logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 622

Ditjen Badilag Bahas Legal Reasoning dalam Bimtek Tenaga Teknis

ss1Bimtek24

Legal Reasoning atau yang dikenal dengan penalaran hukum atau argumentasi hukum menjadi kajian menarik yang disampaikan Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung, Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum., dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) secara daring melalui aplikasi zoom di Badilag Command Center, Jumat 25/8/2023). Kegiatan tersebut yang disiarkan secara live streaming di channel youtube Badilag TV diikuti seluruh tenaga teknis peradilan agama.

Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Badilag, Bambang Hery Mulyono, S.H., M.H. terlebih dahulu memberikan kata sambutan dan membuka kegiatan Bimtek. Dalam sambutannya Plt. Dirjen Badilag menyampaikan bahwa topik kali ini sangat bermanfaat bagi para Hakim khususnya dalam memutuskan perkara. “Patut kita sadari bahwa pemahaman dan penerapan tentang penalaran hukum terus berkembang, seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin kompleksnya perkara yang dihadapi. Diharapkan dengan memahami legal reasoning ini putusan hakim nantinya dapat memberikan keadilan, kepastian, dan kemanfaatan kepada para pencari keadilan.” ujar Plt. Dirjen Badilag menutup sambutannya.

ss2Bimtek24

Dalam penyajian materi Bimtek kali ini Dr. H. Yasardin, S.H., M.Hum. menguraikan tentang pengertian legal reasoning, 5 (lima) langkah argumentasi hukum, metode dalam menalar, argumentasi hukum melalui penafsiran, argumentasi hukum dalam putusan hakim, dan pertimbangan hakim.

Usai memberikan materi, moderator Bimtek, Dr. Ilman Hasjim, S.H.I., M.H. Hakim Yustisial Mahkamah Agung, memberikan kesempatan kepada seluruh peserta Bimtek untuk mengajukan pertanyaan. Banyak pertanyaan yang muncul karena pembahasan kali ini berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi dalam persidangan. Dan satu per satu seluruh pertanyaan dijawab oleh narasumber. 

ss3Bimtek24

Di pengujung Bimtek, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag menutup kegiatan dan mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah memberikan materi pada tenaga teknis peradilan agama pada kesempatan kali ini. (Kh)

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice