logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 77

Menempuh Jalan Kebenaran Dengan Sedekah

Oleh :  Dr. Al Fitri, S.Ag., S.H., M.H.I.

(Ketua Pengadilan Agama Kalianda Kelas IB)

Sedekah menurut bahasa adalah "shadaqah" yang artinya adalah “kebenaran”, berasal dari kata “shidiq”. Seseorang yang melakukan sedekah merupakan orang yang benar akan keimanannya. Sedekah dapat diartikan juga dengan salah satu sifat-sifat para nabi yaitu shidiq yang artinya jujur atau benar (berintegritas). Dalam konteks sifat ini, shidiq berarti jujur dalam menyampaikan suatu perkara kepada umat tanpa adanya rekayasa atau pencitraan.

Sedangkan sedekah secara istilah ialah memberikan sesuatu tanpa ada imbalan apapun karena hanya semata-mata mengharapkan pahala dari Allah Swt. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Jadi makna sedekah memiliki arti yang lebih luas sehingga tidak hanya pemberian berupa harta benda (materi) saja atau kekayaan semata, akan tetapi juga bisa berupa tindakan lain yang bisa memberikan manfaat untuk orang lain, contohnya menolong orang, mengajarkan ilmu, bergaul dengan isteri, tersenyum kepada orang dan lain sebagainya.

Jalan sedekah tujuannya untuk membantu orang lain baik berupa materi maupun nonmateri penting dan merupakan suatu indikator yang menandai ketulusan iman seseorang kepada Allah Swt. Sedekah yang dilakukan dengan keikhlasan dan ketulusan hati sudah barang tentu akan mendapatkan manfaat yang sangat besar, baik di dunia maupun di akhirat kelak.


Selengkapnya KILIK DISINI


 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice