTA SBY 2013-02-20 15:02
Selamat ULTAH yang ke 68 Pak TUADA , semoga panjang umur , selalu sehat wal'afiat dan senantiasa meningkat amal ibadanya serta selalu bermanfa'at bagi orang banyak , Amin ya Rabbal'alamiin .
Reply | Reply with quote | Quote
# Nyong Amboina 2013-02-21 13:27
Meskipun terlambat, namun untuk memohonkan doa tidak ada batas waktu, maka beta mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 68 kepada YM Bapak Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH. sembari berdoa semoga Bapak tetap bersemangat dan diberi keberkahan umur panjang oleh Allah SWT. serta lekas ketemu jodoh pendamping yang setia. Amin... !!!
Reply | Reply with quote | Quote
# Amiruddin PA.Watampone 2013-02-22 08:10
Kami sekeluarga menyampaikan ucapan Selamat Ulang Tahun yang 68 dengan yang tidak muda, Bapak tetap mempunyai komitemen dan semangat muda dalam merancang kemajuan PA di Indonesia.Semog a Bapak panjang umur dan terus berinfrovisasi dalam cita-cita dan perjuangan amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# A Rahim Upuolat PA Masohi 2013-02-22 08:13
Ass...Wr Wb. Selamat HUT ke-68 Bpk Tuada Uldilag, semoga panjang umur dan banyak amalnya, perubahan memang harus terus dilakukan tentunya perubahan dari yang baik menjadi lebih baik khususnya SDM, kami terkendala didaerah untuk melanjutkan kejenjang pendidikan S1, S2, S3 dan tidak hanya hakim tapi panitera penganti perlu juga ditingkatkan SDM nya krn kedepan kewenangan PA akan bertambah sesuai kondisi masyarakat yang dinamis dan komplek.Wallahu alam trims.wasalam.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.AM.HSB PA SIDIKALANG 2013-02-22 11:37
Ass...Wr Wb. Selamat HUT ke-68 Bpk Tuada Uldilag, semoga nasehat-nasehat bapak dapat kita raih dengan baik dan harapan-harapan bapak dapat terlaksana, Amin dan semoga bapak panjang umur dan selalu dalam lindungan Alllah SWT Amin..wasalam.
Reply | Reply with quote | Quote
# HELMY THOHIR/PTA BANDUNG 2013-02-26 09:45
SAYA SANGAT SETUJU DENGAN PENDAPAT PAK TUADA TERHADAP PUTUSAN YANG BAGUS MENURUT BAPAK, MEMANG BEGITU SEHARUSNYA SEORANG HAKIM DALAM MEMBERI PERTIMBANGAN DAN PUTUSANNYA,KARE NA HAKIM HARUS TETAP BERKEMBANG WAWASANNYA DAN TERUS BERINOVASI PADA JALUR YANG BAIK.
Reply | Reply with quote | Quote
# KPA KLATEN 2013-05-15 13:09
Untuk mempertahankan eksistensi PA ke depan serta untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan apa yang telah kita capai maka apa yang dicita-citakan oleh YM Bapak TUADA melalui saran-sarannya adalah sesuatu keniscayaan yang harus kita ujudkan.
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage