logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 148

PA Rantau Laksanakan Asesmen Eksternal

Rantau | PA Rantau

Berdasarkan surat pemberitahuan Dirjen Badilag MARI Nomor : 1233/DJA/OT.01.3/5/2018 tanggal 5 Mei 2018, PA Rantau mendapatkan jadwal Asesmen Eksternal dari tanggal 23 s/d 25 Mei 2018 dengan Asesor eksternal Bapak  Ahmad Supiansyah S.H.I. (Lead Asesor/PTA Kalimantan Timur) didampingi oleh Asesor pendamping dari PTA. Kalimantan Selatan Bapak H. Saifdudin, S.H., M.H., (Sekretaris PTA. Kalimantan Selatan) H. Fitriannor, S.H.I., S.H., M.H., dan ibu Murijtai, S.H.

Kedatangan Tim tersebut untuk melaksanakan penilaian, mengukur tingkat kesesuaian antara implementasi di Pengadilan Agama Rantau terhadap persyaratan Akreditasi Penjaminan Mutu. Untuk Wilayah PTA Kalimantan Selatan telah merekomendasikan 4 satuan kerja sebagai pilot project, yaitu Pengadilan Agama Pelaihari, Pengadilan Agama Banjarbaru, Pengadilan Agama Barabai dan Pengadilan Agama Rantau sendiri  adalah yang terakhir dari yang Iain dilakukan Asesmen Eksternal.

Acara dipandu oleh Ratna S.H.I. (Panitera Pengganti) selaku MC, dilanjutkan dengan lantunan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Drs. Samsul Aripin (Panmud Gugatan), dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Padamu Negeri secara bersama oleh peserta yang berhadir dalam acara tersebut, dilanjutkan dengan perkenalan dan pembukaan acara Asesmen Eksternal oleh Top Manajemen Ketua PA. Rantau Dra. Hj. Noor Asiah, selanjutnya penyampaian jadwal SAPM oleh Assesor Eksternal Bapak Ahmad Supiansyah, S.H.I.

Dalam Opening Meeting terlebih dahulu Ketua Pengadilan Agama Rantau Dra. Hj. Noor Asiah  menyampaikan sambutannya berterima kasih kepada Tim Asesor Eksternal yang telah bertandang ke Pengadilan Agama Rantau  yang tentunya warga Pengadilan Agama Rantau sangat memerlukan penilaian kesesuaian dengan standar SAPM, masukan, kritikan dan saran untuk memaksimalkan pelayanan pada pengguna jasa di Pengadilan Agama Rantau.

Selanjutnya Ketua Tim Asesor menyampaikan bahwa kedatangan Tim di Pengadilan Agama Rantau  adalah akan melihat dan menelusur penerapan SAPM di lingkungan Pengadilan Agama Rantau tanpa metode tanya jawab atau diskusi karena temuan Asesor akan dituangkan dalam form Permintaan Perbaikan. Lebih lanjut beliau menyampaikan dalam pelaksanaan akreditasi akan meliputi beberapa bagian seperti Manajemen Peradilan, Administrasi Kepaniteraan, Administrasi Kesekretariatan dan Sarana Prasarana.

Sebelum acara ditutup penyampaian presentasi terkait dengan SAPM oleh Ketua PA. Rantau selaku Top Manajemen Dra. Hj. Noor Asiah. Beliau menyampaikan presentasi tentang kegiatan dan upaya peningkatan mutu dan kinerja di Pengadilan Agama Rantau dan menyatakan kesiap-sediaanya untuk di “Asesmen”. Sebab, selama berjalan dua bulan ini Pengadilan Agama Rantau telah menyiapkan pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu, diawali dengan pembentukan Tim SAPM, deklarasi SAPM yang diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Rantau sebagai bentuk komitmen bersama, dan pemenuhan dokumen-dokumen yang berdasarkan Standar Akreditasi serta pemenuhan sarana dan prasarana pendukung.

Selesai acara ditutup, tim assessor langsung melanjutkan dengan Asesmen Eksternal dan sarpras pada PA. Rantau.

Konseptor : Hj ST. Zubaidah, S.Ag., S.H., MH (Hakim PA Rantau)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor