logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 38

PA Tulang Bawang Canangkan Zona Integritas

Pembacaan Fakta Integritas oleh seluruh pegawai PA Tulang Bawang

Tulang Bawang | PA Tulang Bawang

Dalam rangka mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK), PA Tulang Bawang telah mencanangkan Zona Integritas pada Kamis (21/2/2019) sebagai bentuk komitmen bersama dalam melayani masyarakat terutama dalam hal pencegahan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh aparatur Pengadilan Agama Tulang Bawang secara bersama-sama menyatakan ikrar dan janji bahwa PA Tulang Bawang siap berperan proaktif dalam mencegah dan memberantas Korupsi, Kolusi dan Nipotisme serta menjaga dari perilaku tercela yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua PA Tulang Bawang H. Soleh, Lc., MA. Dengan adanya pernyataan ikrar yang dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas tersebut, diharapkan semua aparatur Pengadilan Agama dapat menjalankan pekerjaannya sesuai tugas dan fungsinya serta benar-benar mendedikasikan dirinya sebagai aparatur yang bersih dari segala bentuk tindakan KKN, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama pencari keadilan yang nantinya tidak ada lagi yang apatis dan antipati jika ia hendak berperkara di Pengadilan.

Hadir dalam kegiatan tersebut KPTA Lampung, Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti, Kapolres, Dandim 0426, Ketua PN, Kepala Kejaksaan, Wakil Ketua PA Tulang Bawang Tengah, Wakil Ketua PA Mesuji dan tamu undangan lain dari unsur Advokat, tokoh masyarakat, tokoh agama, akademisi, dan masyarakat pencari keadilan sebagai saksi yang menyaksikan deklarasi Zona Integritas.

Tujuan dialaksanakannya deklarasi tersebut agar aparat instansi pemerintah, dalam hal ini PA Tulang Bawang, baik pimpinan dan jajarannya berkomitmen untuk melakukan upaya agar tidak terjadinya tindakan korupsi dilingkungan Pengadian Agama, dan juga dapat meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan dengan merubah pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) yang lebih baik.

Sebelumnya, dalam hal meningkatkan kualitas pelayanan, perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan data hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yang telah dilakukan PA Tulang Bawang periode 2018, mempunyai kinerja unit pelayanan dengan kategori “baik”, yaitu dengan nilai rata-rata tertimbang SKM adalah 3,32 atau konversi IKM sebesar83,05, dengan tingkat kepuasan masyarakat yang memiliki mutu pelayanan tertinggi adalah unsur pelayanan penanganan pengaduan. Sehingga PA Tulang Bawang saat ini masih dapat mempertahankan akreditasinya “A Excellent” yang telah diperolehnya sejak tahun 2017.

Oleh karenanya, hadirnya para tamu undangan tidak sekedar menyaksikan acara seremoni, tetapi lebih dari itu adalah diharapkan mereka dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi melalui Pembangunan Zona Integritas sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden No. 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, yang secara teknik diatur dalam Permenpan No. 52 Tahun 2014. (SHOBIRIN, S.HI., M.E.Sy.)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage