logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 119

Wakil PA Manna Ketua Sampaikan Hasil Laporan Hawasbid

Manna | www.pa-manna.go.id

Senin (07/05) Pukul 08.30 WIB di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Manna dilaksanakan rapat dalam rangka penyampaian hasil Laporan Hakim Pengawas Bidang (HAWASBID). Penyampaian hasil laporan HAWABIS periode Januari sampai Maret 2018 ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Manna Rusdi, S.Ag., M.H. dan dihadiri oleh seluruh pegawai PA Manna.

Dari hasil laporan yang disampaikan oleh Wakil Ketua ini, ada beberapa temuan yang terdapat diberbagai bidang administrasi yang harus diperbaiki kedepannya. Pada administrasi umum misalnya bagian kepegawaian harus memberdayakan semaksimal mungkin CPNS Cakim yang ada sehingga bisa membantu pekerjaan di PA Manna dan juga mesin absen finger scan harus disertai dengan UPS baterry agar apabila listrik padam/mati penggunaannya tetap berjalan dengan baik.

Pada bidang administrasi keuangan DIPA tidak banyak temuan yang didapat, namun untuk pengadaan barang dan jasa diharapkan untuk kedepannya sebaiknya memakai e-katalog dan untuk pengadaan printer misalnya harus diperbanyak lagi, karena masih ada ruangan yang belum memiliki printer yang mendukung secara maksimal.

Untuk bidang laporan perkara yang memang banyak terdapat temuan-temuan perkara yang belum diminutasi oleh Panitera/Panitera Pengganti, baik itu dari bulan Januari sampai Maret bahkan bukan hanya perkara di tahun 2018 ini tetapi juga perkara tahun 2017. Nah hal seperti ini harus segara ditindaklanjuti secepatnya kepada pihak terkait.

Bukan hanya itu saja, temuan juga di dapat pada bidang administrasi persidangan yang mana adanya perkara yang salah pada penulisan tanggal, tanggal lahir ataupun kurangnya paraf minutasi. Oleh karena itu perlunya ketelitian panitera pengganti terhadap berkas perkara yang ditangani untuk kedepannya.

Pada bidang administrasi perkara masih ada perkara yang sudah minutasi namun belum ditulis di buku register, seperti perkara No. 0070/Pdt.G/2018 belum ditulisnya PBT dan Minutasi di register. Oleh karena itu perlunya koordinasi dan kerjasama yang baik antar Panitera Pengganti, Jususita Pengganti dan petugas register.

Terakhir Wakil Ketua PA Manna menyampaikan di bidang pelayanan publik, terutama pada meja informasi, meja pengaduan dan sistem informasi diharapkan kepada petugas untuk sering berkonsultasi kepada Panmud atau Panitera terlebih dahulu sebelum berkonsultasi langsung kepada Hakim.

Dan juga masalah teknologi informasi dan SIPP untuk tetap ditingkatkan lagi, baik itu pengelolaan website maupun masalah prasarana berupa internet yang sering terjadi kendala. Karena itu merupakan modal utama dalam pelaksanaan dan kelancaran kinerja SIPP yang membutuhkan jaringan internet yang memadai dan memaksimalkan kinerja penanganan perkara.

Sebelum menutup penyampaian hasil laporan HAWASBID ini, Wakil Ketua PA Manna berpesan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Manna untuk terus memperbaiki kinerja kita selama ini kedepannya. Sebab temuan-temuan yang didapat ini bukan hanya untuk diketahui saja tetapi untuk diperbaiki dan dijadikan bahan evaluasi demi kemajuan Pengadilan Agama Manna di masa mendatang. {KIM}

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor