logo web

Dipublikasikan oleh Admin Badilag pada on . Dilihat: 721

146 pasangan Mengikuti Itsbat Nikah di Malaysia Hasil Kerjasama Ditjen Badilag, PA Jakarta Pusat, Kemenag RI, KBRI dan KJRI Malaysia

Itsbat Nikah hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI html d56e7ef9396f2a1

Itsbat Nikah hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, KBRI Kuala Lumpur, Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Kementerian Agama RI, KJRI Johor Baru dan KJRI Pinang Malaysia yang dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpurdibuka secara resmi pada hari Senin, tanggal 24 Juli 2023.

Itsbat Nikah hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI html d1e314180801b964

Jumlah peserta itsbat nikah ini sebanyak 146 pasangan, 100 pasangan dari KBRI Kuala Lumpur, 26 pasangan dari KJRI Johor Baru, Malaysia dan 20 pasangan dari KJRI Pinang, Malaysia. Untuk sidang itsbat nikah dari KJRI Johor baru akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2023 sedangkan KJRI Pinang pada hari Kamis tanggal 27 Juli 2023.

Itsbat Nikah hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI html 1aa068047d675672

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI diwakili oleh Drs. Arief Hidayat, S.H., M.H. (Sekretaris Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI), dalam sambutannya menjelaskan bahwa Negara hadir untuk melindungi hak dan kepentingan warganya yang berada di luar negeri. Dan sejak tahun 2011 hingga bulan Juni 2023 sudah menerima perkara itsbat nikah luar negeri sebanyak 5507 pasangan yang telah dilaksanakan di negara Malaysia, Arab Saudi dan Korea Selatan. Pentingnya pelaksanaan itsbat nikah ini karena akan mengeluarkan dokumen pernikahan, akte kelahiran, keimigrasian dan kewarisan. Kementerian Agama RI diwakili oleh Kepala Subdit Mutu Sarana dan System Informasi Direktorat Guna KUA dan Keluarga Sakinah, menyampaikan di tahun 2014 kegiatan ini diprakarsai oleh mantan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Drs. Wahyu Widiyana, M.A. bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2). Dan untuk tahun 2024 kementrian Agama sudah menyiapkan buku nikah sejumlah 5% dari jumlah peristiwa itsbat pada tahun ini.

Itsbat Nikah hasil Kerjasama antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI html 1b62a1fc9fb9da36

Wakil Kepala perwakilan KBRI Kuala Lumpur, Ibu Rossy Verona Malaysia mengharapkan KJRI Johor Baru, Malaysia dan KJRI Penang, Malaysia dapat melaksanakan kegiatan ini secara mandiri pada tahun depan sehingga kuota penerimaan untuk itsbat nikah KBRI Kuala Lumpur bisa maksimal. Akhir sambutan tersebut sekaligus membuka secara resmi kegiatan itsbat nikah di KBRI Kuala Lumpur, Malaysia. (pa-jakartapusat.go.id, AQW)

 

 

 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice