logo web

Dipublikasikan oleh #Admin_PA_Atb pada on . Dilihat: 264

Dirjen Badilag MA RI Berikan Pembinaan Teknis Di Satuan Kerja Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang

dirjen1

Atambua (08/12/2021) : Berlokasi di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI memberikan pembinaan kepada seluruh satuan kerja diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang. Pembinaan yang dilaksanakan pada Rabu (08/12/2021) ini disampaikan bareng dengan adanya agenda pelatihan singkat eksekusi perdata yang digelar di Kota Pariwisata ini.

Pembinaan kali ini diikuti oleh seluruh aparatur pada Pengadilan Agama sewilayah PTA Kupang yang dilakukan baik secara langsung atau tatap muka juga secara virtual.Orang nomor satu di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI ini memberikan beberapa poin-poin penitng yang merupakan isu pokok yang harus dijalankan, diantaranya : Pertama, Sistem Informasi Penulusuran Perkara (SIPP) pada seluruh satuan kerja di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang agar tahun depan supaya lebih ditingkatkan dan perlu digembleng lagi termasuk didalamnya memperhatikan masalah upload putusan dan minutasi perkara. Kedua, tetap perhatikan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) sehingga dapat diajukan untuk usulan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) bagi satuan kerja yang belum mendapatkan gelar atau predikat WBK tersebut. Ketiga, perlu diingatkan kembali bahwa satuan kerja dibawah Badilag MA RI harus mendukung program dari badan peradilan berstandar internasional, termasuk Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan satker yang berada dibawahnya; Keempat, pada tahun 2022 mendatang diupayakan bahwa seluruh satuan kerja menggunakan digitalisasi dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, termasuk salah satunya menggunakan aplikasi Kinsatker atau beberapa aplikasi yang baru-baru karena sampai dengan saat ini tercatat 22 inovasi Badilag yang merupakan program unggulan badilag.                                 

dirjen2Foto kegiatan pembinaan oleh Dirjen Badilag

 

Pada kegiatan ini pula turut dijadikan acara launching inovasi berbasis aplikasi milik Pengadilan Tinggi Agama Kupang yaitu inovasi Corrective Preventive Action Request (CPAR) online yang mana aplikasi tersebut merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kinerja dan layanan di lingkungan pengadlan agama se-wilayah PTA Kupang. Launching ini ditandai dengan pengoperasian aplikasi CPAR online ini beserta penyerahan manual book aplikasi tersebut. “Adanya inovasi aplikasi Corrective Preventive Action Request (CPAR) online ini diharapkan bisa membantu masyarakat ataupun satuan kerja diwilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang yang menemukan permasalahan dan akan memberikan masukan guna perbaikan baik Pengadilan Tinggi Agama Kupang atau satuan kerja se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Kupang”, ujar Aco Nur. Beliau juga menambahkan bahwa bukan tidak mungkin aplikasi inovasi CPAR online milik Pengadilan Tinggi Agama Kupang apabila kedepan sangat efektif bagi satuan kerja, maka akan diadopsi oleh Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI untuk dijadikan aplikasi CPAR online yang cangkupannya nasional.

dirjen3

Serah terima manual book CPAR Online

 

Di penghujung kegiatan, Dr. Drs. H. Sisva Yetti, S.H., M.H., selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang memberikan ucapan selamat kepada Badilag MA RI atas penghargaan TOP Digital Award 2021 Level 4 dan TOP Leader On Digital Implementation 2021 kepada Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H, selaku Dirjen Badilag MA RI. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kupang juga berikan kenang-kenangan berbentuk plakat yang diserahkan langsung kepada Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.

dirjen4

Foto serah terima kenang-kenangan dari PTA Kupang

 

Dengan adanya pembinaan teknis seperti ini, diharapkan kinerja Pengadilan Tinggi Agama Kupang dan seluruh satuan kerja dibawahnya dapat berprestasi lebih baik lagi pada tahun 2022 atau satu tahun kedepan.

Disamping pembinaan tersebut, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H didampingi oleh Dr. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag selaku Direktur pembinaan tenaga teknis badan peradilan Agama, pada hari Kamis, (09-12-2021) melakukan peletakan batu pertama Musholah Annur pada Pengadilan Agama Labuan Bajo, sebagai salah satu wadah pelayanan internal aparatur PA Labuan Bajo juga public secara umum.

dirjen5    dirjen6

Foto Peletakan batu pertama Musholah Annur PA Labuan Bajo

Kehadiran Musholah Annur ini tentunya akan dijadikan wadah dalam bimbingan mental (Bintal) aparatur pada Pengadilan Agama Labuan Bajo.

#Admin_PA_Atb

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook