logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 308

Aliran-Aliran Hukum: Teori dan Kontribusi Pada Perkembangan Ilmu Hukum

M. Khusnul Khuluq
Hakim Pengadilan Agama Sungai Penuh

Sejak abad pertengahan, modern dan kontemporer, banyak pemikir hukum mengajukan berbagai teori tentang hukum. Namun, secara umum, bisanya digolongkan menjadi beberapa aliran bear. Seperti aliran hukum alam/kodrati, positivisme hukum, utilitariansime, mazhab sejarah, sosiological yurisprudence, realisme, dan the critical legal studies. Dalam tulisan singkat ini, akan dijelaskan beberapa aliran tersebut beserta kontribusinya.

Pertama, hukum alam/kodrati. Ini adalah aliran tertua. Hukum alam ada yang bersifat teologis dan ada yang bersifat sekular (Fuady, 2014: 36) Bersifat teologis artinya, hukum didasarkan pada norma-norma agama. Sementara itu, yang bersifat sekular, didasarkan pada rasio/akal manusia. Tokoh hukum alam sekular adalah Hugo Grotius. Adapun tokoh hukum alam teologis adalah Thomas Aquinas, Richard Hooker. (Fuady, 2014: 40).

Tesis yang diajukan oleh hukum alam adalah moralitas dan normatifitas. (Ali, 2017: 320). Bahwa alam punya standar moral tersendiri, baik itu yang terletak dalam agama, maupun akal/moral sekular. Segala sesuatu yang bertentangan dengan moral itu tidak benar. Kemudian, normatifitas. Normatifitas mengasumsikan adanya norma yang terpisah dengan realitas.

Kontribusi hukum alam, utamanya teologi, jelas memberikan legitimasi bagi agama. Hari ini, agama tidak dipisahkan dari hukum dalam konteks negara bangsa. Dari situ hukum alam mendapatkan ruang dalam konteks negara bangsa, utamanya dalam sistem hukumnya.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice