logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 6712

Dirjen Badilag Kunjungi PA Kabanjahe


Dirjen Badilag  (kiri) Sedang memeriksai Buku Register di ruang Kepaniteraan,  disaksikan oleh KPA Kabanjahe (tengah)  dan KPTA Medan (kanan).

Kabanjahe | pa-kabanjahe.net

Sabtu (25/5/2013), Pengadilan Agama Kabanjahe ditunggui oleh beberapa orang pegawai dan hakim. Beda dari biasanya, di hari libur kantor ini tidak beraktifitas dan hanya dijaga oleh pramubakti yang diamanati tugas untuk itu.

Perbedaan ini berdasarkan koordinasi apik dari Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe, Drs. Khoiruddin Harahap yang menyatakan bahwa Pengadilan Agama di Tanah Karo Simalem ini berkesempatan mendapat kunjungan terhormat dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Drs. H. Purwosusilo, SH, MH.

Menempuh perjalanan dari Kota Medan ke Kabanjahe tidak semulus yang dibayangkan. Macet berat mendera di sepanjang perjalanan. Ramainya pengunjung dari luar Kabanjahe ke daerah yang terkenal dengan Kota Berastaginya ini memaksa rombongan Pak Dirjen untuk bersabar lebih lama menyusur jalanan dihiasi pemandangan perbukitan dan udara dingin. Hingga akhirnya setelah lebih kurang empat jam perjalanan, Pak Dirjen tiba di Kantor Pengadilan Agama Kabanjahe.

Jarum jam menunjukkan angka 6.00 WIB sore hari. Pak Dirjen didampingi Ketua Pengadilan Tinggi Agama Medan Drs. H. Soufyan M. Saleh, SH dan rombongan tiba dan disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe bersama pegawai dan hakim yang hadir. Wakil Ketua dan Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Kabanjahe karena sedang berada di luar kota tidak berkesempatan hadir.

Namun demikian semangat kebersamaan yang dimiliki Pengadilan Agama Kabanjahe tetap terasa lengkap sebagaimana ditunjukkan dalam persiapan dan pelaksanaan kunjungan orang nomor satu di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama ini.

Dirjen Badilag disaksikan KPA Kabanjahe mempertanyakan berkas perkara yang berada di atas meja WKPA yang masih proses konsep putusan

Pak Dirjen langsung mengamati, menganalisa, dan memeriksa kelengkapan yang tersedia di ruang lobi kantor. Panjar biaya perkara yang terpampang di dinding, struktur organisasi, hakim mediator, visi misi, meja informasi, semua tidak luput dari pantauan.

Tidak jarang dialog dan tanya jawab dilontarkan oleh Pak Purwo, sapaan akrabnya, dengan Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe maupun dengan pegawai dan hakim. Simpeg, Siadpa, dan info perkara juga dibuka disaksikan langsung oleh Pak Dirjen disertai masukan dan bahkan kritikan konstruktif bagi kemajuan Pengadilan Agama khususnya Pengadilan Agama Kabanjahe.

Tidak berhenti disitu saja, dalam waktu yang cukup sempit dan terbatas seluruh isi Pengadilan Agama Kabanjahe tidak ingin dilewatkan Pak Dirjen sia-sia. Ruang kesekretariatan maupun kepaniteraan yang identik dengan perkara sebagai wujud pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengadilan juga diperiksa.

Seluruh ruangan yang ada di lantai I dan lantai II tidak bisa dibilang tidak menjadi objek pengamatan serius. Ruang sidang, mediasi, kamar hakim, pustaka, termasuk ruangan pimpinan tidak ada yang dilewatkan. Berkas perkara yang terlihat oleh Pak Dirjenpun juga ia buka. Dialog dan tanya jawab terus bergulir di sela-sela pemeriksaannya itu.

Setelah dirasa cukup, Pak Dirjen menyempatkan berbagi pengalaman di ruang Ketua Pengadilan Agama Kabanjahe. Diselingi minuman teh hangat dengan paduan kue, pengalaman yang disampaikan seolah-olah melupakan rasa atas hembusan dinginnya udara. Memberi perhatian serius, motivasi, support agar senantiasa berusaha berkinerja lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik dalam mengemban tugas.

Tanpa terasa jarum jam sudah menunjukkan angka 8.00 WIB. Dua jam lebih kurang menyempatkan waktu di Kantor Pengadilan Agama Kabanjahe, Pak Dirjen bersama rombongan melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Medan.

Dirjen Badilag sedang melihat berbagai informasi PA Kabanjahe melalui Komputer di meja informasi

Kunjungannya di Pengadilan Agama Kabanjahe adalah dalam rangkaian acara Kegiatan Bimbingan Teknis Hukum Ekonomi Syariah yang diselenggarakan Pengadilan Tinggi Agama Medan di Medan. Dua jam di Pengadilan Agama Kabanjahe, singkat namun syarat manfaat. Selamat dan terimakasih, Pengadilan Agama Kabanjahe siap menunggu kunjungan Pak Dirjen berikutnya!. (A. Sy, 25 Mei 2013)

.
Comments  
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-06-12 13:15
Salut dan apresiasi saya untuk Pak Dirjen!
Di sela2 kesibukan Beliau mengikuti acara Bimtek Ekosyar di Medan, beberapa PA sempat dikunjungi.
PA Stabat, PA Lubuk Pakam dan kemudian PA Kabanjahe.
Bahkan luar biasanya, di hari libur pun (Sabtu) Pak Dirjen meluangkan waktunya ke PA Kabanjahe yang ditempuh 4 jam perjalanan darat.
Satu kehormatan besar buat PA Kabanjahe yang mendapatkan kunjungan Sabtu dari orang nomor satu di Badilag!
Semoga Allah Swt.senantiasa memberikan kesehatan dan kekuatan kepada Pak Dirjen hingga PA-PA lain pun pada gilirannya nanti mendapatkan kunjungan pula dari Pak Dirjen.

Kapan Pak Dirjen ke PA Nunukan, PA baru di perbatasan Indo-Mal di ujung utara Kaltim?
Pak Dirjen sudah pernah ke PA Tarakan tahun 2011 bersama Prof.Manan dan Pak Zainuddin Fajari.
Dari Tarakan ke Nunukan, tinggal 2 setengah jam perjalanan laut atau 20 menit dengan pesawat.
Para pejuang hukum di PA Nunukan menunggu kunjungan Bapak!
Reply | Reply with quote | Quote
# A Mahfudin PA Tanggamus 2013-06-12 14:26
Selamat kepada PA Kabanjahe yang telah dikunjungi oleh Dirjen Badilag, mudah-mudahan dapat menjadi semangat baru dalam meningkatkan pelayanan kepada pencari keadilan
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-06-12 15:00
Suatu kehormatan yang luar biasa diperoleh Pengadilan Agama di Tanah Karo Simalem ini mendapat kunjungan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Drs. H. Purwosusilo, SH, MH., kunjungan ini dalam rangkaian acara Kegiatan Bimbingan Teknis Hukum Ekonomi Syariah yang diselenggarakan Pengadilan Tinggi Agama Medan di Medan. Dua jam di Pengadilan Agama Kabanjahe, singkat namun syarat manfaat. Selamat dan sukses untuk Pengadilan Agama Kabanjahe .
Reply | Reply with quote | Quote
# ELGHANI PTA AMBON 2013-06-13 05:49
Slamat tuk kluarga besar PA KABANJAHE yg tlah mendapat kunjungan PAK DIRJEN.smoga menjadi energi penyulut semangat kerja lebih hebat lagi.amien. lalu kapan ya PAK DIRJEN sempat berkunjung ke PTA AMBON dan PA- PA SE wilayah PTA AMBON ?
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari 2013-06-13 06:42
Jauhnya jarak tempuh yang disertai dengan suasana macet tidak menjadikan semangat pak Dirjen surut untuk mengunjungi PA Kabanjahe, hal ini menunjukan betapa tingginya kepedulian pak Dirjen terhadap PA.Semoga kunjungan ini menjadi suplemen khusus bagi warga PA Kabanjahe dalam meningkat semangat kerja yang lebih baik lagi.Good luck
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-13 06:50
SEMOGA PA KABANJAHE menjadi PA. yang inovatif di wilayah sumut karena mendapat kunjungan kehormatan dari Pak Dirjen
Reply | Reply with quote | Quote
# AFFAN PA. GRESIK 2013-06-13 07:12
selamat buat bpk dirjen atas kunjungannya ke PA .Kabanjahe semoga PA. kabanjahe tambah lebih baik di segala hal
Reply | Reply with quote | Quote
# suryadi-PA Tondano 2013-06-13 07:26
sukses sll utk PA Kabanjahe...
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-06-13 07:33
Salut dan apresiasi yang luar biasa untuk Pak Dirjen, ini memang blusukan untuk peningkatan kinerja, mudah2an dalam waktu dekt juga mengunjungi PA2 lain, sehingga masa jabatan pak Dirjen ini bisa mengunjungi seluuruh PA2 di Indonesia..
Reply | Reply with quote | Quote
# T.Wahyudi PTA Banten 2013-06-13 08:01
Selamat atas kunjungan Pak Dirjen Badilag MARI ke PA Kabanjahe, mudah2n dengan kunjungan kehormatan Pak Dirjen tersebut, memberikan motivasi dan suplemen kepada segenap keluarga besar PA Kabanjahe untuk bekerja lebih semangat, kompak dan lebih maju lagi..........
Reply | Reply with quote | Quote
# Rio Satria 2013-06-13 08:16
Selamat buat PA Kabanjahe yang mendapat kunjungan dari Pak Dirjen, semoga menambah motivasi kerja.
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@pta pdg 2013-06-13 08:17
Apresiasi positif buat Bapak Drs.H.Purwosusi lo, SH, MH.,Dirjen Badilag MARI dalam waktu singkat masih berkenan mengunjungi PA Kabanjahe Semoga banyak mamfa'at Khusus buat Ketua PA Kabanjahe berbahagialah telah dikunjungi oleh orang nomor satu di Ditjen Badilag semoga kunjungan ini dapat menambah semangat dalam meningkatkan kinerja. Amin :roll:
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@pta pdg 2013-06-13 08:17
Apresiasi positif buat Bapak Drs.H.Purwosusi lo, SH, MH.,Dirjen Badilag MARI dalam waktu singkat masih berkenan mengunjungi PA Kabanjahe Semoga banyak mamfa'at Khusus buat Ketua PA Kabanjahe berbahagialah telah dikunjungi oleh orang nomor satu di Ditjen Badilag semoga kunjungan ini dapat menambah semangat dalam meningkatkan kinerja. Amin :roll:
Reply | Reply with quote | Quote
# Zulkifli Sgr/KMS Lsk. 2013-06-13 08:52
Selamat kepada teman-teman di PA Kabanjahe yang telah mendapat kehormatan dikunjungi Pejabat-pejabat dari Pusat dan dari Tk. Banding. Tetaplah bekerja sungguh-sungguh dan terus berinovasi sebab kunjungan para pejabat akan terus berlanjut dan bisa tanpa pemberitahuan sebelumnya alias semacam "sidak". Banyak tamu banyak manfaat.
Reply | Reply with quote | Quote
# MAME SADAFAL PA KAB KEDIRI 2013-06-13 09:06
Ditengah kesibukan Bpk Dirjen Badilag dalam rangka menghadiri Bimtek Ekonomi Syari'ah di Medan masih berusaha membagi waktunya untuk melihat secara langsung kinerja beberapa PA di Wil.PTA Medan sudah barang tentu beliau letih akan tetapi seorang nakoda kapal raksasa, kelelahan itu tak terasa ketika sang nakoda sementara memegang kemudi kapal secara langsung itulah sang Begawan kita.Kepada semua warga PA mari kita do'akan beliau selalu dalam ridho Allah swt.amien
Reply | Reply with quote | Quote
# M. Yamin/PA. Gtlo 2013-06-13 09:35
Evaluasi secara insidentil sangat diperlukan dalam rangka penguatan kapabilitas. Kehadiran pak Dirjen diperlukan dalam rangka memotivasi semangat kerja serta dapat memberi nilai-nilai positiv dalam pengembangan Badilag, utamanya SDM aparaturnya.
Reply | Reply with quote | Quote
# SUHADAK PA DENPASAR 2013-06-13 12:09
Pak Dirjen yg bersahaja,tentu nya tdklah kaget datang dilokasi yg berat2 medanya,mgkn seluruh penjuru Kota sudah didatangi maklum beliau mantan bawas, tentunya sangat menguasai medan dan Mantan Panmud di MA tentu sangat menguasai Hukum Acara, Bindalmin, apalagi bedah berkas. Gaya beliau yg cenderung tdk menyalahkan tapi dg cara memberi contoh yg baik, membuat hangat suasana dan enak terasa. Pastinya PA yg dikunjungi ingin sgr berbenahuk lebih baik setelah kunjungan beliau. smg sehat selalu amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs. Cece Rukmana Ibrahim,SH. Ketua PA. Cibadak 2013-06-13 15:54
Selamat buat PA. Kabanjahe yang telah memperoleh kehormatan dikunjungi PAK. DIRJEN, semoga sukses selalu untuk PA. Kabanjahe, terutama salam buat pak Ketua PA.Kabanjahe
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs. Cece Rukmana Ibrahim,SH. Ketua PA. Cibadak 2013-06-13 15:54
Selamat buat PA. Kabanjahe yang telah memperoleh kehormatan dikunjungi PAK. DIRJEN, semoga sukses selalu untuk PA. Kabanjahe, terutama salam buat pak Ketua PA.Kabanjahe
Reply | Reply with quote | Quote
# Alimuddin M.PA.Denpasar 2013-06-16 08:09
Kunjungan Pak Dirjen, hendaknya kita jadikan sebagai motivator untuk bekerja lebih baik.
Sebenarnya tanpa kunjungan pejabat dari pusat maupun daerah, kita pun bisa melihat kekurangan-keku rangan kita, kalau kita mau. Karena parameter yang kita pakai sama, yaitu hukum acara dan pola bindalmin. Makanya, pengawasan internal secara konsisten, sangat efektif untuk memperbaiki kinerja setiap satker PA. semoga!
Reply | Reply with quote | Quote
# Faizal Kamil,KPA Bengkalis 2013-06-16 11:23
Mudah2an hasil kunker. pak Dirjen.Badilag dpt. memberikan manfaat dan kemajuan bagi PA Kabanjahe...kee p spirit !
Reply | Reply with quote | Quote
# daswir tanjung 2013-06-19 10:12
Kunjungan Badilag sangat penting, tapi kunjungan itu bukan sekedar kunjungan seharusnya mencari apa yang dikemukakan oleh pihak lain kepada kita tentang buruknya dalam menyelesaikan perkara terutama masalah putusan, bukti - bukti yang ditemukan di lapangan dijadikan bahan dalam pelatihan- pelatihan yang diadakan oleh badilag, sekarang selain putusan, orang sudah mengakui, tapi masalah putusan yang menjadi mahkota,yang dianggap remeh. bagi tutur juga menjadi perhatian, jangan bahan tahun sembilan puluhan, itu juga yang diberikan dalam pelatihan, pada hal hukum itu cepat berkembang dalam masyarakat.apab ila mindset semua pihak tidak berubah, yakinlah dimasa mendatang, kita tetap diremehkan. perlu kita camkan bersama, demi perbaikan Peradilan Agama ke depan.
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep sm PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-06-21 07:37
Selamat dapat kunjungan, semoha jawa juga di kunjungi biar tambah gairah kerja
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage