logo web

Dipublikasikan oleh Hirpan Hilmi pada on . Dilihat: 844

Dirjen Badilag buka Acara Review Pedoman APM

Bekasi | badilag.mahkamahagung.go.id

Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. didampingi Sektditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dan Dirbiganis Dr. Chandra Boy Serosa, S.H., M.H. membuka acara review pedoman Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Bekasi, Rabu (20/3/2108).

Aco Nur berbicara bahwareview pedoman APM merupakan komitmen Ditjen Badilag dalam rangka melanjutkan peningkatan kualitas peradilan agama terutama menyangkut pelayanan pengadilan agama kepada masyarakat pencari keadilan.

Sejak tahun 2017, Ditjen Badilag telah melaksanakan dan menerapkan APM terhadap 359 Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah dan 29 Pengadilan Tinggi Agama/ Mahkamah Syaríyah Aceh di Seluruh Indonesia.

Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan pemeliharaan, pemantauan, menjaga konsistensi dan mengevaluasi penerapan Sistem APM dengan melakukan penyempurnaan dan review pedoman APM.

Aco Nur menegaskan keberhasilan suatu program salah satunya karena berkualitasnya pedoman. Untuk itu, Ditjen Badilag menghadirkan beberapa pihak yang memiliki kompetensi yaitu beberapa Asesor APM serta Auditor Badan Pengawasan MA RI.

Dirjen berharap selama 3 hari kegiatan dapat menghasilkan pedoman APM yang mengakomodir perkembangan dan kebutuhan peradilan agama. Saat ini peradilan agama sudah menerapkan register dan keuangan perkara secara elektonik. Diharapkan juga, pedoman yang baru dapat mengakomodir Zona Integitas (ZI) dan Reformasi Birokrasi (RB).  

Aco Nur berpesan bahwa dalam mengakomodir ZI dalam Pedoman APM harus sesuai dengan Permenpan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Lingkungan Instansi Pemerintah. Juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2015 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2015-2019.

Terkait ZI, kembali mengingatkan pimpinan Pengadilan Agama sampai kebawahnya harus mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun ZI. Dan perubahan pola pikir dan budaya kerja pada semua unsur Pengadilan Agama dimulai dari Ketua Pengadilan, Hakim, Panitera sampai dengan Pegawai Tidak Tetap.

Aco Nur berharap mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi batu lompatan menuju peradilan yang modern berbasis teknologi informasi, beorientasi melayani masyarakat sehingga kinerja dan pelayanan peradilan agama menjadi semakin berkualitas dan semakin memuaskan masyarakat pencari keadilan. (abu jahid – hirpan hilmi)

Comments  
# Muhammad Amin/MS.Lsm 2019-03-21 12:36
Sebuah upaya yang harus dilakukan untuk menjaga konsistensi penerapan APM. Karena disinyalir ada sebagian yang pelaksanaan APM hanya saat akan ada penilaian/asses ment (?) Sekali lagi, masalah Leardership seorang pimpinan masih ada yang mesti "dipertanyakan" (?) والله اعلم
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Ruteng 2019-03-21 13:45
In sha Allah, semua kita mempunyai komitmen yang kuat untuk membangun ZI. Dan perubahan pola pikir dan budaya kerja pada semua unsur Pengadilan Agama dimulai dari Ketua Pengadilan, Hakim, Panitera sampai dengan Pegawai Tidak Tetap.
Reply | Reply with quote | Quote
# waljon siahaan 2019-03-21 14:14
salah satu kelemahan PA adalah menyusun manajemen resiko. Kalau dimungkinkan, Badilag menyusun manajemen resiko, sedang PA hanya menitoring dan evaluasi, lebih ideal lagi jika form monitring dan evaluasi sibuat. demikian, sebagai masukan
Reply | Reply with quote | Quote
# waljon siahaan 2019-03-21 14:19
Ass, salah satu kelemahan di PA aalah tentang menyusun manajemen resiko sehingga utk efektif pelaksaan APM, kiranya Badilag menyusun Manajemen resiko sehingga PA hanya monitoring dan evaluasi, Dmk dan terima kasih
Reply | Reply with quote | Quote
# ELIDASNIWATI - PA SE 2019-03-22 06:01
Semoga acara ini akan melahirkan Review Pedoman APM yang dapat digunakan secara seragam khususnya di Pengadilan Agama Seluruih Indonesia.
Reply | Reply with quote | Quote
# muslih - PA Medan 2019-03-22 09:25
Dapat dipedomani revieu APM baru
Reply | Reply with quote | Quote
# ahmad nasohah 2019-03-22 16:55
semoga semua ikhtiar yang kita lakukan mendapat kemudahan dan bisa berhasil demi pelayanan dan kepuasan pencari keadilan
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@pta mdn 2019-03-25 10:05
In sya Allah PA lebih cepat menuju peradilan yg modern dari 4 lingkungan peradilan yg ada yaqiiinlah !!! mari qita awali dengan Bismillah Tawakkaltu 'ala Allah
Reply | Reply with quote | Quote
# Faisal Sastra 2019-03-28 09:50
Semoga dengan kegiatan yang dapat memberi motivasi untuk terus bergerak maju ke depan dari Bapak Dirjen mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya pencari keadilan sehingga, mampu menopang visi mewujudkan badan peradilan yang agung di masa yang akan datang.aamiin
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage