logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 9648

Wakil Ketua MA Memimpin Wisuda Purnabakti Ketua PTA Yogyakarta

Yogyakarta | pta-yogyakarta.go.id

Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH menyelesaikan masa tugasnya sebagai Ketua PTA Yogyakarta. Upacara wisuda purnabakti Ketua PTA Yogyakarta digelar di aula PTA Yogyakarta Senin, (1/4/201313) dipimpin oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang non-Yudisial, Dr. H. Ahmad Kamil, SH., MH.

Purnabakti Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH yang berkarir sebagai hakim selama 36 tahun ini ditandai dengan pelepasan dan penyerahan kalung jabatan dan toga hakim kepada Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang non-Yudisial di hadapan para hakim tinggi PTA Yogyakarta, ketua-ketua pengadilan agama dan para hakim pengadilan agama di lingkungan PTA Yogyakarta.

Upacara juga dihadiri oleh Ketua dan Wakil Pengadilan Tinggi Yogyakarta serta beberapa Ketua PTA dan tamu-tamu undangan lain.

Prosesi berjalan khidmat dan mengharukan terlebih saat Wakil Ketua MA dalam pidatonya saat menerima kembali jabatan dari menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian beliau selama ini.

"Hari ini, kita semua, termasuk saya, belajar dari sosok Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH., bagaimana menempatkan jabatan sebagai amanah, sehingga dalam pelaksanaannya dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan pada saatnya jabatan itu selesai dapat menyerahkan kembali dengan tenang dan tanpa beban," ujar Wakil Ketua MA sembari menyampaikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH. selama ini.

Wakil Ketua MA juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Hj. Asnidar Ahmad Syarhuddin, SPd yang setia mendampingi sepanjang perjalanan karir sang suami hingga purnabakti. Kesuksesan sang suami dalam meniti dan mencapai puncak karirnya menurutnya tidaklah dapat dilepaskan dari peran dan dukungan istri selama ini.

Prosesi purnabakti Ketua PTA Yogyakarta diawali dengan pembacaan riwayat perjalanan Ketua PTA Yogyakarta oleh Panitera / Sekretaris PTA Yogyakarta, Supardjiyanto, SH.

Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH. yang dilahirkan di Banjarnegara, tanggal 23 Maret 1946 mengawali karir sebagai Hakim di PA Bengkulu di tahun 1977, menjadi Wakil Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur di tahun 1982, kemudian menjabat Ketua Pengadilan Agama PA Arga Makmur tahun 1984. Selanjutnya beliau mengawali karirnya sebagai Hakim Tinggi Agama di PTA Bandar Lampung semenjak tahun 1995.

Di tahun 1998, Ahmad Syarhuddin menjabat Wakil Ketua PTA Pekanbaru. Selanjutnya beliau menjabat Ketua PTA Palu tahun 2002, Ketua PTA Bandar Lampung tahun 2005, Ketua PTA Medan tahun 2008, dan terakhir sebagai Ketua PTA Yogyakarta semenjak tahun 2010.

Tak Pernah Sepi dari Prestasi

Di masanya, PTA Yogyakarta tak pernah sepi dari prestasi. Demikian salah satu kalimat yang tertulis dalam slide yang mengiringi pelepasan Ketua PTA Yogyakarta dalam acara ramah tamah seusai acara wisuda purnabakti.

Dalam perjalanannya sejak memimpin PTA Yogyakarta, tepatnya sejak beliau dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung pada tanggal 18 Maret 2010, Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH telah mengantarkan PTA Yogyakarta dalam meraih berbagai penghargaan dan apresiasi di tingkat nasional.

Diawali di tahun 2011, PTA Yogyakarta mendapatkan apresiasi dari LSM National Legal Reform Program (NLRP) yang dalam surveinya menempatkan PTA Yogyakarta sebagai pengadilan tingkat banding terbaik di lingkungan MA dalam manajemen keterbukaan informasi publik. Keberhasilan ini mengiringi keberhasilan tiga pengadilan agama di lingkungan PTA Yogyakarta yang juga menempati peringkat satu hingga ketiga pengadilan tingkat pertama terbaik.

Hasil survei ini selanjutnya dirujuk Ditjen Badilag dalam penganugerahan Religious Court Reform Awards tahun 2011 yang kemudian menganugerahkan empat dari lima posisi teratas penghargaan 'Best of The Best' dari empat lingkungan peradilan kepada empat satker di lingkungan PTA Yogyakarta.

Di tahun 2012 dalam penghargaan serupa, kembali Ditjen Badilag menganugerahkan penghargaan Juara Umum untuk PTA Yogyakarta dengan memborong lima kategori terbaik dalam pengelolaan SIMPEG Peradilan Agama. Dalam acara penyerahan award yang digelar dalam acara Peringatan 130 Tahun Peradilan Agama di Jakarta ini, 18 piagam penghargaan program-program unggulan reformasi peradilan agama diraih peradilan agama di lingkungan PTA Yogyakarta.

Dalam masa kepemimpinannya, peradilan agama di wilayah PTA Yogyakarta juga tak pernah berhenti berbenah diri dalam membangun sarana dan prasarana gedung pengadilan sesuai prototip dengan tujuan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Tercatat pembangunan gedung baru tiga dari lima pengadilan agama dalam yurisdiksi PTA Yogyakarta telah dilakukan. Rehabilitasi gedung kantor PTA Yogyakarta pun telah dilaksanakan.

Wakil Ketua MA pun dalam acara pembinaan di malam sebelum acara wisuda purnabakti (31/3/2013) mengakui dedikasi Drs. H. Ahmad Syarhuddin, SH., MH bahkan sempat memberi apresiasi kepada beliau khususnya dalam memimpin peradilan agama di wilayah PTA Yogyakarta.

"Ibarat berjuang hingga titik darah terakhir. Dalam malam terakhirnya sebagai Ketua PTA Yogyakarta pun Pak Ahmad Syarhuddin masih sempat mengadakan acara pembinaan  di lingkungan PTA Yogyakarta," puji Wakil Ketua MA, Drs. H. Ahmad Kamil, SH., MHum. (:: Arief J)

 

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook