logo web

Dipublikasikan oleh Hermansyah pada on . Dilihat: 9042

Hakim Agung Habiburrahman: Hujatan Terhadap MA Sangat Memprihatinkan


Ketua PTA Jayapura Abu Amar, Dirjen Badilag Purwosusilo, Hakim Agung Habiburrahman, Wali Kota Sorong Lambert Jitmau dan Wakil Ketua PTA Jayapura Masykur Latoconsina (kiri ke kanan) sedang menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sorong l Badilag.net

Hakim agung dari kamar peradilan agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Habiburrahman, S.H., M.Hum mengaku sangat prihatin melihat perkembangan akhir-akhir ini.

“Hujatan dari masyarakat sangat memprihatinkan bagi MA. Di saat kita mencanangkan peradilan yang agung, ternyata masyarakat masih memberi hujatan-hujatan. Ini perlu kita perhatikan,” ujar Habiburrahman, ketika membuka Rakerda PTA Jayapura bersama PA-PA sewilayah Papua dan Papua Barat di Sorong, Kamis (13/6/2013).

Membuka acara yang berlangsung selama tiga hari itu mewakili Wakil Ketua MA Bidang Non-Yudisial, Habiburrahman menyatakan bahwa adanya hujatan-hujatan dari sebagian masyarakat terhadap lembaga peradilan disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya ialah perilaku aparat peradilan sendiri.

“Jangan sampai ada lagi hakim yang tertangkap tangan karena narkoba atau menerima suap atau diperiksa KY karena melakukan perbuatan amoral,” pintanya.

Agar perilaku-perilaku menyimpang itu tidak terjadi, Habiburrahman menegaskan bahwa seluruh aparat peradilan, terutama hakim, harus memiliki integritas yang tinggi.

“Hakim yang tidak berintegritas, walaupun penghasilannya sudah cukup, dia akan bermain-main dengan hal-hal yang tidak lazim bagi hakim,” tandasnya.

Sepaket dengan meningkatkan integritas, menurut Habiburrahman, para hakim juga harus terus meningkatkan profesionalisme. Selain menguasai pelbagai aspek teknis yustisial, seorang hakim yang profesional harus peka terhadap rasa keadilan masyarakat.

“Rasa keadilan di masyarakat harus benar-harus dirasakan oleh hakim,” tandasnya.

Habiburrahman menilai apa yang dilakukan PTA Jayapura sudah tepat. Tema yang diusung dalam Rakerda yang disambung dengan Bimtek ini adalah “Memantapkan Profesionalisme dan Integritas Hakim Menuju Badan Peradilan yang Agung”.

Rakerda istimewa

Rakerda dan Bimtek yang diselenggarakan PTA Jayapura kali ini terbilang istimewa. Selain diikuti oleh pimpinan, para hakim tinggi dan pejabat struktural atau fungsional PTA Jayapura beserta seluruh pimpinan dan perwakilan hakim PA sewilayah PTA Jayapura, pembukaan Rakorda ini juga dihadiri Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, dan sejumlah pejabat penting Kota Sorong.

Datang jauh-jauh dari Jakarta, hakim agung Habiburrahman membuka acara ini dan Dirjen Badilag Purwosusilo memberikan pengarahan.

Ketua PTA Jayapura Drs. H. Abu Amar, S.H., M.H. mengatakan, Rakerda yang diselenggarakan satkernya tahun ini agak telat karena beberapa hal. Di samping blokir terhadap anggaran PTA Jayapura baru dibuka pada Maret lalu, terlambatnya Rakerda ini juga karena pada April dan Mei PTA Jayapura sibuk melakukan pembinaan dan pengawasan di PA-PA.

Pemilihan Kota Sorong sebagai tempat Rakerda juga dilakukan dengan pertimbangan khusus. Awalnya Rakerda ini akan diselenggarakan di Mimika. Namun melihat situasi keamanan di sana, pihak PTA Jayapura memutuskan Rakerda diselenggarakan di Sorong.

Abu Amar mengungkapkan, saat ini PTA Jayapura membawahi 12 PA yang yursidiksinya meliputi 29 Kabupaten/Kota. Sembilan di antara 13 PA tersebut berada di Provinsi Papua dan tiga PA lainnya berada Provinsi Papua Barat.

“Secara geografis, yurisdiksi PTA Jayapura terluas se-Indonesia. Hanya tiga PA yang bisa dijangkau melalui jalur darat dari Jayapura. Selebihnya harus lewat jalur laut atau udara,” beber Abu Amar.

Hakim dan pegawai yang bertugas di PTA Jayapura dan 12 PA tersebut berjumlah 236 orang. Tahun lalu, secara keseluruhan, ada 996 perkara yang ditangani oleh PA-PA di wilayah ini.

PA di wilayah hukum PTA Jayapura yang paling banyak menerima perkara tahun lalu adalah PA Jayapura, lalu PA Sorong dan PA Merauke.

“Dari segi jumlah pengadilan, jumlah SDM kita masih kurang memadai. Tapi kalau dilihat dari jumlah perkara, jumlah SDM cukup banyak,” ungkap mantan Ketua PA Kabupaten Malang itu.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau turut berbahagia karena wilayahnya dijadikan tempat penyelenggaraan Rakerda PTA Jayapura.

“Merupakan kehormatan dan kebanggaan buat kami, Kota Sorong dijadikan tuan rumah. Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Sorong, kami mengucapkan terima kasih,” ujarnya, ketika memberi sambutan.

(hermansyah)

.
Comments  
# Alimuddin M.PA.Denpasar 2013-06-15 07:37
Aparat peradilan atau hakim yang berbuat sesuatu yang menjadikan lembaga dihujat sama dengan bermain api, dirinya akan terbakar, kalau bukan di dunia tunggu di akhirat. Nauzubillah.... .
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-06-18 07:15
Semoga Allah swt memberikan kekuatan kepada kita dalam mewujudkan peradilan yang agung, amin dan kami ucapkan
Selamat kepada PTA Jayapura yang baru melaksanakan Rakerda sekaligus Bimtek!
Semoga membuahkan hasil2 menuju peradilan yan agung!
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-06-18 07:32
Selamat atas terselenggarany a Rakerda dan Bimtek PTA Jayapura, yang terbilang istimewa, karena Selain diikuti oleh pimpinan, para hakim tinggi dan pejabat struktural atau fungsional PTA Jayapura juga diikuti seluruh pimpinan dan perwakilan hakim PA sewilayah PTA Jayapura, terlebih lagi Rakorda ini juga dihadiri Wali Kota, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, dan sejumlah pejabat penting Kota Sorong. luar biasa dan sukses selalu untuk PTA Jayapura dan juga khusus untuk Bapak KPTA Jayapura Drs. H. Abu Amar, S.H., M.H. selamat dan sukses untuk Bapak, semoga sehat dan sejahtera selalu untuk Bapak dan keluarga.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusdi PTA Smd 2013-06-15 09:02
selamat buat PTA Jayapura yang telah mengadakan Rakerda yang bertempat di Sorong dengan dihadiri oleh Bapak Hakim Agung. Dr.H.Habiburrah man,SH. MHum, dan Bapak Dirjen Badilag, semoga acara yang telah dilaksanakan tsb mendapatkan hasil yang memuaskan
Reply | Reply with quote | Quote
# Pa. Yadi. PTA. Ambon 2013-06-15 11:20
BENTUK KEPRIHATINAN TERHADAP MA YANG DISOROTI MASYARAKAT SAAT INI HENDAKNYA MENJADI RENUNGAN BERSAMA JAJARAN PERADILAN UTK MEMINIMALISIR TINDAKAN/PERBUA TAN APARATUR PERADILAN YANG TLH MELANGGAR KODE ETIK MELAKUKAN PERBUATAN TERCELA YG MENGAKIBATKAN CITRA LEMBAGA PERADILAN DIMATA PUBLIK BURUK.Krn itu MA segera mengambil langkah tegas kpd aparatur MA yg melakukan pelanggar dgn sangksi hukuman yg berat, sehingga ada efek jera' terutama kpd HAKIM yg nakal yg nota bene didominasi oleh HAKIM2 dari Peradilan Umum yg banyak melakukan pelanggaran.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rio Satria 2013-06-15 12:57
Selamat buat PTA Jayapura yang telah melakukan rakerda, semoga sukses dan membawa hasil untuk kemajuan peradilan agama ke depan.
Reply | Reply with quote | Quote
# Faizal Kamil,KPA Bengkalis 2013-06-15 13:43
Semoga hasil Rakerda tsb dpt membawa azas manfaat yang berkesinambunga n dan menyeluruh, yang penting kita insan Peradilan Agama tetap istiqomah dan menyikapi positif hujatan yang dimaksud oleh YM Hakim Agung MARI. DR Habiburrahman SH MH Insya Allah kita tergolong orang yang membantu Agama Allah SWT. dan Allah jua yang akan membantu Institusi kita. Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-06-15 14:26
Selama seseorang tidak dapat menjaga integritas dirinya, maka selama itu pula hujatan dan demoohan miring akan terus berdatangan menghampirinya.
Jika saja mahkota pengadilan bernama hakim itu profesional, bermartabat dan berakhlak mulia, maka yakin sorotan miring tidak akan menghampirinya( baca: institusi pengadilan).

Selamat kepada PTA Jayapura yang baru melaksanakan Rakerda sekaligus Bimtek!
Semoga membuahkan hasil2 menuju peradilan yan agung!
Reply | Reply with quote | Quote
# Syafri Amrul PA Bengkulu 2013-06-15 18:56
Kota Sorong tempat penyelenggaraan rakerda dan bimtek PTA Jayapura dan 12 PA sewilayah hukum PTA Jayapura, yang sekarang mewilayahi dua propinsi, Papua dan Papua Barat, selamat ! semoga memberi penyegeran dan semangat baru bagi semua warga PA di Papua untuk pelaksanaan tugas-tugas dan tanggung jawabnya, ami !
Reply | Reply with quote | Quote
# Lazuarman PA Manna 2013-06-16 05:44
Kepercayaan masyarakat terhadap dunia peradilan sebenarnya sangat tergantung kepada prilaku aparat peradilan dan lembaga peradilan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Mampukah kita mewujudkannya ?. Semoga Allah swt memberikan kekuatan kepada kita dalam mewujudkan peradilan yang agung, amin
Reply | Reply with quote | Quote
# ELGHANI PTA AMBON 2013-06-17 06:45
Emang untuk menjadi baik itu SUSAH. Apalagi menjadi AGUNG akan lebih SULIT lagi.Tp itu bukan sesuatu HIL YANG MUSTAHAL eh... HAL YANG MUSTAHIL. Asal seluruh aparat peradilan berkomitmen kuat meningkatkan INTEGRITAS yang MENJUNJUNG tinggi AHLAQUL KARIMAH. PASTI PENGADILAN YANG AGUNG AKAN MENJADI KENYATAAN . BUKTIKAN .
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-17 06:50
memang aparat MA dan jajarannya diuji kesabarnnya dan barang siapa yang bersabar akan disayang oleh tuhan ALLOH SWT
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-17 06:51
orang sabar adalah kekasih tuhan Alloh SWT
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari 2013-06-17 06:58
Hujatan adalah sesuatu yang sangat sulit terhindarkan, termasuk di dunia Peradilan.Hakim dalam posisi apapun tidak akan terlepas yang namanya kritikan, dan ahal ini sekaligus memberikan illustrasi kepada bahwa betapa sulitnya menadi hakim.Namun demikian, yang terpenting bagi hakim senantiasa menjaga integritas, profesionalitas dan ihklas dalam menjalankan tugas dengan prinsip selalu menghindari perbuatan curang (fraund) dan perbuatan yang tidak patut (abuse).Waspada lah...
Reply | Reply with quote | Quote
# is hm 2013-06-17 07:19
selamat kepada iaiaran pta jayapura yang telah melaksanakan rakerda semoga dapat menghasilkan rumusan rumusan program yang menunjang terujudnya profesionalisme dan peradilan yang agung.selamt dan sukses melaksanakan tugas di wilayah yang terluas jurisdiksinya.a mien.
Reply | Reply with quote | Quote
# R.A. Said 2013-06-17 07:21
Selamat kepada PTA Jayapura semoga Rakerda yang dilaksanakan memberi outcame yang optimal
Reply | Reply with quote | Quote
# saifuddin Jaksel 2013-06-17 07:28
Kayaknya, PA sorong sebagai tempat rakerda telah berulang kembali. Saran nih, sebagai alumni Papua, Ha....., sesekali tempat yang belum pernah. Ha..... Ada Wamena, ada Timika ada Fakfak dll. Sukses PTA Jayapura.
Reply | Reply with quote | Quote
# Kamali@PATRIA 2013-06-17 07:45
Memiliki integritas tinggi sudah merupakan"WAJIB 'AIN" bagi seluruh aparat peradilan, tanpa membedakan antara Pejabat Struktural maupun Fungsional.

Syukiron wal'afwu
Reply | Reply with quote | Quote
# Pak Kam@PATEEL 2013-06-17 07:50
Hujatan adalah bahan instropeksi diri bagi "SELURUH APARAT PERADILAN", karena kita ketahui bersama bila ada "SANJUNGAN" itu merupakan pangkal "KESOMBONGAN DAN KEHANCURAN"

Syukron wal'afwu minna
:zzz :zzz :zzz
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-06-17 07:51
Banyaknya hujatan kepada kita saat ini terutama Peradilan Agama perlu disikapi dengan bijak, dan dijadikan introspeksi bagi seluruh Aparat Peradilan, hal - hal yang tidak baik, perlu segera diperbaiki, kualitas putusan yang rendah yang menjadi cemoohan selama ini,perlu terus dibenahi, dalam membuat putusan berdasarkan fakta- fakta yang terungkap dipersidangan dan ketentuan hukum yang berlaku, tidak lagi berdasarkan perasaan, tidak lagi berdasarkan perasaan, perasaan.hukum acara perdata yang menjadi pedoman wajib bagi para Hakim wajib dipatuhi, terutama dalam hal pembuktian, mend set kita sudah harus berubah.Pelatih an dan pelatihan yang dilakukan oleh Badilag harus sudah mengarah kepada perbaikan ini, kalau kita tidak ingin dipandang rendah oleh orang lain.kita tunggu perubahan, mulai dari atas sampai pada tingkat bawah.
Reply | Reply with quote | Quote
# din.wheeno 2013-06-17 08:00
sbenarnya munculnya hujatan2 itu trgantung pada sikap dan tindakan para aparatur penegak hukum itu sendiri, bagaimana smestinya bersikap sesuai dg aturan atau tidak, sesuai dg hati nurani atau tidak, tinggal pilih "SESUAI atau TIDAK" dg aturan, yang muaranya sesuai tdk dg pembuat undang2 haqiqi Rabbul Alamin. 8)
Reply | Reply with quote | Quote
# RS.MS.Aceh 2013-06-17 08:51
kadang-kadang orang makan nangka kita kena getahnya oleh sabab itu kita harus bepegang teguh pada AlQu'an dan Hadist karena itu adalah pedoman hidup yang hakiki jangan kita abaikan.

Kami ucapkan selamat untuk PTA.Jayapura telah melaksanakan rakerda tersebut.
Reply | Reply with quote | Quote
# m.syuib PTA BABEL 2013-06-17 08:53
selamat terhadap PTA jayapura yg tlh mengadakan Rakerda dan bintek di kota sorong dg dihadiri Bpk Hakim Agung Dr.H.Habiburram an,sh,M.Hum dan bpk Dirjen Badilag,semoga acara tsb memberikan hasil yg memuaskan,juga thdp hakim tinggi yg diikut sertakan ,dpt menyamakan dan meenyatukan pendapattentang pengwasan ke daerah
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs.HAM HSB,MH PA SIDIKALANG 2013-06-17 09:19
Seiring banyaknya Pembinaan dan pengawasan oleh HATIWASDA kepada seluruh peradilan dibawah MARI kedepan hujatan itu semoga berkurang moga-moga hilang dan bertugar pujian.
Reply | Reply with quote | Quote
# IdrisLatif PTA Jambi 2013-06-17 09:20
hujatan dan segala ketidakpuasan terhadap kinerja lembaga membuat kita semua harus lebih sedsnsitif dan kebih berhati hati serta harus menjadi agen pelayanan bagi pengguna pengadilan, disisi lain kerja pengadilan berada dua sisi mata uang yang berbeda dan di setiap pelayanan ada dua kepentingan yang berbeda, yang menang senang yang kalah menghujat, semoga kita siap mnjadi agen pelaan yang baik;
Reply | Reply with quote | Quote
# #enturmastur pta Bjm # 2013-06-17 09:43
Selamat kepada Bpk.Ketua PTA Jayapura dan Jajarannya yang telah menyelenggaraka n Rakerda yang katanya agak terlambat, pepatah mengatakan biar lambat asal selamat, semoga menghasilkan program kerja yang dapat diimplementasik an oleh seluruh aparat Peradilan Agama diwilayah Irianjaya sehingga tercapainya Visi MA yaitu terwu judnya Peradilan yang Agung. Amin
Reply | Reply with quote | Quote
# abdullah berahim, pta palu 2013-06-17 09:58
selamat buat PTA Jayapura, yg tlh sukses melaksanakan RAKERDA tsb.apa yg diharapkan oleh YM hakim agung tsb yakni "Jangan sampai ada lagi hakim yang tertangkap tangan karena narkoba atau menerima suap atau diperiksa KY karena melakukan perbuatan amoral”perlu kita sadari bersama.faktor lain yg menyebabkan MA dihujat adalah krn memutuskan perkara tdk sesuai dg rasa keadilan dan hukum yg hidup dimasyarakat.
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-06-17 10:24
hujatan itu haruss menjadi cambuk untuk kemajuan MA untuk selanjutnya ...
Reply | Reply with quote | Quote
# NURMADI RASYID,PA.BKL 2013-06-17 10:39
Selamat kepada PTA Jayapura yang baru melaksanakan Rakerda sekaligus Bimtek!
Semoga membuahkan hasil2 menuju peradilan yan agung!semoga... .......
Reply | Reply with quote | Quote
# s.yanto.tn.PTA-Kendari 2013-06-17 11:32
Saya sangat senang/membaca mendengar berita-berita yg menyangkut kemajuan jajaran PTA Jayapura (yg sekarang sudah 12 PA. Oleh karena itu semangat kerja harus selalu dikobarkan, sehingga walau geografinya sangat jauh dari ibukota negara tapi SDM nya sangat mumpuni dan tdk ketinggalan dengan PA-PA yg dekat dg ibukota. Selamat ber"rakerda" semoga hasilnya bisa dimanfaatkan untuk kesuksesan dan kemajuan kita semua. Amin
Reply | Reply with quote | Quote
# marwoto. PA Sleman 2013-06-17 11:40
sebagai cambuk tuk memperbaiki diri dan memicu diri semakin lebih baik dan lebih maju. selamat buat PTA Papua yg telah melakukan Rakerda dan bintek. semoga berhasil dan berdaya guna
Reply | Reply with quote | Quote
# m.kahfi PA.Klaten 2013-06-17 11:44
Hujatan ataupun cacian pada dasarnya adalah positif karena dengan adanya hujatan ataupun cacian dari luar itu membuat kita lebih berhati-hat dan mawas diri.
Reply | Reply with quote | Quote
# M ZAKARIA, PA Natuna 2013-06-17 14:24
Mewujudkan suatu peradilan yang agung memang perlu perjuangan berat karena harus menghadapi berbagai macam hujatana, tantangan dan intimiodasi, namun kita tetap bersungguh-sung guh untuk meraihnya dan terus berhati-hati dan jangan cepat berputus asa, Hakim2 Agama khususnya masih menjadi agen akhlakul karimah dan pelaku pembaharu... mari berjuang bersama...
Reply | Reply with quote | Quote
# Ismail Paisuly, PA Masohi 2013-06-17 15:48
Selamat dan salam takzim kepada Bapak Abu Amar serta seluruh civitas PTA Jayapura dalam melaksanakan Rakerda dan Bimteknya. Semoga PTA Jayapura tetap jaya, dan kepada seluruh insan Badan peradilan kiranya dapat menyimak serta mengaplikasikan apa yang disampaikan YM Bapak Habiburrahman (Hakim Agung) agar ke depan citra dan wibawah istitusi kita tetap terjaga.
Reply | Reply with quote | Quote
# M. Yamin/PA.Gtlo 2013-06-17 18:21
Hujatan pada konteks tertentu dapat dipahami sebagai kritik konstruktif. Pada konteks itu integritas harus tetap terpelihara agar bisa menjadi perisai kritikan.
Reply | Reply with quote | Quote
# sulfa pta smrd 2013-06-17 22:03
peningkatan profesionalisme dan integritas hakim ,haruslah digalakkan.meng ingat secara realitas,manaka la yang berkaitan dengan tugas dan kewajiban ,kurang mandapat respon yang positip.memanda ng cukup dengan kemampuan yang shudah dimiliki.apalag i di daerah yang jauh perkara sederhana,tidak ada tantangan,integ ritas hakim sementsrs sebagian mereka mrngendor,terut ama disiplin kerja .perkara sedikit,sementa ra kekosongan waktu tidak dimanfaatkan secara maksimal untuk peningktan kedua maksud diatas,semoga dalam waktu dekat pulih kembali semangat untuk peningkatan profesi dan integritas hakim
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep sm PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-06-18 10:36
Satu kata Iman dan taqwa perlu di gulirkan lagi
Reply | Reply with quote | Quote
# helmy thohir - pta bandung 2013-06-18 11:01
Pernyataan yang disampaikan oleh pak Habiburrahman sesungguhnya suatu warning {peringatan} sekaligus introspeksi kelembagaaan yang perlu dicermati dan disikapi dengan baik oleh kita semua> semoga ini semua menjadikan kita lebih semangat dan lebih giat lagi untuk meningkatkankan kualitas diri sebagai bagian dari upaya menuju peradilan yang agung dan bermartabat, dengan tetap mengedepankan pelayanan prima kepada para pencari keadilan. Salam kami buat pak Habib dan pak Dirjen, tks.
Reply | Reply with quote | Quote
# atin-bontang 2013-06-20 06:47
ayo semangat !!! mari kita mulai dari diri kita sendiri, bila semua aparat peradilan berprinsip seperti itu, insya Allah, peradilan yang agung dan bermartabat akan terwujud, aamiin.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.TAUFIQURROHMAN BALI 2013-06-20 09:16
Apayang disampaikan oleh Yang Mulia Bapak Dr.H.Habiburroh man M.Hum (Hakim Agung RI) bahwa untuk mewujudkan lembaga peradilan yang agung harus di dukung oleh aparatur lembaga perdailan yang bermoral dan yang mempunyai integritas yang tinggi, semoga kunjungan Bapak Dr.H.Habiburroh man M.Hum dan Bapak DIRJEN BADILAG Bapak Drs.H.Purwosusi lo MH,membawa keberkahan untuk PTA Jayapura dan seluruh pengadilan sewilayah hukum PTA Jayapuran, Amin
Reply | Reply with quote | Quote
# alpian pa negara 2013-06-21 05:14
selamat dan sukses selalu PA Sorong
Reply | Reply with quote | Quote
# alpian pa negara 2013-06-21 05:18
apa yg disampaikan oleh Bapak Hakim tersebut sangat benar sekali, Hakim sudah mendapat gaji yang besar harus pandai bersyukur dan jgn jadikan tunjangan kemahalan menjadi tunjangan kenakalan
Reply | Reply with quote | Quote
# Moel 2013-06-21 07:02
Semoga dengan diadakannya rakerda di Sorong menjadi momentum untuk dibentuknya PTA Manokwari, Provinsi Papua Barat, karena untuk pelayanan yang optimal kepada masyarakat, ketersediaan tingkat banding di sebuat provinsi mutlak diperlukan
Reply | Reply with quote | Quote
# A.M.Salampessy PTA Ambon 2013-06-21 08:03
Ucapan selamat kepada PTA Jayapura yg telah sukses melaksanakan Rakerda dan Bimtek di Kota Sorong dan juga khusus kepada Bpk.Ketua Bpk.Wakil Ketua PTA Jayapura selamat dan sukses untuk Bpk.berdua semoga berdua dan keluarga selalu sehat sehat Amien .
Reply | Reply with quote | Quote
# MROISAR PAKDR 2013-06-21 08:49
Selamat buat PTA Jayapura yang telah berhasil melaksanakan rakerda,semoga dengan rakerda tersebut akan lebih memacu peningkatan kinerja bagi aparat di wilayahnya demi tercapainya sebuah peradilan yang agung. Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# H.Ambo Asse/HATI PTA Banjarmasin 2013-06-22 09:05
KeWASPADAAN TETAP PERLU, TETAPI KITA TIDAK BOLEH PESIMIS, PENGERITIK PERADILAN ORANGNYA ITU-ITU JUGA, MUNGKIN KALAH DALAM PERKARANYA, MENGENAI PERILAKU HAKIM yang merusak keagungan Mahklamah Agung OBATNYA ADAlah BERIKAN SEGERA HUKUMAN YANG SETIMPAL DAN UMUMKAN KEPADA MASYARAKAT, KONDISI SEPERTI ITU TIDAK MENGURANGI NILAI PERJUANGAN MENUJU PERADILAN YANG AGUNG bahkan merupakan bagian dari keagungan mahkamah agung.
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage