logo web

Dipublikasikan oleh Adnan Qori Widanu pada on . Dilihat: 223

Perkuat Kompetensi dan Kapabilitas Aparatur Peradilan Agama Ditjen Badilag Gelar Bimtek Secara Virtual Terkait Pelaksanaan Sita dan Eksekusi

WhatsApp Image 2022-10-06 at 10.11.51

Jakarta – Badilag. Kamis, 6 Oktober 2022, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag. membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Tenaga Teknis di Lingkungan Peradilan Agama berbasis secara virtual di Badilag Command Center. Kegiatan ini diikuti seluruh tenaga teknis di zona 4 dari 87 Satker yang berada di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang dan PTA Surabaya.

Ketua PTA Makassar, Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H. menjadi narasumber pada bimtek ini, dengan tema “Teknik Pelaksanaan Eksekusi Putusan Yang Efektif dan efisien” dan M. Natsir Asnawi, S.H.I., M.H Hakim Yustisial Ditjen Badilag sebagai moderator.

WhatsApp Image 2022-10-06 at 10.13.16

Dalam sambutan dan pembinaannya, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis PA menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek merupakan program berkelanjutan yang menjadi program prioritas Ditjen Badilag untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Peradilan Agama di tahun 2022 ini, termasuk juga tentang pelaksanaan putusan Pengadilan. Disamping itu Ditjen Badilag juga berkomitmen melaksanakan program prioritas lainnya seperti pengiriman peserta diklat yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung, Komisi Yudisial, Ditjen Badilag, Otoritas Jasa Keuangan ataupun lainnya dan juga melaksanakan program eksaminasi penilaian kinerja dalam rangka promosi dan mutasi berbasis prestasi.

Terkait dengan tema yang diangkat tentang Eksekusi Putusan, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis PA mengatakan bahwa Dialog dan Webinar tentang eksekusi telah diselenggarakan sebanyak 6 kali sejak tahun 2019 hingga tahun 2022 ini. Secara persentase terjadi penurunan yang signifikan dari jumlah tumpukan berkas perkara eksekusi, karena Mahkamah Agung setiap tahun memberikan anugerah kepada Pengadilan yang memiliki keberhasilan kinerja yang tinggi di bidang eksekusi. Untuk itu Ditjen Badilag ikut berupaya mendorong seluruh satuan kerja di Peradilan Agama untuk meningkatkan kinerja di bidang putusan Pengadilan.

WhatsApp Image 2022-10-06 at 10.14.13

Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H., M.H. mengutarakan definisi dan putusan yang dapat dieksekusi, jenis eksekusi, bentuk eksekusi khusus, pendelegasian eksekusi dan beberapa permasalahan eksekusi yang dihadapi. Disini dibahas penyebab dan solusi penyelesaiannya.

WhatsApp Image 2022-10-06 at 10.16.06

Usai presentasi dari Beliau, peserta Bimtek diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Beragam pertanyaan muncul yang diajukan oleh peserta Bimtek yang pada umumnya menyampaikan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan eksekusi putusan ini. Lalu narasumber menjawab seluruh pertanyaan satu persatu.

Diakhir acara, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis PA menutup kegiatan dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan pencerahan terkait dengan Teknik Pelaksanaan Eksekusi Putusan yang Efektif dan Efisien, dan juga kepada seluruh peserta Bimtek yang telah mengikuti dan berartisipasi aktif mengajukan pertanyaan. (KHS)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook