logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 10957

Tuada Uldilag Membuka Seminar Internasional di Medan

Tuada Uldilag MA RI, DR. H.Andi Syamsu Alam, SH.MH Memukul Gong 8 Kali Membuka Resmi Seminar Kerjasama 8 Instansi dan Lembaga

Medan | www.pta-medan.go.id

Muzakarah/Seminar Internasional Hukum Keluarga dan Intensifikasi Wakaf yang diselenggarakan kerjasama Pemprovsu, MUI-SU, PTA SU, Kemanagsu, IAIN-SU, UMSU, BWI-SU, dan HISSI-SU dirangkaikan dengan Rakerda PTA-PA se Sumatera Utara berlangsung tanggal 19 Pebruari 2013 yang dibuka Wakil Ketua Mahkamah Agung Non Yustisial diwakili Ketua Muda Urusan Lingkungan Peradilan Agama MARI. Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH,MH di Gedung Gelora Hotel Madani Medan.

Muzakarah Hukum Keluarga menghadirkan pemakalah dalam negeri dan luar negeri yang terdiri dari Ketua MUI Sumut Prof.Dr.Abdullah Syah MA dengan judul “Problematika Hukum Keluarga di Indonesia”, Kolej Pengajian Islam Johor Malaysia Prof. Dr .M.S. Sujimon judul “Penyelenggaraan dan Peruntukan UU Berkaitan Anak Buangan dan Anak Taksah di Malaysia dan Berunai Darussalam Satu kajian Awal”  Ketua Mahkamah Syariah Pulau Pineng dengan judul “Penyelesaian Sengketa Keluarga di Mahkamah Syariah P.Pinang” dan Direktur Pascasarjana IAIN Ar-Raniri Aceh Prof. Dr. Rusdi Ali, SH dengan judul “Rencana Qanun Hukum Keluarga di Aceh”.

Sedangkan mengenai hukum wakaf pemakalah terdiri dari Prof.Dr  M.Yasir Nasution MA dari Badan Wakaf Indonesia Sumut membentang makalah mengenai “Strategi Memaksimalkan Pemanfaatan Harta Wakaf, Analisis Umum Kondisi Indonesia”.

Pemakalah berikutnya Tuan Haji Amir bin Danuri membentang “Penyelesaian Sengketa Wakaf di Malaysia”. Dr. H. Suhrawardi K Lubis, SH, Sp.N (Wakil Rektor IV UMSU) membentang “Intensifikasi Wakaf Melalui Gerakan Wakaf Uang”  dan Khairul Busra bin Mhd. Isa (Mudir Syariah Kitab Malaysia) judul makalah “Istibdal Wakaf di Malaysia”.

Ketua MUI Sumatera Utara, Prof.Dr.H.Abdullah Syah M.A, di dampingi Kakanwil Kemenag Sumut, Drs.H.Abdul Rahim,M.Hum, ketika menyerahkan cenderahati kepada Dr.H.Andi Syamsu Alam,SH.MH dan yang mewakili Gubernur Sumatera Utara

Ketua Muda Mahkamah Agung Urusan Lingkungan Peradilan Agama Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH.MH dalam sambutanya pada acara Muzakarah tersebut selaku Keynote Speaker mengatakan bahwa permasalahan hukum keluarga meningkat dari tahun ketahun hal ini disebabkan banyaknya kekerasan dalam rumah tangga(KDRT), kurangnya pembinaan terhadap masyarakat dan maraknya perkawinan siri dan kawin dibawah umur yang menyebabkan rawan perceraian serta meningkatnya kerisis moral  seperti perselingkuhan dan lain sebagainya.

Dikatakannya   untuk mengatasi hal ini telah dilakukan upaya-upaya dengan mengaktifkan pelaksanaan mediasi dan BP4 yang anggota mediatornya terlatih untuk mendamaikan pihak yang berperkara dan melakukan penyuluhan tentang hukum keluarga melalui lembaga dakwah dan majlis taklim.

Menyinggung masalah hukum wakaf,  Andi Syamsu Alam mengatakan wakaf sudah diatur dengan Undang-undang Nomor 41 Tahun 2004 yang merupakan hukum Islam perlu dilaksanakan dan sebagai kewenangan Pengadilan Agama, oleh karana itu benda wakaf benda bergerak dan tidak bergerak berupa tanah, gedung, uang, surat berharga, kendaraan, hak kekayaan intelektual, hak sewa dan lain-lain harus didaftarkan agar benda wakaf tersebut mempunyai kekuatan hukum dan tidak mudah disalahgunakan ataupun dialihkan menjadi milik pribadi.

Dikemukakan bahwa muzakarah atau diskusi seperti ini perlu dilanjutkan apalagi dilakukan antara bangsa. Di Indonesia diharapkan tanah-tanah wakaf perlu segera disertifikatkan dan kalau perlu sertifikatnya di simpan di safety box salah satu bank untuk menjamin keamanannya sehingga hukum keluarga/ hukum perkawinan dan hukum wakaf menjadi kuat untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

KPTA Medan, Drs. H. Soufyan M Saleh, S.H, ketika menyerahkan cenderahati kepada Ketua MUI Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Abdullah Syah, M.A, selaku Pemakalah dan Prof. Dr. MS. Sujimon, Pemakalah dari Kolej Pengajian Islam Johor Malaysia dan Prof. Dr. Rusydi Ali, S.H, Direktur Pascasarjana IAIN Arraniri Aceh

Sebelumnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan, Drs. H. Soufyan M Saleh, SH, menyempaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Yang Mulia Bapak TUADA ULDILAG MA RI, Pjs Gubernur Sumatera Utara.Ketua MUI Sumut,  Kanwil Kemenag Sumut, Rektor IAIN Sumut, Rektor UMSU, sedangkan dari luar negeri hadir Yang Amat Arif Ketua Hakim Syar’i Mahkamah Syar’iyah Pulau Pinang, Mahkamah Syar’iyah Johor serta Mahkamah Syar’iyah Kuala Lumpur. Serta ormas Islam lainnya.

Ucapan terima kasih dan penghargaan kepada panitia pelaksana Muzakarah Internasional yang dikoordinir oleh Dr. Suhrawardi K. Lubis, SH, MH sebagai Ketua panitia dan Prof. Dr. Hasan Bakti Nasution, M.A sebagai Sekretaris yang telah bekerja secara optimal mempersiapkan segala sesuatu untuk suksesnya acara  ini.

Seminar muzakarah hukum keluarga dan hukum wakaf yang juga diikuti Hakim Tinggi dan Pejabat PTA Medan, Ketua, Wakil Ketua dan Panitera/ Sekretaris  Pengadilan Agama se Sumatera Utara dilakukan dengan tanya jawab dan pemberian cendera hati kepada seluruh nara sumber dan utusan dari negara tetangga Malaysia dan ditutup oleh Bapak TUADA ULDILAG MA RI sedangkan sehari sebelum dan sesudah seminar acara Rakerda PTA-PA se Sumatera Utara berlanjut. (HBA)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook