logo web

Dipublikasikan oleh Hermansyah pada on . Dilihat: 6225

Kunjungi Badilag, Ketua Mahkamah Agung Belanda Terkesan

Jakarta l Badilag.net

Selembar spanduk membentang di Lantai 6 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung RI. Itu bukan spanduk biasa. Di sana ada kalimat: “Welcome, President of Hoge Raad of the Netherland.”

Ya, Senin sore (18/3/2013), Ditjen Badilag memang mendapat kehormatan untuk menerima kunjungan tamu istimewa. Tak tanggung-tanggung, tamu istimewa itu adalah Presiden Hoge Raad atau Ketua Mahkamah Agung Kerajaan Belanda beserta rombongannya.

Kunjungan ini dilakukan setelah pada pagi harinya Mahkamah Agung Kerajaan Belanda dan Mahkamah Agung Republik Indonesia meneken nota kesepahaman (Memory of Understanding/MoU) mengenai kerjasama di bidang yudisial. Penandatanganan MoU itu dilakukan di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Tiba di Gedung Sekretariat MA, Jalan Ahmad Yani, kavling 58, Jakarta, sekitar pukul 16, rombongan Hoge Raad ini langsung menuju ke ruang rapat besar Ditjen Badilag di lantai 6 Gedung Sekretariat MA. Rombongan itu terdiri atas Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda Dr. G.J.M. Corstens, Wakil Presiden Hoge Raad Mr. J.A.C.A. Overgaauw, Hakim Agung Hoge Raad Mr. M.A. Loth, Panitera Hoge Raad Mr. J. Storm, Direktur Administrasi Perkara Hoge Raad Drs. A.R. Rotscheid, serta pakar hukum Dr. Sebastian Pompe.

Hakim agung Prof. Takdir Rachmadi mengantar rombongan ini ke Badilag. Selaku tuan rumah, Dirjen Badilag Purwosusilo didampingi oleh Dirjen Badilum Cicut Sutiarso, Dirjen Badilmiltun Sulistyo, Kepala Badan Pengawasan sekaligus hakim agung Syarifuddin dan Kepala Balitbangdiklatkumdil Siti Nurjanah. Sejumlah pejabat eselon II dan III dari unit kerja yang berkantor di Gedung Sekretariat MA ikut menyambut.

“Selamat datang di Gedung Sekretariat MA. Terima kasih atas kedatangannya. Kami seluruh penghuni Gedung Sekretariat MA betul-betul tersanjung dan bangga atas kunjungan Yang Mulia dari Belanda,” kata Dirjen Badilag, ketika kedua belah pihak bertemu di ruang rapat besar Ditjen Badilag di lantai 6.

Pada kesempatan ini Dirjen Badilag menjelaskan sepintas fasilitas-fasilitas yang ada di Gedung Sekretariat MA, mulai dari lantai 1 hingga lantai 12, termasuk fasilitas di lantai 6-8 yang dihuni Badilag.

“Kami mempunyai Galeri, Laboratorium SIADPA dan Laboratorium SIMPEG. Kiranya Yang Mulia berkenan mengunjungi dan kami mohon saran dan masukan dari Yang Mulia dan seluruh rombongan dari Belanda,” kata Dirjen Badilag.

Di sisi lain, Presiden Hoge Raad juga menyatakan kegembiraannya dapat berkunjung ke Gedung Sekretariat MA dan mendapat sambutan yang hangat.

“Kami ingin lihat masjid dan museum. Selalu lebih menarik untuk melihat hal-hal yang kita tidak punya, untuk menambah wawasan,” ujar Presiden Hoge Raad, dalam bahasa Belanda, setelah memperkenalkan anggota delegasinya.

Sekitar pukul 16.30, Presiden Hoge Raad dan rombongannya lantas diajak ke Galeri 130 Tahun Peradilan Agama yang terdapat di lantai 6. Di tempat ini Dirjen Badilag, yang didampingi Achmad Cholil dan Rahmat Arijaya selaku penerjemah, menjelaskan perjalanan peradilan agama dari masa ke masa.

Dirjen Badilag juga menunjukkan salinan beberapa staatsblad yang diterbitkan oleh pemerintah Belanda di masa lalu sebagai payung hukum eksistensi peradilan agama. Dokumen-dokumen lain yang diperlihatkan adalah putusan-putusan lama yang masih ditulis tangan, baik yang menggunakan huruf Latin, huruf Arab, maupun huruf Jawa.

Beberapa properti yang juga diperlihatkan kepada Presiden Hoge Raad adalah toga dan palu hakim, cinderamata dari lembaga peradilan negara lain, buku-buku yang diterbitkan Badilag, foto-foto para hakim agung dari lingkungan peradilan agama, dan lain-lain.

“I am very impressed by this unique museum and wish you much success with its development,” tulis Presiden Hoge Raad, di lembar “Kesan Pesan” yang terdapat di Galeri.

Dari lantai 6, Presiden Hoge Raad dan rombongan diajak ke lantai 7 menuju Laboratorium SIADPA. Di tempat ini Dirjen Badilag memaparkan sejarah singkat SIADPA, kegunaannya, keunggulannya serta pengembangannya. Dirjen Badilag juga menjelaskan fungsi Laboratorium SIADPA.

“Dari tempat ini kami dapat membina, mengontrol, berkomunikasi, bahkan memberikan konsulitasi secara online,” tuturnya.

Laboratorium SIADPA, imbuh Dirjen Badilag, dapat digunakan untuk melihat jumlah perkara masuk dan perkara diputus setiap saat pada seluruh pengadilan di lingkungan peradilan agama. Laboratorium ini juga bisa digunakan untuk memonitor pengadilan-pengadilan yang belum dan sudah memberikan laporan perkara.

Dari Laboratorium SIADPA di lantai 7, rombongan ini beranjak ke lantai 8. Tujuannya adalah Laboratorium SIMPEG. Di tempat ini Dirjen Badilag memberi penjelasan mengenai sejarah singkat SIMPEG, kegunaannya, aplikasi-aplikasi turunannya, serta keunggulan-keunggulannya.

“Para pegawai di daerah telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan, maka tugas kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pegawai di daerah,” ungkap Dirjen Badilag.

Diakui Dirjen Badilag, aplikasi SIMPEG masih butuh penyempurnaan-penyempurnaan. Meski demikian, sejauh ini sudah banyak kemajuan yang diraih. Dibanding dengan pengelolaan pegawai secara manual, pengelolaan pegawai secara elektronik dengan menggunakan SIMPEG, tandas Dirjen Badilag, sangat mudah, akurat dan ekonomis.

Penggunaan teknologi ini sekaligus menunjukkan bahwa peradilan agama telah berkembang cukup pesat sejak berdiri ratusan tahun lalu. “Karena itu kami punya semboyan: dari serambi masjid ke serambi dunia,” ujar Dirjen Badilag.

Mendengar itu, beberapa delegasi dari Hoge Raad Kerajaan Belanda bergumam, “Luar biasa…”

Dari Laboratorium SIMPEG, Presiden Hoge Raad dan rombongannya bergerak ke lantai 2. Yang dituju adalah masjid. Di tempat ini, sekitar tiga menit, Presiden Hoge Raad memperhatikan desain interior, kaligrafi, sajadah, serta beberapa benda lainnya.

Sebelum meninggalkan Gedung Sekretariat MA, Presiden Hoge Raad beserta rombongan diajak foto bersama. Menjelang pukul 17.30, tamu agung dari Negeri Kincir Angin itu berpamitan. Mereka pergi dengan lambaian tangan dan senyum merekah.

(hermansyah l ridwan anwar)

Comments  
# Masrinedi-PA Painan 2013-03-19 09:16
Semoga kunjungan Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda Dr. G.J.M. Corstens ke Badilag dapat mengenalkan lebih dekat sejarah PA melalui Galeri 130 Tahun Peradilan Agama yang terdapat di lantai 6 kepada orang Belanda.
Aamiin !
Reply | Reply with quote | Quote
# tilla@PA_Bangli 2013-03-19 09:21
Alhamdulillah, Badilag mendapat kunjungan kehormatan dari President of Hoge Raad of the Netherland. Badilag trus maju dgn ruh semboyan dari serambi masjid ke serambi dunia..
Reply | Reply with quote | Quote
# umi-PAJB 2013-03-19 09:51
Ketua MA Belanda terkesan dengan keramahtamahan para Dirjen dan jajarannya terutama pak Dirjen Badilag dan terkesan dengan pencapaian aplikasi IT yang dilakukan Dirjen dan jajarannya
Reply | Reply with quote | Quote
# Zulkifli S/KMS Lsk. 2013-03-19 10:14
Sungguh menyentuh kami di daerah, ungkapan pak Dirjen yang menyatakan, "Para pegawai di daerah telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan, maka tugas kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pegawai di daerah". Karena itu kami yakin, tidak akan ada lagi yang terhalang kenaikan pangkatnya karena belum mutasi dari PA/MS yang kelasnya kebetulan membatasi/mengh alangi kenaikan pangkat yang bersangkutan. Semoga.
Reply | Reply with quote | Quote
# aha.pasmi 2013-03-19 10:21
terus maju badilag...PA berada sejak zaman Belanda....kini lebih maju.....
Reply | Reply with quote | Quote
# Khairil Jamal MS.Mrd. 2013-03-19 10:36
Dengan kunjungan Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda Dr.GJM.Corstens dan rombonngan ke Badilag dapat menambah wawasan mereka tentang Peradilan Agama di Indonesia dan menjalin tali silaturrahi.
Reply | Reply with quote | Quote
# MROISAR PAKDR 2013-03-19 10:49
Selamat buat Badilag yang telah dapat kunjungan President of Hoge Raad dari Belanda,semoga Badilag lebih terkenal lagi dari Manca Negara.
Reply | Reply with quote | Quote
# hanief PAJP 2013-03-19 11:54
hidup badilag...
dari serambi masjid ke serambi dunia
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-03-19 12:37
Selamat buat MARI, khususnya Ditjen Badilag yang telah mendapatkan kunjungan dari Ketua MA Belanda.
Semoga membuat Badilag semakin maju dan jaya selalu!
Reply | Reply with quote | Quote
# Zulkifli ijoel padumai 2013-03-19 13:02
Selamat buat Badilag yang selalu mendapat perhatian dan kunjungan dari luar, kali ini Ketuya MA Belanda yang datang ke Badilag, smg Badilag semakin mendunia.
Reply | Reply with quote | Quote
# Adli Minfadli Robby 2013-03-19 13:03
Bravo Mahkamah Agung...!
Bravo Peradilan Agama...! Maju terus ...!
Reply | Reply with quote | Quote
# D-Andri PALB 2013-03-19 13:05
Hebatttt dan Selamat buat badilag, bisa bikin itu para menir-menir pada very-very impressed.
Reply | Reply with quote | Quote
# nelson dongoran PA. PSP 2013-03-19 14:07
Jasmerah kata sukarno artinya jangan sekali kali melupakan sejarah maksudnya sejarah Peradilan Agama dengan penjajah belanda dulu.
mudah-mudaan kedepan ada hal-hal yang saling menguntungkan
Reply | Reply with quote | Quote
# M. SYAEFUDDIN, PA.Sgu 2013-03-19 14:35
Semoga ini bisa menjadi motivasi untuk lebih maju di awal kepemimpinan Dirjen Badilag yang baru Bpk. Drs. H. Purwosusilo, S.H.,M.H., Aamiinnn....
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-03-19 14:45
wow ternyata pengadilan agama juga mendapatkan perhatian khusus dari presiden Belanga mantap...
Reply | Reply with quote | Quote
# januardi-Pa Bengkalis 2013-03-19 22:34
Dengan adanya kunjungan dari Presiden Hoge Raad dan rombongannya bisa menjalin silahturahmi yang baik dengan Badilag...sukse s terus buat BADILAG yang samkin jaya n selalu berkibar terus di dunia maya....
Reply | Reply with quote | Quote
# H.BARMULA PTA AMBON 2013-03-20 06:14
Alhamdulillah suatu kunjungan penghargaan dari kerajaan Belanda untuk Mahkamah Agung Khususnx Badilag atas kehadiran Hoge Read. Smoga semakin maju Peradilan Agama.
Reply | Reply with quote | Quote
# Hardinal PTA Jypura 2013-03-20 06:31
:lol: Semoga MoU di bidang yudisial antara Mahkamah Agung Kerajaan Belanda dan Mahkamah Agung RI membawa keuntungan/manf aat yang cukup besar bagi kemajuan masing-masing pihak. Kemudian, menambah deretan bukti aroma semerbak kemajuan Badilang betul-betul sudah mendunia. Selamat untuk Badilag atas kunjungan kehormatan Ketua Mahkamah Agung Belanda beserta rombongan. Sukses selalu untuk Bapak Purwo selaku Dirjen Badilag yang baru.
Reply | Reply with quote | Quote
# Lukmin, S. Ag. PA Parigi 2013-03-20 06:44
selamat untuk badilag yang telah dikunjungi oleh Ketua MA Belanda dengan adanya kunjungan tersebut jadikan semangat untuk terus menjadi yang terbaik.
Reply | Reply with quote | Quote
# Syarifa Saimima-PA Masohi 2013-03-20 06:54
Selamat buat BADILAG yang telah menjadi salah satu pilar MA-RI yang dapat dibanggakan di mata dunia,TINGKATKA N KARYAMU, MAJU TERUS BADILAG....
Reply | Reply with quote | Quote
# RI_5 Rtg 2013-03-20 07:16
Ruarrrrrrrr biasaaaaa...
Reply | Reply with quote | Quote
# Alimuddin M. PA.Denpasar 2013-03-20 07:34
Semoga 'WAWASAN' yang dimaksud Pak Presiden HR Belanda itu adalah wawasan hidayah untuk mengakui dan mengikuti kebenaran syariat yang diperjuangkan PA, amiin!
Reply | Reply with quote | Quote
# ACHMAD EDY RAWIDY 2013-03-20 07:36
Suatu penghargaan sekaligus spport yg luar biasa bg MARI khususnynya DIRJEN BADILAG yg telah mendapat khormatan berupa kunjungan dri President of Hooge raad of the Netherland DR.GJM Corsten, smg Badilag makin berkibar....
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs. Cece Rukmana Ibrahm, SH. K PA. CIBADAK 2013-03-20 07:39
Selamat kepada DITJEN BADILAG yang telah mendapat kunjungan dari Ketua Mahkamah Agung Kerajaan Belanda, semoga dari kunjungan ini akan mempererat hubungan kerja antara Mahkamah Agung RI dengan Mahkamah Agung Kerajaan Belanda, Baravo Badilag
Reply | Reply with quote | Quote
# Trm.ms.aceh 2013-03-20 07:44
Selamat kepada DIRJEN BADILAG atas kunjungan dari Ketua MA BELANDA semoga akan menambah Wawasan dan membawa kemaajuan bagi kita bersama.
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari. 2013-03-20 08:23
Semoga kunjungan Presiden HR Belanda menjadi motivasi bagi kita semua bahwa kini kemajuan PA menjadi perhatian Internasional,k arena itu menjadi kewajiban bersama untuk selalu mamajukan PA.Jayalah PA
Reply | Reply with quote | Quote
# Mursyid Syah- MS Ksg 2013-03-20 08:23
Suatu kehormatan bagi Badilag mendapat kunjungan dri President of Hooge raad of the Netherland DR.GJM Corsten (Ketua MA Belanda). Mdh2n kunjungan tsb mendapat makna yg cukup berarti bagi kedua belah pihak. Semoga Badilag makin mendpat perhatian bagi semua kalangan khususnya pengadilan Agama se Indonesia.
Reply | Reply with quote | Quote
# sutikno-PA bulukumba 2013-03-20 08:30
luar biasa.......
negara yg membuat UU sj terkagum-kagum apalagi kita yg menikmati.....a ku bangga menjadi warga pengadilan agama
suses slalu bdilag........
Reply | Reply with quote | Quote
# Ridho PA Sidikalang 2013-03-20 08:53
“Kami ingin lihat masjid dan museum. Selalu lebih menarik untuk melihat hal-hal yang kita tidak punya, untuk menambah wawasan,” ujar Presiden Hoge Raad, dalam bahasa Belanda, setelah memperkenalkan anggota delegasinya. dua poin tersebut diatas tentunya menjadi kebanggaan kita bersama bahwa ternyata masjid dan museum mungkin belum ada di mahkamah agung belanda, bravo for MA dan badilag.
Reply | Reply with quote | Quote
# A Rahim Upuolat PA Masohi 2013-03-20 09:03
Kunjungan presiden Hoge Raad Blnda utk melihat kemajuan MA RI yg sejak dilepas dari jaman hindia belanda hingga kini, apakh masih menggunakan hukum peninggalan nenek moyangnya dulu apa tidak, ironis sekali contohx kita di PA Hkm materil pakai hkm Islam sdgkan hkm formilnya pakai produk hukum Belanda, dulux dua kutub yg tdk dpt disatukan faktax sekarang rujuk kembali. trims.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusydi. PA. Muara Tebo 2013-03-20 12:35
Al-hamdulillah maju terus BADILAG Semoga kunjungan tamu agung YML Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda sebagai realisasi semboyan kita "dari serambi masjid ke serambi dunia" InsyaAllah Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.AM.HSB PA SIDIKALANG 2013-03-20 15:53
Alhamdulillah kita bangga mempunyai lab.SIADPA/SIAD PTA PLUS, SIMPEG, GALERI, DLL.DAN DIKUNJUNGI OLEH NEGARA DONOR DAN NNEGARA LUAR, SEMOGA SELURUH JAJARAN BADILAG SAMPAI KEDAERAH LEBIH SEMANGAT MENINGKATKAN KINERJANYA, APA LAGI TELAH TERSAMBUNG MELALUI SIADPA PLUS DAN SIMPEG. MUDAH2AN SENYUM PARA DELEGASI ITU MEMBAWA BERKAH BUAT PENGEMBANGAN PA, AMIN
Reply | Reply with quote | Quote
# Ayip-PA Tasikmalaya 2013-03-20 15:55
Dengan kunjungan presiden Hoge Raad ke MARI dan khususnya ke BADILAG mudah2an memberi manfaat bagi kedua belah pihak.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.TAUFIQ.-BALI 2013-03-21 07:08
Selamat datang Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda di DITJEN BADILAG MA RI, semoga berkesan dan membawa keberkahan serta kemajuan amin, dan juga semboyan; " Dari Serambi Mesjid ke Serambi Dunia " betul-betul terwujud dan bisa dipertahankan amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# MARZUQI/PTA.Bjm 2013-03-21 07:57
Semoga peradilan agama akan terus bertambah maju menjadi kebanggaan Mahkamah Agung dan bangsa Indonesia, amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Fauzi.PA.Sungailiat Babel 2013-03-21 13:09
ALHAMDULILLAH ternyata negara yg pernah menjajah Indonesia tempo doeloe menjadi shabat Indonesia khususnya dunia peradilan lebih khusus lagi bagi Peradilan Agama ddemi kemajuan kedepan.
Reply | Reply with quote | Quote
# anwaruddin 2013-03-21 14:27
Lembaga Peradilan yang dalam masa Penjajahan dulu disiasia di serambi masjid, Alhamdulillah sekarang berkembang dengan baik ke serambi dunia, semoga dengan kehadiran YM Ketua Mahkamah Agung Kerajaan Belanda ini, membawa manfa'at kedepan bisa wawasan Badilag lebih mendunia, bukan hanya ke Timur Tengah, tetapi juga ke dunia Barat.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ujang Jamaludin PA Kuningan 2013-03-21 16:17
Ahlan wa sahlan (welcome) Meniir from "Hoge Raad of the Netherland.”
Reply | Reply with quote | Quote
# Ratu Ayu 2013-03-22 09:52
I also impressed, not only by the development of Paradilan Agama, but also by impressed feeling of the President of Hoge Raad of the Netherland. He might also noticed n said 'so this is Indonesia, the country we used to colonize', perhaps.
Badilag, we wish u all d best, and we believe u'll b the best.
Reply | Reply with quote | Quote
# AAmbo Asse, HATI Banjarmasin 2013-03-22 10:16
Agar kunjungan Presiden Hoge Raad Kerajaan Belanda Dr. G.J.M. Corstens ke Badilag dapat mengenalkan lebih dekat sejarah PA melalui Galeri 130 Tahun Peradilan Agama, dan memahami pertumnbuhan peradilan Agama sejak kepulangan Belanda ke negaranya setelah menjajah Indonesia, selanjutnya memahami kebebasan sebuah negara berdaulat.
Reply | Reply with quote | Quote
# madun_isme 2013-03-31 15:51
:-) mantap lanjutkan peradilan agama yg agung semoga allah bersama kita smua amin
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage