logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 398

Dirjen Badilag Berikan Pembinaan Program Prioritas Badilag Kepada Pengadilan Agama Sewilayah III Cirebon

WhatsApp-Image-2022-09-23-at-11.35.12-1

Cirebon | www.pa-cirebon.go.id | (21/09/2022).

Setelah menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Agama Cirebon, Abdul Halim, S.H.I., M.H, Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. melanjutkan kegiatannya melakukan pembinaan kepada seluruh Pimpinan, dan Hakim, serta sejumlah pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Sewilayah III Cirebon. Pembinaan selain diberikan oleh Dirjen Badilag, juga diberikan oleh YM Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H., Sesditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M., Dirbinganis Badilag Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag., dan Dribinadmin Badilag Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H..

WhatsApp-Image-2022-09-23-at-12.39.09

Dalam pembinaan tersebut, Dirjen Badilag menegaskan bahwa Badilag sesuai dengan cita-citanya untuk mewujudkan Peradilan Agama Berkelas Dunia, telah berhasil meraih berbagai penghargaan nasional dan telah membuat berbagai kebijakan salah satunya kebijakan untuk melindungi hak perempuan dan anak lewat gugatan mandiri. Ia mendorong Pengadilan Agama khususnya Pengadilan Agama Sewilayah III Cirebon untuk mengimplementasikan seluruh kebijakan program prioritas Badilag di antaranya peningkatan pemanfaatan e-Court dan e-Litigasi, peningkatan keberhasilan mediasi serta optimalisasi penggunaan gugatan mandiri bagi masyarakat pencari keadilan. Untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik, maka harus dilakukan monev secara rutin oleh Pimpinan.

Pembinaan berikutnya oleh YM Hakim Agung Dr. H. Edi Riadi, S.H., M.H., yang memaparkan bahwa putusan yang dibuat oleh Para Hakim harus memuat tiga aspek penting, antara lain moral justice, social justice, dan legal justice agar benar-benar menjadi mahkota bagi hakim itu sendiri. Beliau menambahkan, Para Hakim harus menggali fakta sebanyak-banyaknya agar putusan yang dihasilkan bias lebih memenuhi rasa keadilan.

Sesditjen Badilag Drs. Arief Hidayat, S.H., M.M. dalam materi pembinaannya menginformasikan bahwa Badilag pada TPM terkahir telah menerapkan pencairan uang pindah dicairkan seminggu setelah pejabat yang bersangkutan dilantik. Ia juga memberikan motivasi agar seluruh unsur aparatur Pengadilan Agama sewilayah III Cirebon berani keluar dari zona nyaman. Ia bahkan menantang Pengadilan Agama Sewilayah III Cirebon untuk membuat inovasi yang menyentuh langsung kepada masyarakat pencari keadilan yang belum pernah ada di tempat lain.

 WhatsApp-Image-2022-09-23-at-11.35.12 WhatsApp-Image-2022-09-23-at-11.35.12-2 

Sesi pembinaan selanjutnya diisi oleh Dirbinganis Badilag Dr. H. Candra Boy Seroza, S.Ag., M.Ag.. Pak Boy begitu ia akrab disapa membahas hal terkait teknis TPM bagi pejabat teknis yang diatur dan disesuaikan dengan kebijakan Mahkamah Agung dan juga menyesuaikan dengan anggaran, untuk system TPM Hakim Tinggi selain dari pimpinan didasarkan pada hasil eksaminasi. Ia juga mendorong agar program prioritas Mahkamah Agung dan Badilag tentang perlindungan terhadap perempuan dan anak benar-benar diterapkan pada putusan hakim agar Pengadilan Agama tidak dicap hanya sekadar tempat untuk bercerai, begitupun kepada Pimpinan didorong untuk meningkatkan kualitas SDM dengan mengadakan diskusi seputar kebijakan dan perkembangan hukum terkini.

WhatsApp-Image-2022-09-23-at-11.35.12-3

Dribinadmin Badilag Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. sebagai pemateri terakhir menegaskan agar seluruh Pengadilan Agama Sewilayah III Cirebon meningkatkan kuantitas pemanfaatan aplikasi Gugatan Mandiri dan meningkatkan kuantitas penggunaan aplikasi e-Court bagi Pengguna Lain yakni masyarakat pencari keadilan. Pengadilan Agama harus bisa mengarahkan masyarakat untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dengan maksud agar masyarakat muslim terbiasa menggunakan teknologi sehingga kita sebagai umat Islam tidak selalu tertinggal dari umat lainnya.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan khidmat yang ditutup dengan doa dan sesi foto bersama. (Handika & Retno/AQ)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice