1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

PA Muara Bulian Raih Nilai A Exelent dalam Akreditasi Penjaminan Mutu Peradilan Agama

(Nomor 3, PA Muara Bulian termasuk yang mendapatkan A Exellent)

Muara Bulian | PA  Muara Bulian

Reformasi Birokrasi yang digaungkan Mahakamah Agung memicu lembaga Peradilan dibawahnya untuk lebih memacu diri meningkatkan pelayanan maksimal terhadap para pencari keadilan. Pelayanan maksimal tersebut tentu saja perlu ada standar yang diakui khalayak, tidak hanya sebatas pengakuan dari dalam saja. Hal inilah yang menjadi landasan dibentuknya program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Mahkamah Agung, khususnya di lembaga Peradilan Agama.

Program Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) dilauching Ditjen Badilag pada pertengahan tahun 2017 kemarin, seluruh Pengadilan di lingkungan Peradilan Agama berbenah diri menghadapi SAPM tersebut, tak terkecuali bagi Pengadilan Agama Muara Bulian.

Setelah beberapa bulan mempersiapkan segala sesuatunya sebagaimana tuntutan standar acuan yang telah ditetapkan. Tibalah saatnya pada hari Selasa kemarin (21/11), seluruh aparat Pengadilan Agama dibuat heboh sekaligus terharu, pasalnya hasil penilaian Akreditasi penjaminan Mutu dari Ditjen Badilag Mahakamag Agung telah resmi di rilis.

Dalam pengumuman yang dirilis web site Badilag tertanggal 21 November 2017 kemarin, Dirjen Badilag Abdul Manaf telah menadatangani pengadilan-pengadilan yang berhasil mendapatkan akreditasi. Bagi Pengadilan Agama Muara Bulian sendiri, akhirnya berhasil mendapatkan nilai A Exellent. Nilai ini termasuk kategori nilai yang paling tinggi dalam penilaian akreditasi.

Dengan diraihnya nilai A Exellent ini, tentu saja merupakan sesuatu yang patut dibanggakan, karena hal ini menjadi bukti bahwa PA Muara Bulian dalam melaksanakan sistem peradilan ataupun pelayanan terhadap masyarakan telah sesuai dengan track record yang telah digariskan.

Keberhasilan meraih A Exellent ini membuat Ketua PA Muara Bulian Elvin Nailana, S.H., M.H. terharu, pasalnya kerja keras yang telah dilakukan oleh semua pegawai PA Muara Bulian untuk akreditasi ini telah terbalas dengan raihan exellent ini.

“terharu saya, terimakasih semua, sungguh saya menangis, ini kerja keras tim semua, lelah (selama ini) terjawab dengan raihan nilai A Exellent ini. Keberhasilan kita ini tak terlepas dari komitmen, kerjasama, keharmonisan dan keseriusan semua pegawai” Tulis Elvin dalam pesan whatsup yang saat ini sedang berada di Bandung untuk mengikuti PTWP Cup.

Keharuan ini bukan tanpa alasan, maklum saja seluruh pegawai PA Muara Bulian selama lebih kurang satu bulan belakangan ini harus memporsir tenaga dan pikiran, bahkan lembur semalaman sudah menjadi pemandangan yang lumrah ketika persiapan akreditasi ini.

Belum lagi berbagai macam kendala baik fisik, finansial bahkan terkadang perbedaan pendapat kerap menyelimuti tim dalam rangkaian persiapan tersebut, namun dengan semangat pantang menyerah demi meraih hasil yang maksimal, kendala-kendala tersebut dapat teratasi dan raihan A Exellent adalah jawabannya.

Terkait raihan postif ini, Ahyar Siddiq, SEI, MHI, Hakim paling senior yang didaulat menjadi Ketua SAPM PA Muara Bulian karena posisi Wakil Ketua yang kosong menekankan, bahwa raihan A Exellent ini merupakan babak awal, karena dalam SAPM ini yang paling subtansi adalah konsistensi dalam mengimplementasikan sistem SAPM sesuai standar acuan yang telah ditetapkan Mahakamah Agung.

“Sejatinya ini merupakan babak awal saja dari sistem SAPM yang kita jalani, karena hal yang paling penting dari tujuan diadakannya SAPM ini adalah bagaimana supaya kita bisa terus konsisten menjalankan nilai-nilai dan sistem yang diamanatkan dalam standar SAPM dan saya yakin PA Muara Bulian dapat mengemban tanggung jawab tersebut” Tegas Hakim penyuka Tenis ini. (TRS)

Comments  

 
# A.Rifan PA Mlg 2017-12-01 15:23
Alhamdulillah sebagai orang yg pernah bertugas di PA Ma. Bulian, kami ikut bangga dan bersyukur selamat
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak