logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1954

RAMADHAN DAN IDUL FITRI PROSES PENGEMBALIAN KODRAT MANUSIA MEWUJUDKAN RAHMATAN LIL'ALAMIN DAN TASAMUH

Oleh: Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I.

(Hakim Madya Pratama Pengadilan Agama Blambangan Umpu)

الخطبة الأولى

اللهُ أَكْبَرُ «X9»، الله أَكْبَرُ كَبِيْرًا، وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً، اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الْحَمْدُ.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِى جَعَلَ لِلْمُسْلِمِيْنَ عِيْدَ اْلفِطْرِ بَعْدَ صِياَمِ رَمَضَانَ وَعْيدَ اْلاَضْحَى بَعْدَ يَوْمِ عَرَفَةَ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ اْلمَلِكُ اْلعَظِيْمُ وَاَشْهَدٌ اَنَّ سَيِّدَناَ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الشَّافِعُ فِى اْلمَحْشَرْ نَبِيَّ قَدْ غَفَرَ اللهُ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ. اللهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ اَذْهَبَ عَنْهُمُ الرِّجْسَ وَطَهَّرْ. اَمَّا بَعْدُ. فَيَا عِبَادَاللهِ اِتَّقُوااللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ اِلاَّ وَاَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Jamaah Idul Fitri rahimakumullah.

Ramadhan telah berlalu ada rasa haru dalam hati kita ketika ditinggalkan Ramadhan penuh berkah, kata pepatah “idza zuqta halawat al-washilah la ‘arafta murrat al-qathi’ah” artinya jika engkau pernah merasakan nikmatnya bersatu, niscaya engkau akan merasakan pahitnya berpisah. Ada rasa sedih ditinggal Ramadhan, semoga kita bisa berjumpa dengan Ramadhan tahun depan, dalam keadaan lebih baik, sehat, dan penuh curahan rahmat Allah swt.

Hari ini kita basahi lidah dengan kalimat takbir, tahmid, dan tahlil. Kita gemakan kebesaran Allah swt ke segala penjuru angkasa dengan penuh sukacita dan tetesan air mata sebagai ekspresi rasa harap kita akan rahmat-Nya, sebagai ekspresi rasa takut akan azab-Nya, dan sebagai ekspresi rasa syukur atas segala nikmat-Nya. Kita bersyukur karena masih dipertemukan dengan Ramadhan dan pagi hari ini beridul fitri secara bersama sebagai ungkapan kemenangan pasca menjalankan puasa Ramadhan, sebagaimana dalam surat al Baqarah ayat 185:


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor