logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 246

Dirjen Badilag Resmi Launching 8 Aplikasi Inovasi PTA Palu
DSC 3790

Palu|www.pta-palu.go.id

Mahkamah Agung terus berinovasi mewujudkan modernisasi pelayanan perkara bagi pencari keadilan dengan meluncurkan e-Litigasi, dimana proses beracara di pengadilan agama dapat dilakukan melalui media Teknologi Informasi.

Ditjen Badilag sendiri telah meluncurkan 9 aplikasi pendukung e-litigasi pada 18 September 2019 yang resmi dilaunching oleh Ketua Mahkamah Agung RI. Prof. Dr. H.M. Hatta Ali, S.H.,M.H. di Grand Hotel Mercure Harmini Jakarta.

9 aplikasi tersebut berhasil mengubah wajah peradilan agama menjadi jauh lebih modern, efektif dan efisien. Bagaimana tidak, jika selama ini kita sering melihat kondisi peradilan agama yang ramai dengan penumpukan pihak berperkara dan tidak ada kepastian sidang, maka melalui terobosan salah satu aplikasi tersebut yaitu aplikasi antrian sidang, jam persidangan bisa ditentukan oleh pihak berperkara sehingga tidak ada lagi penumpukan.

Sejalan dengan hal tersebut, PTA. Palu juga menciptakan 8 aplikasi pendukung kinerja kepaniteraan dan kesekretariatan.

Launching 8 aplikasi PTA. Palu oleh Dirjen Badilag dilaksanakan Selasa, 19 Nopember 2019 di hotel Santika Palu yang dihadiri oleh seluruh stake holder PTA. Palu, ketua, hakim, panitera dan sekretaris Pengadian Agama se Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tengah, Kapolda, Dandim, Danlanal, Kepala kejaksaan, Ketua DPRD, Kepala Pengadilan Tinggi Sulteng, Kepala Pengadilan Negeri Palu, Kepala PTUN Palu, Kepala Kementerian Agama, Ketua Ombudsman dan tamu undangan lainnya.

DSC 3805

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, Pembacaan Doa, Sambutan Ketua Panitia, sambutan Ketua PTA. Palu, Sambutan Dirjen Badilag dan Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Ketua PTA. Palu, Dr. Drs. H. Abu Huraerah, S.H.,M.H. menyampaikan bahwa peluncuran 8 aplikasi PTA. Palu merupakan upaya PTA. Palu mendukung modernisasi wajah peradilan melalui Teknologi Informasi dan sejalan dengan semangat e-litigasi dan 9 aplikasi Ditjen Badilag.

Terkait implementasi e-litigasi dan 9 aplikasi pendukungnya, mantan Ketua PTA. Maluku Utara tersebut menyampaikan bahwa seluruh Pengadilan Agama di wilayah PTA. Palu siap mengoperasikannya.

“Sebelum ayam berkokok tanggal 2 Januari 2020 e-litigasi telah diberlakukan di seluruh peradilan, termasuk peradilan agama, demikian juga dengan 9 aplikasi pendukungnya yang digagas oleh Dirjen Badilag, seluruh Pengadilan Agama di wilayah PTA. Palu siap mengimplementasikan”, ujarnya.

Dirjen Badilag, Dr. Drs. Aco Nur, S.H.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi luar biasa kepada Pengadilan Tinggi Agama Palu yang telah berinovasi menciptakan 8 aplikasi pendukung kinerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

DSC 3768

“Dari 8 aplikasi tersebut, 3 aplikasi telah saya catat akan saya ambil untuk diterapkan di seluruh Pengadilan Agama di Indonesia dan akan dibahas oleh tim Ditjen Badilag karena visinya sama yaitu bagaimana melayani masyarakat dengan baik”, ujarnya yang disambut tepuk tangan meriah undangan.

Adapun 8 aplikasi inovasi PTA. Palu tersebut adalah :

Aplikasi e-Justice

merupakan aplikasi pengawasan SIPP. Aplikasi e-Justice dapat digunakan Hakim Tinggi dalam melakukan pengawasan kesemua Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tengah tanpa harus datang ke Pengadilan Agama tersebut.

Aplikasi Si-Map (Sistem Informasi Managemen Arsip Perkara).

Merupakan aplikasi yang mengontrol arsip perkara dari Panitera Pengganti serta data arsip yang ada di SIPP maupun yang di luar SIPP sehingga pengarsipan perkara terkontrol dengan baik

Aplikasi Si-Mace (Sistem Informasi Monitoring perkara e-court)

Aplikasi ini dibangun berdasarkan Perma No. 3 Tahun 2018, juga sebagai pendukung e-Litigasi yang diluncurkan Mahkamah Agung beberapa waktu lalu

Aplikasi ini terintegrasi dengan SIPP sehingga melalui aplikasi ini mudah mendapatkan informasi progres penanganan perkara e-Court di wilayah PTA. Palu

Si-Terpana (Sistem Informasi Terpadu Pengadilan Agama)

Merupakan aplikasi berbasis android yang bisa didownload melalui playstore dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang perkaranya.

Aplikasi Teropong Kinerja

Merupakan aplikasi sistem informasi Penilaian Capaian Kinerja Aparatur Sipil Negara. Aplikasi ini dibangun berangkat dari kesulitan bagian kepegawaian dalam membuat SKP para ASN secara manual dan kesulitan dalam memonitoring capaian kinerja para pegawai.

Selain dapat mencetak SKP secara periodik, aplikasi ini juga dapat mencetak job description dan perjanjian kinerja seluruh ASN secara seragam.

Aplikasi Si Tatang (Aplikasi Sistem Informasi Tata Persuratan)

Merupakan aplikasi tata persuratan on line, dimana tata persuratan tidak dilakukan secara manual lagi.

Melalui aplikasi ini disposisi surat dapat dilakukan pimpinan secara on line dan setiap saat dimanapun berada serta pengarsipan surat lebih akurat dan mudah ditemukan karena berbasis teknologi.

Aplikasi Si Kepang (Sistem Informasi Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala dan Pensiun).

Merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan SIKEP yang dapat memberikan informasi tentang data pegawai, Kenaikan Pangkat, Kenaikan Gaji Berkala dan Pensiun

Aplikasi E-Darlin

merupakan aplikasi untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang informasi sesuai SK. KMA Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011.

Aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan di antaranya optimalisasi layanan informasi sehingga pencari informasi dapat memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat (CTA) dan memangkas jalur birokrasi serta akurasi pengelolaan dan pelaporan data terkait meja informasi. Dalam hal ini, dapat dipantau jumlah pencari informasi pada Pengadilan Agama secara cepat dan akurat.

DSC 3858

Pada kesempatan tersebut Dirjen Badilag juga melakukan teleconference dengan 10 Pengadilan Agama di wilayah PTA. Palu.

Melalui teleconference, Aco Nur memberi motivasi kepada seluruh satker untuk berpacu menghijaukan SIPP.

“Upaya Ditjen Badilag melakukan penilaian SIPP secara berkala tak lain untuk memberikan pelayanan maksimal bagi pencari keadilan sehingga seluruh satker agar betul-betul memperhatikan”, imbuhnya.

Mantan Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung tersebut juga memberikan apresiasi kepada dua Pengadilan Agama yang baik pengelolaan SIPPnya, yaitu PA. Donggala Kelas 1B (rangking 2 nasional) dan PA. Banggai kelas II (rangking 8 nasional).

“Pengadilan Agama lain agar belajar kepada dua Pengadilan Agama ini”,ujarnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan pengumuman lomba antar Pengadilan Agama wilayah PTA. Palu sekaligus penyerahan piagam penghargaan yaitu lomba SIKEP, ABS, Website, Ketepatan Laporan Keuangan dan Ketepatan Laporan Perkara

Setelah launching 8 aplikasi dilanjutkan dengan diskusi hukum, sosialisasi 9 aplikasi Ditjen Badan Peradilan Agama dan Pembinaan Dirjen Badilag.

(umiyilfath)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage