logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 174

Dirjen Badilag Membuka Secara Resmi Bimtek Layanan Penyandang Disabilitas

Malang | badilag.mahkamahagung.go.id

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H didampingi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Drs. H. Mohammad Yamin Awie, S.H., M.H. dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. membuka secara resmi Bimbingan Teknis Layanan Bagi Penyandang Disabilitas untuk wilayah Pengadilan Tinggi Agama Surabaya di Malang, Senin (22/11/2021). Sebelumnya, Dirjen Badilag meresmikan Pengadilan Agama Kabupaten Malang sebagai Pengadilan Inklusif.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 74 Peserta yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris Koordinator Wilayah (Korwil) wilayah PTA Surabaya, Hakim, Panitera Pengganti, Petugas PTSP, dan petugas keamanan.

image002

Pembukaan Kegiatan Oleh Bapak Dirjen Badilag

Ditjen Badilag telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 206/DJA/SK/I/2021 tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas di Lingkungan Peradilan Agama. Keputusan tersebut menjadi acuan pengadilan di lingkungan Peradilan Agama dalam memberikan pelayanan dan pemenuhan sarana penunjang bagi para pengguna layanan pengadilan berkebutuhan khusus (disabilitas).

Ditjen Badilag memandang perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada para aparatur pengadilan agar memiliki kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada penyandang disabilitas sesuai dengan standar yang ditetapkan dan dasar-dasar dalam penggunaan bahasa isyarat.

Tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi, kecakapan, dan keterampilan aparatur peradilan dalam memberikan pelayanan khususnya terhadap para penyandang disabilitas di pengadilan.

Saat membuka acara, Dirjen Badilag menyampaikan bahwa ketika melakukan peresmian pengadilan inklusif di Pengadilan Agama Kabupaten Malang, seorang wartawan bertanya tentang apakah efektif dan efisien apabila peradilan agama membangun sarana prasarana bagi penyandang disabilitas sementara angka pihak penyandang disabilitas di pengadilan agama masih belum terlalu tinggi? "Saya menjawab bahwa Peradilan Agama berkomitmen untuk memberikan keadilan bagi semua kalangan termasuk bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitasā€¯ ungkapnya.

Dirjen Badilag menambahkan bahwa pelayanan bagi penyandang disabilitas ini merupakan wujud kehadiran negara dalam menyediakan keadilan bagi semua. "Peradilan Agama hendak menjadikan institusi Peradilan agama yang responsive dan peka serta dapat diakses oleh seluruh pencari keadilan apapun kondisinyaā€¯ tegasnya.

Direktur Pembinaan Administrasi selaku Ketua Tim Pelaksana Bimbingan juga memberikan satu pesan khusus kepada para peserta bahwa salah satu tugas penting pengadilan adalah menciptakan kesetaraan akses bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga kaum difabel juga dapat memiliki kesempatan yang sama dalam memperjuangkan hak-hak hukumnya. "Inilah esensi pengadilan Inklusif" katanya.

image003

Pemaparan Materi Pelayanan Penyadang Disabilitas oleh Narasumber

Kegiatan ini mendatangkan Narasumber Ibu Zubaidah Ningsih AS, Ph.D.  dan Tim dari Pusat Studi dan Layanan Disbilitas Universitas Brawijaya (PSLD-UB). Dalam kesempatan teraebut,  materi yang disampaikan yaitu paparan kerjasama antara PSLD-UB dengan PA Kabupaten Malang, Jenis-jenis Disabilitas dan Hambatan-hambatannya dan Aksesibilitas Informasi Digital. Peserta juga diberikan materi praktek pendampingan terhadap penyandang tuli, netra, daksa dan mental.

image005Praktik Pelayanan Penyandang Disabilitas

Setelah pemaparan teori, Peserta juga diberikan materi praktek pendampingan terhadap penyandang disabilitas tuli, netra, daksa dan mental.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook