1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Tinjauan Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu Tahap Pertama (Kepentingan Siapa?)

Oleh : Arief Hidayat)*

A. Pendahuluan

Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) merupakan program Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI untuk diimplementasikan di Pengadilan Agama seluruh Indonesia. Salah satu rujukan program APM ini adalah standar ISO 9001 – 2015 dan ini juga memastikan bahwa standar yang disusun berkorelasi dengan standar pelayanan internasional. Selanjutnya program APM berbasis risiko (risk based thinking) maksudnya adalah antisipasi selalu dilakukan melalui proses pengendalian dan monitoring dalam upaya menjaga konsistensi implementasi dan peningkatan kualitas pelayanan. Berjalannya program APM ini sangat ditentukan oleh semangat dan komitmen seluruh aparatur pengadilan agama untuk mematuhi standar yang telah ditetapkan.

Paling tidak ada dua hal menarik dari program ini yaitu pertama perubahan pola pikir dan budaya kerja aparatur Pengadilan Agama, kedua memberi jaminan kepada pelanggan (baca : para pihak yang berpekara) bahwa Pelayanan yang diberikan oleh Pengadilan Agama sesuai dengan harapan.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Comments  

 
# ahmad satiri 2017-11-17 14:09
Ulasan yang bernas.. menambah wawasan dan ide tentang penting dan sangat perlunya APM bagi segenap warga Peradilan Agama... jaminan kualitas layanan harus terukur sistematis dan massif sehingga jelas standar penilaiannya...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Mohamad Mumin 2017-11-17 16:43
Dengan adanya SAPM ini tentunya memberikan jaminan kepada para pelanggan, bahwa Pengadilan Agama akan memberikan pelayanan yang baik dan akan terus diperbaiki.
Semanagat terus untuk lebih baik dalam memberikan pelayanan.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Sanusi kotabumi 2017-11-20 21:14
Tulisan yg sgt bagus..dapat mengilhami peningkatan kinerja lebih baik, sistematis, tertib, teratur dan terukur.. Semoga tulisan dan ilmu ini menjadi amal jaritah buat bapak..Aamiin.. .
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# #Gusmen Yefri # 2017-11-23 08:40
Alhmdllh ni baru Sporting unit berwawasan non lahiriyah, tks kawan
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Zurbaniyah Bekasi 2017-11-23 11:38
sebagai barang baru adalah sebuah kelaziman jika masih perlu adanya penyempurnaan pak sekeretaris..
terutama instrumen, yang belum terintegrasi dengan bangunan yang sebelumnya telah ada. perlu evaluasi .tapi Top markotop deh meskipun DIPA di akhir tahun anggaran semua terjangkit Virus APM ini bukanya sakit malah Menggairahkan .
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# UMAN Tulang Bawang 2017-12-06 09:26
Sependapat dengan Pak Sekretaris, Bahwa sejak APM ini bergulir kami bisa merasakan adanya semangat kerja yang meningkat dan budaya kerja lebih kondusip dan para pelanggan pun lebih nyaman.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak