logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 247

Melihat Pos Bantuan Hukum di Family Court dan Federal Circuit Court Parramatta Registry
New Picture

Dirjen Badilag menyerahkan cindera mata kepada Justice Hannam dan Justice Foster didampingi KPTA Jakarta, Sesditjen Badilag dan KPA Jakarta Timur

Australia | badilag.mahkamahagung.go.id

Pada hari ke 2 kunjungan, delegasi Badilag mengunjungi Family Court oF Australia (FCoA), Federal Circuit Court of Australia (FCCoA) Parramatta Registry dan National Enquiry Centre (NEC). Tema tour dan fokus diskusi pada hari kedua ini adalah tentang akses ke pengadilan, kekerasan dalam rumah tangga dan layanan bagi penyandang disabilitas.

Model Pos Bantuan Hukum

Parramatta Registry berjarak sekitar 26 Km arah barat kota Sydney, tepatnya terletak di Garfield Barwick Commonwealth Law Courts Building, 1-3 George Street, Parramatta. Sesampainya di pengadilan tepatnya pada pukul 9.30, setelah melakukan perjalanan dari Sydney sekitar 1 jam, delegasi disambut Direktur Layanan Pengadilan Parramatta Registry dan langsung diajak tour mengelilingi pengadilan. Seperti lazimnya semua pengadilan di Australia, sistem pengamanan sangatlah ketat, semua orang harus melewati pintu detektor yang dijaga beberapa orang tim keamanan dengan postur tinggi besar dan seragam yang khas. Pengunjung pengadilan tidak diperkanankan membawa barang-barang tertentu seperti senjata, makanan, minuman ataupun yang lainnya. Jika ada barang yang tidak diperbolehkan masuk, maka barang tersebut ditahan, dan diperbolehkan diambil lagi jika meninggalkan pengadilan.

Daftar layanan dan fasilitas bisa terbaca dengan jelas dan rinci di pengadilan ini, sehingga masyarakat tidak perlu banyak bertanya kepada petugas, meskipun demikian petunjuk-petunjuk tersebut tidak membuat pengadilan terlihat penuh dengan iklan, semuanya tertata dengan rapi. Beberapa petunjuk yang sempat terpantau adalah ruang pemeriksaan berkas berada di konter 8, Lantai 1 buka mulai pukul 10:00 hingga 16:00, ruang pemeriksaan panggilan ada di lantai 1 mulai pukul 10:00 hingga 16:00 (ditutup antara 12 siang hingga 13:00), mesin fotokopi tersedia di lantai dasar - 20c per salinan, Layanan mediasi tersedia dari jam 10.00 hingga 16.00, dan sebelum mengikuti mediasi semua dokumen harus ditandatangani, disaksikan dan difotokopi, kamar mandi terletak di lantai 1,2 dan 3, kamar mandi bagi penyandang disabilitas tersedia di lantai 1 dan 2, ruang orang tua dengan fasilitas ganti untuk bayi terletak di lantai 1, akses kursi roda tersedia melalui pintu masuk utama di George Street, akses lift tersedia untuk semua lantai public, alat pendengaran tersedia dengan menghubungi petugas, layanan sukarela menyediakan teh, kopi dan biskuit di lantai 2, Pengasuhan anak hanya tersedia untuk mediasi yang diperintahkan pengadilan pada level 1, konfirmasi pengasuhan anak harus dilakukan melalui email atau memposting ke registry.

Satu hal yang menonjol di pengadilan ini adalah pos bantuan hukum, karena Parramatta merupakan daerah multikulutral, masyarakat yang datang ke pengadilan juga cukup beragam dan mempunyai kompleksitas hukum yang lebih komplek. Pos bantuan hukum di pengadilan ini betul-betul sangat spesifik dan serius dalam menangani klien. Tersedia layanan khusus bagi korban kekerasan dalam rumah tangga, konsultasi anak, layanan untuk isteri, layanan untuk suami dan bahkan ada pos bantuan khusus untuk penduduk asli suku aborigin, Aboriginal legal service.

Pengadilan bahkan memiliki layanan online Urgent After Hours, layanan ini diperuntukkan untuk yuridiksi hukum keluarga dalam keadaan dimana ada resiko konkrit bahwa anak akan dibawa keluar dari Asutralia sebelum hari kerja keesokan harinya, atau terkait pemindahan aset harta bersama yang akan dibawa atau dipindahtangankan pada saat diluar jam kerja pengadilan. Jika ada pengaduan seperti ini, petugas akan menyampaikan kepada hakim, dan hakim dapat memerintahkan pihak berwenang baik kepolisian maupun imigrasi untuk menahannya, bahkan dengan hanya melalui telpon.

New Picture 1

Para penasihat hukum indpenden yang bertugas di pos bantuan hukum akan membantu pencari keadilan memahami hak dan tanggung jawab hukum secara umum dalam proses di pengadilan. Mereka juga akan menjelaskan bagaimana hukum berlaku untuk kasus yang sedang dijalani dan dapat juga membantu para pihak untuk mencapai kesepakatan tanpa pergi ke pengadilan. Pos bantuan hukum ini didanai oleh pemerintah dan dikelola para penasihat hukum Indepnden, Pengadilan tidak dapat memberikan nasihat hukum karena melakukan hal tersebut dapat secara serius mempengaruhi keberpihakan jika kasus itu masuk ke persidangan.

Family Law Act 1975, atau hukum keluarga Australia menetapkan prinsip no-fault divorce dalam kasus perceraian, artinya pengadilan tidak mempertimbangkan pasangan mana yang bersalah dalam suatu rumah tangga yang bermasalah, Satu-satunya alasan perceraian adalah gangguan hubungan yang tidak dapat diperbaiki, yang ditunjukkan dengan perpisahan selama 12 bulan, meskipun demikian, hal itu akan berbeda ketika perceraian juga mengandung sengketa hak asuh anak atau pembagian harta bersama.

National Enquiry Centre

Keseriusan pemerintah Australia terlihat dalam memenuhi segala aspek kebutuhan hukum masyarakat pencari keadilan, National Enquiry Centre (NEC) adalah titik masuk untuk semua pertanyaan terkait hukum keluarga di FCoA, NEC dapat membantu pengguna pengadilan baik bagi mereka yang belum mendaftarkan perkaranya maupun yang sudah untuk memahami prosedur hukum keluarga dan memberi arahan untuk mengisi formulir yang tepat, dan klien akan dibimbing langkah demi langkah jika memang harus mendaftarkan perkaranya ke pengadilan.

New Picture 2

Sally, Leisha dan Leila, National Enquiry Centre (NEC)

NEC juga akan mendampingi para pencari keadilan di the Commonwealth Courts Portal sehingga bisa mengakses dokumen hukum keluarga secara elektronik. Pengadilan tidak lagi mencetak dokumen panggilan atau pemerintahan kepada para pihak, kecuali pemberitahuan banding atau perintah langsung hakim, semua perintah pengadilan sudah disampaikan secara elektronik. Informasi lain yang bisa didapatkan di NEC adalah komplain dan feedback, pendaftaran, permohonan informasi pengadilan, kontak detail aparat peradilan dan website feedback. Perpisahan dan perceraian merupakan saat-saat yang berat bagi seseorang Family Relationships Advice Line yang ada di NEC dapat menolong mereka dengan gratis.

New Picture 3

Ruang Sidang Parramatta Registry

New Picture 4

Jamuan makan siang Justice Hannam dan Justice Foster

Tour kemudian dilanjutkan dengan mengobservasi ruang persidangan. Ruang persidangan sangat tertata dengan baik dan dilengkapi dengan sistem keamanan dan perangkat tekhnologi mutakhir, kursi hakim berdiri di depan ruang persidangan dengan tingkat lantai yang lebih tinggi dibandingkan kursi-kursi para pihak yang berhadapan dengan hakim, pada sebelah kanan terdapat meja dan kursi saksi yang terhubung langsung dengan ruangan khusus. Setelah mengamati ruang sidang, delegasi kemudian dijamu makan siang dan ditemani oleh hakim-hakim Family Court dan Federal Court Parramatta Registry, Justice Hannam dan Justice Foster. (ahb)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage