logo web

on . Dilihat: 8566

Tiga Pesan Ketua Kamar Peradilan Agama

Makasar | www.badilag.net
Ketua Kamar Peradilan Agama (TUAMARGA) Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI), Dr. H. Andi Syamsu Alam, S.H., M.H. kembali menegaskan arti penting peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur peradilan agama. Pesan tersebut disampaikan TUAMARGA MARI saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Peradilan Agama Angkatan III  Tahun 2013 bertempat di Quality Plaza hotel di Kota Makassar (20/05).

Bimtek diselenggarakan Ditjen Badilag pada tanggal 20 – 24 Mei 2013. Peserta  berjumlah 36 orang yang terdiri dari 33 orang hakim tinggi pada PTA Surabaya, Makassar, Kendari, Palu, Gorontalo, Manado, Ambon, Maluku Utara dan Jayapura, ditambah tiga peserta dari Asisten/Panitera Pengganti MA RI.

“Minimal ada tiga hal yang harus dilakukan warga peradilan agama”, pesan Andi Syamsu Alam mengawali sambutannya. Pertama, membangun SDM yang berkualitas dan mendorong hakim dan pegawai untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3. Hal ini penting dilakukan untuk memperluas cakrawala berpikir agar ke depan lembaga peradilan agama menjadi lembaga pembaharu pemikiran hukum Islam.

Kedua, membangun perangkat pendukung atau teknologi informasi (TI), seperti aplikasi SIADPA dan SIADPTA Plus, SIMPEG, dan lain-lain. Pemanfaatan TI merupakan wujud modernisasi pelayanan di peradilan agama. “Kemajuan yang telah kita lakukan kini menjadi contoh atau panutan bagi instansi lain, bahkan Bank Dunia (The World Bank) mengagumi perkembangan dan pemanfaatan TI yang ada di lingkungan peradilan agama”, ujar TUAMARGA MA RI.

Ketiga, membentuk SDM yang “gaul”. Aparat peradilan agama, khususnya hakim harus pandai bergaul. “Di mimbar kita jaya tetapi di panggung juga jaya”, pungkasnya.

Bimtek Administrasi Peradilan Agama Angkatan III

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar, Drs. H. Alimin Patawari, S.H., M.H. dalam sambutannya menuturkan kisah masa lalu. “Untuk membuat satu putusan saja dibutuhkan waktu sehari penuh, termasuk mengetiknya dengan peralatan yang sangat sederhana. Kini dengan bantuan TI hanya dibutuhkankan waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikan satu putusan”, kisahnya.

Oleh karena itu, lanjut Alimin Patawari pemanfaatan dan penerapan SIADPA-SIADPTA Plus harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Akselarasi penyelesaian perkara merupakan salah satu program Pengadilan Agama.  

Sementara itu, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama (Dirbin Admin) Ditjen Badilag MA RI, Tukiran, S.H., M.M. sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut  dalam laporannya menyatakan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakan kegiatan Bintek antara lain untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi hakim terhadap pemahaman adminitrasi kepaniteraan peradilan.

Hakim tinggi diharapkan memiliki persepsi yang sama dalam melakukan pembinaan dan pengawasan yang didasari dengan pola pikir dan pola tindak yang sama sehingga diharapkan pula pelaksanaan kegiatan administrasi peradilan dapat berlaku seragam di seluruh daerah.

Hakim tinggi diharapkan mampu memahami ketentuan pola bindalmin baik secara manual mapun secara aplikasi SIADPA Plus sehingga diharapkan tugas dan fungsi pengawasan seorang hatibinwasda dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Semua ihtiar tersebut bermuara pada keinginan untuk mewujudkan asas pelayanan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.      

Dalam kegiatan bintek ini panitia melibatkan beberapa narasumber dari kalangan MA RI yaitu Dr. H. Habiburrahman, S.H., M.Hum (Hakim Agung), Dr. H. Edy Riady, S.H., M.H. (Panitera Muda Perdata Agama), Dr. H. Mukti Arto, S.H., M.H. (Wakil Ketua PTA Ambon), Drs. H. Abd. Manaf, S.H., M.H. (Badan Pengawasan MA RI) dan Tim Nasional Implementasi SIADPA Plus Ditjen Badilag MA RI.

(Ahmad Nur & Timnas SIADPA Plus)

.
Comments  
# Syafii Thoyib, PA Bantul -DIY 2013-05-22 10:25
Selamat kepada Para Peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Peradilan Agama Angkatan III Tahun 2013 bertempat di sebuah hotel di Kota Makassar. Semoga ilmunya dapat ditularkan kepada jajaran Pengadilan Tingkat Pertama khususnya saat melakukan pengawasan dan pembinaan.
Reply | Reply with quote | Quote
# Muhammad Thamrin 2013-05-22 11:35
Semoga Dengan Bintek ini diharapkan akan melahirkan hakim tinggi yg lebih mumpuni, paling tidak peduli tentang pentingnya TI, khususnya implementasi Siadpa Plus di daerah sebagai program unggulan Badilag MARI.
Reply | Reply with quote | Quote
# Tarsi PA.Pelaihari 2013-05-22 11:38
Selamat buat KPTA Makasar sebagai tuan rumah Bimtek Administrasi Peradilan, semoga rumusan hasilnya dapat ditayangkan diwebsite PTA Makasar, atau diwebsite Badilagnet.
Reply | Reply with quote | Quote
# AHP - MS Aceh 2013-05-22 11:46
Tiga pesan yang sangat bermanfaat yang disampaikan Ketua Kamar Peradilan Agama Yml Dr. H. Andi Syamsu Alam, SH. MH patut dicermati dan dilaksanakan oleh seluruh Hakim Tinggi dalam rangka melaksanakan tugasnya sebagai kawal depan Mahkamah Agung untuk memberikan pembinaan dan pengawasan kepada pengadilan yang berada di bawahnya. Selamat buat teman-teman yang ikut Bimtek semoga mendapatkan hasil yang maksimal.
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-05-22 12:51
KIta patut menyambut baik apa yang diutarakan oleh TUAMARGA itu, dengan meningkatkan SDM, tapi bukan semata - mata pendidikan S2 dan S3, jangka seperti sekarang pendidikan itu tidak linier, sebagian besar bewrsifat zarzak alias longkat pagar,hal ini sebenarnya bukan menambah dalam pengetahuan di bidang tugas pokok, lebih banyak memperbanyak gelar, apalah arti gelar kalau tidak dapat mindset ybs. kita bisa contoh apa yang ada di Singapura, disana yang diminta keahlian, bukan gelar, sejalan juga apa yang pernah dilontarkan oleh Bapak Ilham Akbar Habibie " saya butuh otaknya bukan gelarnya.mudah- mudahan ke depan pendidikan itu harus linier.
Reply | Reply with quote | Quote
# Dalih Effendy, PA. Krw. 2013-05-22 12:54
"USUL KE PRESIDEN KAMAR PERADILAN AGAMA"
untuk internal kita warga Peradilan Agama saya cocok dengan istilah Presiden kamar, bukan ketua kamar (kesannya seperti anak pondok) demi kewibawaan yang harus kita banggakan. Selain tiga hal yang diisyaratkan pak Presiden tersebut di atas, yaitu S3, pinter IT, pinter doa, ceramah, nyanyi dan tenis, yaitu satu lagi jaga dan tingkatkan integritas, moral tidak tercela. semua ini bisa mengangkat harkat dan martabat kita warga PA semakin dikagumi ditengah-tengah hilangnya keperc ayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum. Wallahu alamu bissawab.
Reply | Reply with quote | Quote
# abdullah berahim, pta palu 2013-05-22 12:56
semoga ilmu yg diperoleh dari BIMTEK tersebut bermanfaat 3 dimensi. pertama, menambah wawasan bagi peserta, kedua, bermanfaat buat institusi utk selangkah lbh maju dan ketiga bermanfaat buat aparat peradilan agama lainnya. dg demikian apa yg diharapkan tuamarga tsb dapat kita trapkan dilapangan
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-05-22 13:10
memang pesan ketua kamar peradilan Agama(TUAMARGA) harus kita dukung dan kita laksanakan supaya peradilan agama lebih maju dari pada peradilan lain
Reply | Reply with quote | Quote
# Masrinedi-PA Painan 2013-05-22 13:10
Semoga Tiga Pesan Ketua Kamar Peradilan Agama tersebut dapat diimplementasik an oleh warga badilag untuk kemajuan PA ke depannya. Aamiin !
Reply | Reply with quote | Quote
# RS.MS.Aceh 2013-05-22 14:28
Dengan telah diadakannya Bimtek dan peningkatan jenajang pendidikan bagi aparat peradiulan agama, Insyaallah kedepan Peradilan agama akan lebih maju lagi dengan mengusai berbagai bidang ilmu pengetahuan, sukses untuk semua.
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-05-22 15:49
maunya sih kuliah S3 kalau penempatannya jauh dari lokasi kuliah gimana dong kita mau lanjut study
Reply | Reply with quote | Quote
# Rosdiana PA. Mamuju 2013-05-22 20:01
Tiga pesan penting dari YM Tuamarga Dr. H. A. Syamsu Alam, SH MH, merupakan kunci sukses kinerja lembaga Peradilan Agama dan satu hal lagi yang hendaknya harus dimiliki oleh aparat peradilan adalah imtaq karena hanya dengan imtaqlah yang akan mampu melahirkan nilai kejujuran dalam melaksankan tugas ilmu teknologi yang tidak dibarengi dengan imtaq akan dapat memanipulasi data sehingga apa yang disitilahkan hijau semangka pada pelaporan kinerja bisa terjadi.
Reply | Reply with quote | Quote
# A.R.Kamea PTA Kdi 2013-05-22 21:33
Apa yg disampaikan oleh bpk Tuamarga tak terlepas dari upaya beliau dlm memotivasi peradilan utk memberi pelayanan terbaik & prima kepada masyarakat pencari keadilan, semoga kita bisa mewujudkan.
Reply | Reply with quote | Quote
# A.R.Kamea PTA Kdi 2013-05-22 21:33
Apa yg disampaikan oleh bpk Tuamarga tak terlepas dari upaya beliau dlm memotivasi peradilan utk memberi pelayanan terbaik & prima kepada masyarakat pencari keadilan, semoga kita bisa mewujudkan.
Reply | Reply with quote | Quote
# m abduh ar/pa majalengka 2013-05-22 23:22
setuju, sehingga untuk hal yg pertama (SDM berkualitas), maka perlu ada beasiswa untuk jenjang S2 dan S3 dalam negeri, dananya ada, hanya program ke arah itu selama ini belum signifikan. semoga ke depannya ada rogram bea siswa untuk S2 dan S3 dalam negeri dapat diperhatikan
Reply | Reply with quote | Quote
# H.Barmula PTA Ambon 2013-05-23 03:41
Selamat untuk Tuan Rumah PTA. Makassar dalam pelaksanaan Bimtek Moga slalu Sakses.Dan Pesan TUAMARGA sangat sy apresiasi tentang jenjang Pendidikan.
Reply | Reply with quote | Quote
# Pa. Yadi. PTA, Ambon 2013-05-23 05:37
Bimtek 2013 yg diselenggarakan Ditjen Badilaq MA di Makasar disambut baik. Harapan kt semua semoga materi yg diperoleh selama Bimtek oleh peserta dpt di aplikasikan dilapangan tentunya dgn persamaan persepsi dlm implementasinya .Krn kami melihat nara sumber yg menyampaikan materi adalah profesional dibidangnya masing2.Krn itu peserta yg menggarap ilmu dari mereka juga hrs profesional terkait dgn pengembangan SDM, IT dan lain2.
Reply | Reply with quote | Quote
# tamim pa banjarmasin 2013-05-23 06:46
3 pesan 3 beban 3 harapan, semoga menjadi kenyataan, Allah menyertai orang yang beriman.
Reply | Reply with quote | Quote
# Alimuddin M. PA.Denpasar 2013-05-23 07:32
Hakim yang 'gaul' pintar bergaul. Hakim yang suka mencari hiburan ke tempat-tempat yang bercitra negatif, seperti cape dan sejenisnya, termasuk hakim yang tidak pintar bergaul.
Reply | Reply with quote | Quote
# marwan bima 2013-05-23 07:49
mg terwujud..amin
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-05-23 08:10
semoga pesan ketua kamar Peradilan Agama bisa dilaksanakan oleh pegawai MA yang bernaung dikamar agama dan jajarannya sampai tingkat paling bawah
Reply | Reply with quote | Quote
# MAME SADAFAL PA KAB. KEDIRI 2013-05-23 09:36
3 pesan YM.TUAMARGA MARI harus diapresiasi setiap warga PA menghadapi tuntutan masyarakat dan perubahan serta kemajuan TI saat ini sebab jika tidak maka kelak warga PA akan menjadi kebingungan dalam menjalankan tugas pelayanan masyarakat yang menuntut serba prima
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@pta pdg 2013-05-23 14:31
INSYAALLAH dgn adanya bintek secara merata semoga dapat meningkatkan wawasan dan kompetnsi HT terhadap pemahaman adm kepaniteraan peradilan sehingga PA nantinya terus mendunia dan mendunia terus Amin :-)
Reply | Reply with quote | Quote
# Pa. Yadi. PTA, Ambon 2013-05-24 05:22
Tiga hal penting yg ditekankan oleh TUAMARGA MA pd acara BIMTEK sangat penting artinya bagi hakim dlm pengembangan SDM,IT dan lain-lain secara profesional. Yang menjadi harapan kedepan adalah sejauh mana implementasinya dilapangan, sehingga tdk lagi kt jumpai perbedaan persepsi dlm implementasinya .
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-05-24 06:40
Semoga bimtek administrasi peradilan III ini dapat memberikan sumbangsih bagi peningkatan kinerja tenaga fungsional di PA khususnya kualitas putusan PA!
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-05-24 08:45
3 pesan ketua kamar peradilan agama harus dimiliki dan diamalkan oleh setiap warga peradilan Agama supaya peradilan agama bisa lebih maju
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-05-24 08:48
pesan ketua kamar peradilan Agama harus dimiliki oleh pegawai peradilan khususnya peradilan Agama supaya pegawai peradilan agama lebih profesional
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-05-24 08:50
semoga pesan ketua kamar peradilan bisa kita laksanakan dan yang terpenting jangan sampai kita salah kamar
Reply | Reply with quote | Quote
# Dudung Abdullah..HT.PTA.Gorontalo 2013-05-25 08:18
--Saya sebagai peserta Bimtek Angk.III di Makasar ini ( 20 sd 24 Mei 2013) punya catatan2 kecil hasil menyimak apa yang disampaikan Yang Mulia Bapak DR.H.Syamsu Alam,SH,MH ,antara lain :
-Aparat PA harus pandai bergaul, di mimbar kita jaya di panggung juga kita jaya
-Di mimbar berdawah syariah,di panggung juga dawah syari'ah, golf syariah,Seni Syari'ah,OR Syariah dll syari'ah.
-Pedomani yang ada di buku II dan jadikan acuan, jika ada hal2 yang perlu revisi,usulkan, jika ada hal2 yang sulit,jangan gurundel tapi usulkan juga.
-Jika ada tawaran sidang terpadu supaya tidak ditolak.
-Adakan lomba Bindalmin di setiap PA,hakim yag terbaik Bindalminnya, usulkan jadi Waka PA
-Pengetikan jangan salah2,karena sampai ke MA jadi salah
-Adakan Bedah Berkas secara Crosschek antar PA,karena kita selamanya tidak bisa melihat mata sendiri.
-Dengan meningkatkan terus pelaksanaan penyelesaian perkara berarti telah membantu MA, nanti kedepannya diusahakan perkara harus selesai 3 bulan.
-Kirimkan info2,artikel2 untuk Majalah Digital,guna memotifasi kawan2 kita.
- Tiap PA adakan Perpustakaan Digital, dengan harapan buku2 perpustakaan bisa dibaca dari luar.
-Nanti kedepan usahakan adakan arsip digital
-Di tiap Web.PA adakan galeri2
-Setiap PA supaya ada masjid
-Di tiap PA punya satu majlis yang tetap untuk menangani perk.ek.syariah ,jika ada pelatihan2 dari BI dipanggil yang sudah faham.
-Diusahakan rekening PA di Bank Syari'ah
-Mutasi Nasional jangan dianggap musibah.
---Itulah sedikit catatan,mudah2 an ada manfa'at,namun jika keliru mencatat mohon koreksi dan maaf.
Reply | Reply with quote | Quote
# m abduh ar/pa majalengka 2013-05-25 10:41
message for us all to continue to improve the quality of the judiciary
Reply | Reply with quote | Quote
# pitirramli/wapan PA.Jambi 2013-05-27 18:17
Ada tiga pesan penting dari Yang Mulia Ketua Kamar Agama, mudah2an selalu menjadi pegangan dan harapan kita semua. Aminnnnn
Reply | Reply with quote | Quote
# alhaqir al faqir PA Nunukan 2013-05-28 07:44
sy mepunyai little note setelah membaca 3 pasan Ketua kamar PA ttg membangun SDM yang berkualitas dan mendorong hakim dan pegawai untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3.. dengan dasar itu juga saya memberikan masukan ke bagian mutasi hakim, agar perlu dipertimbangkan (1) kemudahan hakim yang ingin melanjutkan kuliahnya, jangan ada syarat harus dekat dgn kantor yg bs diberi izin kuliah (2)jk seorg hakim lulus S2, mhn dibantu dimutasi dkt dgn kampusnya sehingga mudah untuk menyelesaikan kuliahnya skligus bs menjadi motivasi tersendiri bagi hakim tersebut (3)jangan dimutasi ke PA lain jk yg bersangkutan blm selsai kuliahnya..smg bs dipertimbangkan agar kehendak Ketua Kamar PA bisa sesuai dengan fakta dilapangan..ami n..
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage