logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1086

MUHAMMAD YANG MEMBUMI

Oleh : Iin Maghfirah

Karen Armstrong dalam bukunya Sejarah Muhammad, Biografi Sang Nabi memaparkan bahwasanya Arab abad ke 7, ketika Muhammad lahir bukanlah sebuah negeri padang pasir tandus, miskin dan jauh dari peradaban sebagaimana yang sering kita asumsikan selama ini. Muhammad lahir dalam konteks masyarakat Arab yang memiliki peradaban maju di mana pertumbuhan ekonomi mereka mengalami kemajuan pesat. Hanya saja, menurut Armstrong, kemajuan ekonomi tersebut justru menjerumuskan mereka dalam sistem kapitalistik yang menggusur masyarakat marjinal dalam jurang kemiskinan.

Dalam hal ini, praktek riba dan menimbun barang sebagaimana yang dipaparkan alqur’an dalam beberapa ayatnya menggambarkan hal tersebut. Praktek yang dalam tataran realitas justru banyak menciptakan berbagai permasalahan sosial akut pada arab abad ke 7.

Selain tatanan masyarakat yang kapitalis, hal lain yang menjadi permasalahan serius saat itu adalah sistem masyarakat Arab yang melegalkan perbudakan. Sebuah sistem yang mereduksi peran manusia - baik laki-laki maupun perempuan yang terlahir sebagai budak - dalam mewujudkan kualitas kemanusiannya.


selengkapnya KLIK DISINI


Comments  
# Alimuddin M.PA.Denpasar 2013-01-29 06:53
memang ada adagium: "lihatlah perkataannya jangan lihat siapa yang mengatakan". ini berlaku secara khusus bagi orang yang sudah mumpuni imannnya, bisa memilah mana yang 'mutiara' dan mana bukan.
Namun secara general-manusia wi, USWAH tetaplah menjadi acuan. memberi contoh dengan perilaku yang baik, bukan sebaliknya, itulah SUNNAH RASUL SAW.
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-02-19 15:02
Bermacam ungkapan disampaikan untuk menyampaikan pesan yang dimaksud.
"Membumikan Al-Qur'an"-nya Quraisy Shibah.
"Membumikan PA"-nya Tuada Uldilag.
Sekarang "Muhammad yang Membumi" dalam arti ajaran-ajaran Muhammad dapat diterima dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari umat manusia.
Bukankah Muhammad itu "Rahmatan lil'alamin!"
Ya Allah, jadikanlah kami semua pengikut2 setia Nabi-Mu yang mulia.
Dan tempatkanlah kami kelak di sisinya.
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage