logo web

on . Dilihat: 11375

Validasi Data Perkara, Mendesak untuk Diperbaiki

Jakarta | badilag.net

Badilag telah membuat parameter tertentu untuk mengetahui kualitas data perkara yang diunggah (upload) satker ke portal www.infoperkara.badilag.net. Parameter-parameter ini tersaji dalam sub menu validasi data perkara (SIADPA Plus).

Validasi data perkara merupakan sub menu dari Menu Pembinaan dan Pengawasan yang ada di portal www.infoperkara.badilag.net. Validasi digunakan untuk mengetahui kesalahan data yang dimasukkan (input) oleh pengguna (user) pada saat proses entry data melalui aplikasi SIADPA Plus.

Validasi utama dikelompokkan menjadi validasi data register, data sidang, dan data akta cerai. Validasi data register mencakup 12 kategori mulai data tanggal masuk hingga amar putusan. Validasi data sidang terdiri dari 3 kategori. Validasi ini akan menjaring data tanggal sidang hari sabtu/minggu,  hari libur nasional ataupun tanggal sidang yang mendahului tanggal penetapan hari sidang. Data akte cerai yang kosong akan terpantau dalam validasi data akta cerai. Validasi data aktacerai terdiri 7 kategori.

Tiap kategori dalam validasi di atas akan berwarna merah jika ditemukan kesalahan data.  Warna merah selalu disertai dengan angka yang menunjukkan jumlah perkara yang perlu diperbaiki. Untuk melihat detail kesalahan cukup dengan klik angka dalam kotak berwarna merah tersebut.

Sepanjang aplikasi SIADPA Plus masih dijalankan dan proses pengunggahan terus dilakukan, potensi ditemukan kesalahan tetap ada. Kadang ditemukan warna hijau di suatu hari, keesokan harinya ada warna merah lagi.

“Biasanya satker yang  melakukan validasi secara rutin, warna validasinya akan selalu hijau karena tidak ditemukan kesalahan. Kalaupun ditemukan warna merah, jumlahnya sedikit dan tidak lama karena segera diperbaiki,” ujar Ketua Timnas SIADPA/SIADPTA Plus Irwansyah.

Badilag telah melakukan monitoring data perkara online secara rutin. Dirbinadmin Ditjen Badilag Tukiran, S.H., M.M. pada hari Rabu (16/10) di ruang kerjanya memaparkan hasil pemantauan validasi data perkara.

“Sampai hari ini terdapat 187 satker yang validasi data regiternya sangat bagus dengan tingkat validasi data mencapai 100 % atau tidak ada kesalahan data sama sekali. Untuk validasi data sidang terdapat 240 satker dan validasi akta cerai ada 223 satker yang sangat bagus,” ungkap Dirbinadmin.

Bagi satker yang masih mempunyai kesalahan dalam validasi diharap untuk segera memperbaikinya, sehingga data menjadi valid. Data yang salah biasa berakibat fatal apabila di akses oleh pencari keadilan atau masyarakat umum. Perbaikan data harus tetap mengacu pada berkas atau register induk perkara.

Berikut hasil validasi selengkapnya:

VALIDASI DATA REGISTER
PENGADILAN AGAMA SELURUH INDONESIA
KEAADAAN TANGGAL 16 OKTOBER 2013


Validasi Data Sidang


Validasi Data Akta Cerai

VALIDASI DATA AKTA CERAI
PENGADILAN AGAMA SELURUH INDONESIA
KEAADAAN TANGGAL 16 OKTOBER 2013


[ahsan | Timnas SIADPA/SIADPTA Plus]

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice