logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 324

Dirjen Badilag Lakukan Pembinaan di PTA Mataram

WhatsApp Image 2021-12-13 at 18.07.14

Mataram, 12 Desember 2021

Bertepatan tanggal 12 Desember 2021 , pukul 20.00 WIT bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Mataram, Nusa tenggara Barat Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.di dampingi Pejabat Eselon II Sekretaris Ditjen Badilag MA RI Drs. H. Arief Hidayat, S.H., M.M. dan Hakim Yustisial Ditjen Badilag MA.RI. Abu Jahid Darso Atmojo, Lc., LL.M., Ph.D., dan Nastir Asnawi, S.HI., M.H.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Mataram mengucapkan selamat atas anugerah Top Leader tahun 2021 yang diberikan kepada Dirjen Badilag dalam mengemban Amanah memajukan Peradilan Agama dengan berbasis elektronik dalam melayani para pencari keadilan.

Aco Nur mengawali pembinaannya dengan terlebih dahulu meresmikan inovasi yang diterapkan pada seluruh satker wilayah Mataram yang dihadiri seluruh Ketua Pengadilan Agama wilayah Yuridiksi PTA Mataram, para Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris. Aco Nur mengapresiasi atas inovasi yang telah diluncurkan oleh PTA Mataram yang bertujuan untuk memajukan kinerja dilingkungan wilayah PTA Mataram demi mewujudkan peradilan agama yang modern berkelas dunia.

Inovasi yang di lounching kali ini diantaranya adalah :

Cloud :

Merupakan media informasi dalam penyampaian dokumen perkara banding ke Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang bertujuan mempercepat proses pengiriman berkas perkara banding, proses registrasi perkara banding, proses distribusi dan pemeriksaan perkara banding oleh Majelis Hakim dan pemeritahuan dan penyampaian salinan putusan ke Pengadilan Agama Pengaju.

Daftar persyaratan yang harus dipenuhi dan diupload oleh Pengguna sebelum melakukan pengajuan layanan yaitu

  1. Bundel A (Pdf)
  2. Bundel B (Pdf)
  3. Salinan Putusan (Word/Rtf)
  4. Memori Banding (Word/Rtf)
  5. Kontra Memori Banding (Word/Rtf)

Notifikasi

Merupakan media pemberitahuan langsung kepada pejabat terkait dan pihak pengaju terkait kelengkapan berkas, registrasi berkas perkara dan notifikasi putusan yang dikirim melalui Whatsapp yang tercantum pada SIPP pengadilan Tingkat Pertama

Notifikasi perkara bersumber dari data SIPP Satuan Kerja Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Mataram yang telah tersingkronisasi dengan server Pengadilan Tinggi Agama Mataram.

Notifikasi yang dilayani adalah :

  1. Informasi berkas perkara banding telah diterima
  2. Informasi kelengkapan berkas perkara banding
  3. Informasi berkas perkara banding telah diregistrasi
  4. Informasi perkara banding telah diputus

ASVIR

Merupakan media tanya jawab/helpdesk dama bentuk Whatsapp bot dan Chat interaktif yang tersambung ke masing-masing petugas layanan Pengadilan Tinggi Agama Mataram, untuk mengetahui informasi bisa mengirimkan pesan dengan kata kunci info ke no asvir

Layanan ASVIR memberikan beberapa pelayanan:

  1. Pengaduan
  2. Syarat Berperkara.
  3. Prosedur Berperkara.
  4. Biaya Perkara Banding.
  5. E Court
  6. Anggaran

Pelayanan dapat diakses oleh siapa saja tanpa kecuali bagi yang membutuhkan layanan informasi sekitar peradilan agama dan hukum sesuai tugas dan fungsi yang telah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan

Live Chat

Pelayanan yang memungkinkan untuk menjawab segala pertanyaan, keluhan, permintaan pelanggan secara real time, Layanan Chat Interaktif/Video Call dalam bentuk Whatsapp maupun Live Chat yang tersedia diwebsite. Anda akan terhubung langsung dengan Petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Petugas kami akan siap, dan sigap menjawab permasalahan Anda.

Berikut ini layanan yang online yang kami sediakan adalah:

  1. Layanan Keperkaraan.
  2. Layanan Administrasi Perkantoran.
  3. Layanan Informasi dan Pengaduan.

Anda dapat Chatting dengan kami melalui Fitur Livechat yang tersedia dibagian kanan bawah website atau dapat melakukan Video Call melalui Nomor Whatsapp yang tersedia.

3 in 1

3in1 adalah Layanan One Day Minute, One Day Publish, dan One Day Send, dimana dalam penyelesaian berkas perkara harus selesai selama 1 x 24 jam dan pada hari itu berkas salinan putusan banding sudah dikirim ke pengadilan agama pengaju.

30 Hari

Layanan Percepatan Penyelesaian Perkara selama 30 hari.

Qr Code

Merupakan pengalihan arsip perkara (Hardcopy) Kepada arsip yang bentuk digital, Digitalisasi ini sebagai kelanjutan dari Layanan Cloud yang telah terhimpun dokumen berkas banding secara digital.

Pembinaan yang disampaikan Aco Nur adalah mengevaluasi kinerja triwulan, penilaian SIPP, Website, Dekorum, Penyerapan anggaran, dengan tujuan agar semua hasil kinerja dievaluasi dan meningkatkan kualitas produk pengadilan dan pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan karena dengan evaluasilah suatu roda organisasi program kerja bisa dilaksanakan dengan rapi, tertip, disiplin dan berkualitas.

Setiap warga peradilan agama harus berprinsip bekerja dengan penuh ikhlas, semangat, kaya ide gagasan, inovasi dan berjiwa pejuang untuk bersama-sama memajukan peradilan agama dan tidak pernah mengeluh, tegas Aco Nur.

WhatsApp Image 2021-12-13 at 18.07.15

Aco Nur menekankan agar permasalahan yang diajukan oleh masyarakat ke Pengadilan Agama bisa diselesaikan dengan perdamaian dengan mengoptimalkan peran Hakim Mediator, dan dalam hal ini Badilag berkomitmen memberikan reward bagi para Hakim yang berhasil dalam mendamaikan para pihak yang berakhir dengan perdamaian kedua belah pihak.

Dalam penyelesaian perkara, satker wilayah yuridiksi PTA Mataram memiliki tanggung jawab untuk segera menyelesaiakan masalah eksekusi sesuai dengan aturan yang berlaku secepat mungkin dan tidak terjadi penumpukan yang berkepanjangan. Dan Penyerapan anggaran harus segera direalisasikan sehingga diakhir tahun 2021 peradilan agama dapat mewujudkan semua program sejak awal januari hingga Desember 2021.

Di akhir pembinaannya Aco Nur menegaskan bahwa untuk mewujudkan kepemimpinan transformatif harus memiliki prinsip, Ikhlas bekerjam menjaga integeritas, dating lebih awal dan pulang lebih larut demi menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, terbuka dengan perubahan dan gagasan baru, tidak pelit mengapresiasi bawahan, membentuk tim-tim kecil yang efektif dalam membuat program yang brilliant, menciptakan atmosfer bekerja yang positif, selalu optimis dalam melangkah dalam menjalankan Amanah dari pimpinan demi lembaga dan organisasi. Mari kita Bersama-sama melangkah dan berjuang demi umat dengan pantang menyerah.( AJ/NA)

Foto : PTA Mataram

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook