logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 661

PUASA DALAM SEJARAH UMAT TERDAHULU DAN UMAT ISLAM

Oleh :Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I.

(Hakim Madya Pratama Pengadilan Agama Blambangan Umpu)

Sejarah Asal Muasal Puasa

Syariat puasa adalah salah satu dari tiga ibadah yang sama tuanya dengan umur manusia sebagai khalifah di muka bumi. Dua ibadah lainya adalah shalat, disebutkan dalam surat al Mudatstsir ayat 40-43, sementara Qurban disebutlan dalam surat al Maidah ayat 27. Jadi puasa sudah dijalankan sejak lama manusia sebagaimana disebutkan dalam surat al Baqarah ayat 183.

Puasa dalam bahasa Arab as Shiyaam, yang berarti imsak atau menahan diri.  Dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Sanskerta yakni upawasa, yang berarti menutup atau menghentikan segala kebiasaan.

Perintah pelaksanaan puasa Ramadhan merupakan rukun Islam ketiga (dari lima rukun Islam) yang.diwajibkan kepada umat Islam pada tahun ke-2 Hijriyah, tatkala hidupnya Rasulullah saw, sudah mengalami 9 kali puasa Ramadhan.

Ibadah puasa bukan merupakan hal yang baru dan khusus bagi umat Islam, puasa merupakan amal ibadah klasik, karena juga telah diperintahkan dan telah dilakukan oleh umat terdahulu. Tentu pastinya kita tidak mengetahui secara persis tata cara puasa yang dilakukan oleh orang-orang di masa lalu, tetapi kita bisa menemukan beberapa cuplikannya saja.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage