logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 329

Ditjen Badilag Jadi Narasumber Bimtek Kadis Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia

WhatsApp Image 2024-06-25 at 13.04.53

Jakarta, Juni 2024

Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil melaksanakan Bimbingan Teknis bagi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia sebanyak enam angkatan pada bulan Juni dan Juli 2024, bertempat di Orchard Hotel Industri Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan tersebut, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama menjadi narasumber pada tanggal 25, 27 Juni 2024, tanggal 2, 4, 9 dan 11 Juli 2024 dengan materi “Peran Pengadilan Agama Dalam Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan”.

Pada kesempatan pertama di tanggal 25 Juni 2024, Plt. Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Arief Hidayat hadir menjadi narasumber. Dalam penyampaiannya Arief Hidayat mengemukakan kedudukan Peradilan Agama di Indonesia dan kewenangan Pengadilan Agama dalam penyelesaian perkara, Prosedur penerimaan perkara, serta praktik baik kontribusi Pengadilan Agama dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan. Arief Hidayat juga menegaskan bahwa dengan berkembangnya Teknologi Informasi maka untuk memudahkan penyelenggaraan administrasi kependudukan dapat dilakukan melalui sistem integrasi data. Pengadilan Agama sudah mempunyai SIPP (Sistem Informasi penelusuran Perkara) sementara Dukcapil sudah mempunyai SIAK (Sistem Informasi Kependudukan) dengan integrasi data kedua sistem ini, maka perubahan data kependudukan akibat putusan atau penetapan Pengadilan Agama. Hal ini sangat mungkin dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten/Kota dengan pengadilan Agama Yang ada di wilayahnya masing-masing. Arief Hidayat menambahkan bahwa paling tidak akibat putusan atau penetapan Pengadilan Agama yang berdampak langsung terhadap berubahnya status kependudukan adalah untuk perkara Carai Gugat, Cerai Talak, Penetapan asal usul anak, Pengangkatan anak, Pengesahan Pekawinan/isbath nikah, danm Pembatan perkawinan.

Setelah penyempaian materi, agenda dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, peserta sangat antusias dengan gagasan integrasi data yang ditawarkan oleh Ditjen Badilag dan gagasan ini dapat ditindaklanjuti dilapangan. (AH)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice