logo web

on . Dilihat: 12421

Ditjen Badilag Akan Menyelenggarakan Ujian Rekruitmen Calon Panitera Pengganti

Jakarta | badilag.net

Dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga panitera pengganti, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (Ditjen Badilag) akan menyelenggarakan ujian rekruitmen calon panitera pengganti pengadilan agama/mahkamah syar’iyah. Ujian tersebut akan diselenggarakan di 13 pengadilan tinggi agama pada hari Selasa, 16 Juli 2013.

Pengumuman tersebut tercantum di dalam surat Dirjen Badilag nomor 1104/DjA/KP.00/VI/2013, tanggal 21 Juni 2013.

Di dalam surat Dirjen Badilag dijelaskan waktu pendaftaran calon peserta dimulai tanggal 1 sampai 5 Juli 2013.

Sedangkan tempat pendaftarannya di 13 pengadilan tinggi agama yang telah ditentukan yaitu MS Aceh, PTA Medan, PTA Pekanbaru, PTA Banten, PTA Jakarta, PTA Bandung, PTA Semarang, PTA Yogyakarta, PTA Surabaya, PTA Samarinda, PTA Banjarmasin, PTA Palu dan PTA Kupang.

Keterbatasan anggaran dan pertimbangan skala prioritas pemenuhan kebutuhan panitera pengganti, menjadi alasan mengapa hanya 13 pengadilan tinggi agama yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan ujian.

Teknis Pelaksanaan Ujian

Di dalam surat Dirjen dijelaskan mengenai persyaratan peserta ujian antara lain :

  1. masa kerja minimal 3 tahun sebagai PNS di lingkungan PA/MS atau Mahkamah Agung, dibuktikan dengan melampirkan salinan SK PNS yang bersangkutan.
  2. Berijazah Sarjana Syari’ah atau Sarjana Hukum Islam, atau Sarjana Hukum yang menguasai hukum Islam,  dibuktikan dengan melampirkan salinan ijazah S1 yang bersangkutan.
  3. Ijazah S1 sebagaimana dimaksud pada huruf b, tidak diperoleh dari program pendidikan tinggi kelas jauh.
  4. Peserta ujian adalah Pejabat Kesekretariatan atau Staf PA/MS (termasuk Staf yang berstatus Calon Panitera Pengganti) serta Pejabat atau Staf di lingkungan unit eselon I Mahkamah Agung.
  5. Mendapat izin dari Ketua PA/MS setempat, dibuktikan dengan surat pengantar.
  6. Bersedia ditempatkan pada PA/MS di wilayah pengadilan tingkat banding masing-masing yang formasi Panitera Penggantinya masih kurang (membuat surat pernyataan kesediaan untuk ditempatkan sebagai Panitera Pengganti (bermaterai).

Pelaksanaan ujian nantinya akan diawasi langsung oleh panitia pusat dan dibantu oleh pengawas dari pengadilan tinggi agama. Sedangkan untuk materi yang akan diujikan meliputi hukum materiil, hukum formil, administrasi teknis yudisial dan pengetahuan komputer.

Di dalam surat Dirjen Badilag, dijelaskan terkait biaya akomodasi dan transportasi peserta ditanggung sepenuhnya oleh peserta yang bersangkutan.

Guna kelancaraan pelaksaan ujian, Dirjen Badilag meminta supaya data calon peserta segera dikirimkan ke Ditjen Badilag, selambat-lambatnya tanggal 8 Juli 2013 melalui surat elektronik di alamat Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Dijelaskan pula bahwa pemeriksaan hasil ujian dan penentuan kelulusan akan ditentukan oleh panitia pusat. Pengumuman kelulusan tersebut akan diumumkan melalui website www.badilag.net.

Dalam surat lainnya nomor 1103/DjA/KP.00/VI/2013, tanggal 21 Juni 2013, Dirjen Badilag meminta bantuan kepada pengadilan tingkat banding untuk meneruskan pengumuman pelaksanaan ujian ini kepada satker dibawahnya dan menyiapkan sarana pelaksanaan ujian serta petugas untuk membantu pelaksanaan.

ws

Comments  
# Faizal Kamil.KPA Bengkalis 2013-06-21 11:33
Sangat ditunggu kebijakan pak Dirjen Badilag MARI dan bagi pelamar tentunya memahami dengan persyaratan serta aturan mainnya apabila ditempat tugaskan disatker yang tidak dikehendakinya. Dan mudah-mudahan bagi satker yang membutuhkannya dapat terkabul realisasinya.
Reply | Reply with quote | Quote
# Masrinedi-PA Painan 2013-06-24 16:25
Selamat berjuang buat para peserta Ujian Rekruitmen Calon Panitera Pengganti. Ayo semangat untuk ikut berjuang. Semoga Lulus. Aamiin YRA !
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-06-21 11:58
Berita menggembirakan untuk PNS PA yang telah bekerja selama 3 tahun untuk menjadi PP.
Klausula "Bersedia ditempatkan di mana saja di seluruh Indonesia" hendaknya benar2 diperhatikan calon peserta sebelum mengikuti ujian PP.
Karena tidak sedikit di antara mereka yang sudah lulus test, ternyata tidak mau berangkat ke tempat tugas yang ditetapkan.
Selamat mengikuti test, semoga berhasil!
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-06-21 12:04
Ujian/Test Paanitera Peengganti di PA sebenarnya sangat mendesak, kalau bisa diutamakan bagi PA Kelas Satu, sebab pada PA kelas I sangat kekurangan Pegawai terutama Panitera Peengganti, dan kalau bisa yang test di PTA tempat pendaftaran tidak otomatis bagi PA setempat, bagi PTA yang kurang perkaranya.pese rtanya yang lulus bisa ditempatkan diluar PTA. agar kekurangan selama ini bisa terpenuhi.
Reply | Reply with quote | Quote
# hendri bernando, S.HI PA.Limboto 2013-06-21 13:15
maaf mau tanya hari penyelenggara ujiannya sebenarnya kapan? ari selasa atau sabtu karena tanggal 13 Juli 2013 itu adalah hari sabtu bukan hari selasa sebagimana yang tercantum diatas....
makasih atas infonya.
Reply | Reply with quote | Quote
# Calon PP 2013-06-21 13:33
Hendaknya dijadikan program berkala sehingga calon peserta dapat mempersiapkan jauh-jauh hari sehingga persaingan dan kualitas terjaga. Tidak sekedar instan dan hasil dari untung-untungan .
Reply | Reply with quote | Quote
# umi 2013-06-21 13:34
Ayo teman teman persiapkan dirimu dan semoga sukses dalam ujian nanti, welcome to our world
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-06-21 14:30
Suatu informasi yang sudah sangat lama dinanti nantikan oleh segenap warga PA se Indonesia, dan keperluan sudah mendesak serta kebutuhan yang tidak terelakkan lagi, terima kasih kepada Bapak Dirjen hanya kok tidak bisa merata ya kalau persoalan dana apa tidak bisa diupayakan merata sehingga bagian yang tak tersentuh tidak merasa diabaikan sekalipun mereka juga sangat kekurangan tenaga tenaga tersebut. makasih Pak Dirjen.
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-06-21 14:42
ayo siapa yg mau ikut,, agar usian pensiun bisa bertambah,, jangan lewat...
Reply | Reply with quote | Quote
# Dodi / Tabanan 2013-06-21 15:17
memang kebutuhan PP saat ini sangat mendesak terutama untuk PA-PA di daerah yang perkaranya berlebih, terlebih sudah banyak PP-PP yang akan memasuki masa purnabakti, tapi di beberapa tempat ada juga yang PP-nya overload alias kebanyakan... mudah2an badilag bisa merasionalisasi kan jumlah perkara dengan jumlah PP sehingga tidak ada lagi PP yang kebanyakan kerjaan dan PP yang tidak ada kerjaan.
Reply | Reply with quote | Quote
# sulfa pta smrd 2013-06-21 19:07
untuk semua PENGADILAN AGAMA SE KALIMANTAN TIMUR AGAR MEMANFAATKAN KESEMPATAN UNTUK MENGIKUTI UJIAN PANITRERA PENGGANTI,BAGI YANG MEMENUHI SYARAT.BAGI PIMPINAN PENGADILAN AGAMA AGAR BISA MENDORONG PEGAWAI YANG MEMENUHI SYARAT UNTUK MENGIKUTI UJIAN TERSEBUT.KESEMP ATAN TERBATAS.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-06-22 08:01
Insya Allah PA Nunukan akan mengikutsertaka n pegawainya yang memenuhi persyaratan mengikuti test PP tersebut!
Semoga di antara yang lulus ada yang ditempatkan di PA Nunukan!
Reply | Reply with quote | Quote
# Hilmi PA.Serang-Banten 2013-06-21 20:01
Alhamdulillah PTA Banten mendapatkan formasi menerima CPP Tahun 2013 untuk itu kepada PNS yang sudah jadi CPP atau yang belum menjadi PP kesempatan baik ini jangan di sia-siakan dan saya yakin banyak SDM yang berkualitas,pro duktifitas dan profesionalitas di jajaran Pengadilan Agama dalam Wil PTA Banten yang jebolan Sarjana Hukum Islam dan Sarjana Hukum,sangat menunggu info terbaik ini, wasssalam terima kasih Bapak Dirjen.
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep sm PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-06-21 20:33
Memang sangat perlu, namun harus ditunjang dengan tunjangan khusus, karena PP kalah penghasilannya dengan Jurusita, sehingga jarang yang may jadi PP, mereka banyaka milih jadi Jurusita.
Reply | Reply with quote | Quote
# Trisno 2013-06-22 05:12
Selamat deh... bagi yang diberi kesempatan... Sayang Sekali dengan alasan yang klasik... PAPUA tidak dapat kesempatan... padahal udah lama kesempatan tersebut ditunggu... "EMANG ENAK KALI EE TUGAS DI PAPUA".... Sehingga hanya untuk mendapat kesempatan ujian dengan biaya akomodasi sendiri aja susah juga yaa.... "Mudah-mudahan Panitera Pengganti di Papua udah Kelebihan Formasi, sehingga tidak perlu diadakan ujian penerimaan",,. Makasih dan Mohon Maaf.
Reply | Reply with quote | Quote
# H. Barmula PTA Ambon 2013-06-22 07:20
Slamat berlomba aYO PENTING INI.
Reply | Reply with quote | Quote
# Momod PA Tual 2013-06-22 15:12
menjadi panitera pengganti ternyata lebih sulit dari hakim, karena harus mengabdi minimal 3 tahun sebgai PNS dlu, sementara u/ cakim setelah terangkat PNS langsung pendidikan...ha dewwww....cape' deh..berharap aturan bisa berubah....
Reply | Reply with quote | Quote
# Indra_pa cianjur 2013-06-27 09:18
salah besar pak kalo pendapat bapak seperti itu, cakim sekarang itu lebih sulit dari yg bapak kira. mereka harus menunggu selama 8 bulan untuk prajab kemudian lanjut diklat 1 2 minggu kemudian ditempatkan di satker magang yg jauh dari satker asalnya tanpa ada uang mutasi krn saat mutasi statusnya masih CPNS, selanjutnya magang 6 bln sbg adminstrator kemudian diklat 2 3 bulan, lanjut magang 2 6 bulan sbg PP, diklat 3 3 bulan trs magang lagi 3 bln sbg asisten hakim. harus lulus tes dr KY ttg KE&PPH. selama magang dipantau KY. jadi gmn pak, lebih mudah menjadi hakim kan???
Reply | Reply with quote | Quote
# PA Wilayah Kendari. 2013-06-23 01:55
Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh, PTA Kendari telah mengusulkan ke Dirjen Badilag, memohon diberi kesempatan bagi pegawai PA yang memenuhi syarat, diuji/diangkat untuk menjadi PP, ternyata belum diberi kesempatan, kenapa ya,...........k husunya di PA kami sangat membutuhkan tenaga tambahan PP tersebut.
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-24 07:13
alhamdulillah kalau badilag mengadakan rekrutmen Panitera Pengganti sebab selama ini Panitera Pengganti di PA seluruh indonesia masih kurang dengan direkrut PP baru persidangan di PA akan semakin lancar amien
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-24 07:13
semoga dengan rekrutmen PP akan membawa angin segar di setiap PA
Reply | Reply with quote | Quote
# MAME SADAFAL PA KAB.KEDIRI 2013-06-24 09:54
Program dan kebijakan Bpk Dirjen untuk mengadakan rekrutmen calon Panitera Pengganti sangat tepat untuk mengatasi terbatasnya tenaga Panitera Pengganti saat ini khususnya di PA-PA yang volume perkaranya relatif banyak sebab apabila mengaharap pengangkatan baru melalui CPNS berapa tahun lagi baru bisa mendapatkan Panitera Pengganti, ini baru ok,amien
Reply | Reply with quote | Quote
# bai_paTsm 2013-06-24 10:01
sudah tau keterbatasan anggaran..knapa masih menyelenggaraka n test PP...bukanlah waktu rekrutmen cpns ada formasi CPP...itu aja tinggal di SK kan menjadi PP...gtu aja ko repot....
Reply | Reply with quote | Quote
# I. Indra_PA Cjr 2013-06-24 10:13
semoga setelah selesai ada pendidikan khusus untuk PP agar kualitas PA di segmen kepaniteraan semakin berkualitas. amin^^
Reply | Reply with quote | Quote
# din.wheeno 2013-06-24 10:48
Ayo kawan2 selamat brjuang & brkompetisi scr sehat utk mnjadi pejabat fungsional, meski jabatan PP tak lagi sbg jabatan brgengsi sbgmana para Yg mulia (hakim) ataupun para jurusita/jurusi ta P. bahkan cnderung sbg pjabat "PONTANG-PANTIN G" (PP), namun prcayalah disana ada hikmah & knikmatan trsendiri. Jangan silau dg kilatan performance para yg mulia tapi gapailah smua se-mata2 krn ridho Ilahi. Ana doakan good luck. :lol:
Reply | Reply with quote | Quote
# Najib, PA Sleman 2013-06-24 11:03
Mohon informasi...men genai syarat masa kerja 3 tahun jadi PNS tersebut dihitung dari SK PNS nya ya pak? atau dihitung dari masa kerjanya sejak CPNS? untuk kami yang dulu CPNS berstatus Calon Panitera Pengganti dan ternyata belum genap 3 tahun jadi PNS gimana nasib kami pak, padahal yang CPNS nya statusnya Calon PP sudah ada 3 angkatan pak?
Reply | Reply with quote | Quote
# helmy thohir, pta - bandung 2013-06-24 13:06
Buat pak Dirjen, ada hal yang perlu untuk lebih diperhatikan dalam mengatasi kekurangan jumlah Panitera Pengganti di PA , selain dari rekrutmen perlu dipercepat dandikeluarkan SK bagi PP yang sudah lulus, dan diperintahkan untuk segera bertugas bagi PP yg sudah mendapatkan SK, karena masih ada mereka yang merangkap di kesekretariatan dan belum menjalankan tugasnya sebagai PP.
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@pta pdg 2013-06-24 13:31
Berbahagialah peserta test PP yang ketempatan sebagai tempat test PP dan bagi CPP yang PTAnya tidak ketempatan jangan patah semangat soalnya semua peserta membuat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia yang penting persiapan ayo siaap graak. :zzz
Reply | Reply with quote | Quote
# Mahmudin A - PA Fakfak 2013-06-24 13:45
mari kita sambut kegiatan ini dengan mempersiapkan segala sesuatunya untuk berkompetisi menjadi Calon Panitera Pengganti dilingkungan Peradilan Agama
Reply | Reply with quote | Quote
# Aad_Kalsel 2013-06-28 13:08
Saya sangat setuju dengan komentar dari saudara bai_paTsm 2013-06-24 10:01
sudah tau keterbatasan anggaran..knapa masih menyelenggaraka n test PP...bukankah waktu rekruitmen cpns dulu ada formasi CPP...itu aja tinggal di panggil untuk mengikuti Diklat PP dan setelah selesai Diklat langsung di SK kan menjadi PP, kecuali dari unsur Staf PNS yang baru atau sudah ada ijasah sarjana S.1 pengin ikut tes PP ya wajar. Sama seperti yang ikut Tes Cakim setelah lulus dan diangkat jadi PNS kan juga ga di suruh ikut tes cakim lg tinggal dipanggil mengikuti diklat lalu ditempat pd tmpt tugas masing-masing.K an kalau seperti itu ga ada pemborosan anggaran....
Reply | Reply with quote | Quote
# FAUZI PA. Sungaiiat Babel 2013-06-28 14:09
semoga dengan adanya perimaan PP baru SDM pada Pengadilan Agama semakin terpenuhi, tidak sedukitPA yang kekurangan tenaga PP.
Reply | Reply with quote | Quote
# Andi Fajaryani,SH 2013-07-02 08:57
Hadeeeuhhhhhh,, , sya dari pertama CPP (lbh dr 3 tahun) gak tau gimana nasibnya,, skr dah ada lgi tes CPP,,mana PTA Palembang gak kebagian tempat tes,,hadeeeuhhh ,,,
MENGHARUKAN :cry:
SABAR SABAR SABAR :-*
Reply | Reply with quote | Quote
# Andi Fajaryani,SH 2013-07-02 09:01
Saya dari PA Sekayu, dari awal masuk sbgi CPNS status CPP (dah lbh dari 3 tahun ),gak tau gmna nasibnya, skrg ada tes CPP lagi,, daerahku gak kebagian tempat tes,, hadeeeuhhhhhhh
Mengharukan :cry:
sabar sabar sabar :-*
Reply | Reply with quote | Quote
# # andi PA Sekayu palembang 2013-07-02 09:22
hadeeeuhhh..nas ib sya gimanaaaa,, dah 3 tahun lbih CPP, trnyata ada lagi tes CPP,,,di PTA palembang gak dapet tempat bwt tes lagi,,,
Mengharukan.... :cry:
Reply | Reply with quote | Quote
# A.M.Salampessy PTA Ambon 2013-07-19 06:57
Ditjen Badilag akan menyelenggaraka n ujian retrukmen calon Panti dari PNS sudah mantap tetapi yg lebih mantap lagi ada ujian Rekrutmen Cakim dari PNS (Panti)
Reply | Reply with quote | Quote
# A.M.Salampessy PTA Ambon 2013-07-19 07:19
Ditjen Badilag akan menyelenggaraka n ujian Rekrutmen calon PANTI dari PNS sudah mantap tetapi untuk lebih manta lagi ujian Rekrutmen Cakim dari PNS (Panti)
Reply | Reply with quote | Quote
# mutoib 2013-11-28 07:52
kapan pengumuman peserta yang lulus CPP PA Tahun 2013
Reply | Reply with quote | Quote
# Cathryn 2015-03-27 20:03
Pertama, dengan metode ini, Anda tidak perlu menghabiskan apa-apa.
Mereka menyesuaikan di browser yang berbeda, tanpa takut itu
mendapatkan terdistorsi di beberapa browser lain. Ketika Anda mengisi form login, browser akan menanyakan apakah informasi harus disimpan.

my web-site penyedia jasa pembuatan website: http://www.sebawebcreator.com
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage