logo web

Dipublikasikan oleh PA Kolaka pada on .

PA Kolaka Sukses Helat Acara Akbar

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.11.40.jpeg

Kolaka I pa-kolaka.go.id (27/06/2022)

Dengan persiapan kurang dari 2 ( dua ) minggu setelah penunjukan Pengadilan Agama Kolaka ( PA ) Kolaka menjadi tuan rumah Pembinaan dan Diskusi Hukum Pengadilan Agama Wilayah Daratan se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama ( PTA ) Kendari yang dihelat pada tanggal 24-25 Juni 2022. Tanpa berlama-lama pimpinan PA Kolaka mengadakan rapat pembentukan Panitia Internal kegiatan yang dimaksud, dikarenakan sebelumnya PTA Sultra telah membentuk Panitia Pelaksana yang di dalamnya juga melibatkan pegawai-pegawai PA Kolaka. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib tahunan, yang dilaksanakan dengan sistem pembagian Zona, wilayah Daratan dan wilayah Kepulauan. Ketua Panitia Pelaksana PA Kolaka yang ditunjuk yaitu Muh. Nasharuddin Chamanda, S.HI, mengkoordinir pelaksanaan kegiatan dengan melakukan monitoring evaluasi pelaksanaan kegiatan secara rutin, guna memastikan kegiatan tersebut berlangsung lancar tanpa kendala apa pun.

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.11.40 (2).jpeg

Beberapa rintangan dihadapi dalam mempersiapkan acara tersebut, mulai dari kurangnya personil dikarenakan beberapa hal, ada yg mengambil cuti, kemudian beberapa orang CPNS sementara pemeriksaan kesehatan di Kendari, dan yang paling terbaru ialah berpulangnya salah satu PPNPN PA Kolaka. Kegiatan yang bertempat di Hotel Sutan Raja Kolaka tersebut dihadiri oleh 6 satker Peradilan Agama di wilayah daratan diluar PTA Kendari, yaitu PA Kendari, PA Unaaha, PA Andoolo, PA Lasusua, PA Rumbia, dan PA Kolaka selaku tuan rumah. Rangkaian kegiatan dihelat di hari Jumat (24/06/2022), tepat pukul 14.15 WITA Bupati Kolaka H. Ahmad Safei, S.H.,M.H tiba di lokasi kegiatan disambut langsung oleh Ketua PTA Kendari beserta jajarannya ditambah dengan beberapa anggota Forkompimda Kab.Kolaka, kemudian menuju Ballroom Hotel bersama, diawali dengan tarian Mondotambe yaitu tarian penyambutan tamu Suku Tolaki, di adakan juga pengalungan Bunga kepada Ketua PTA Kendari dan kepada Bupati Kolaka.

Kegiatan tersebut dihadiri pula Anggota Forkompimda Kolaka atau yang mewakili, pimpinan OPD lingkup Pemkab Kolaka, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD dan Media Pers Kolaka,lebih lanjut, kemudian MC membuka acara tersebut, diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, kemudian pembacaan Doa, setelah itu laporan Ketua Panitia oleh Drs. Muh. Yusuf, S.H.,M.H. Kemudian Bupati Kolaka di daulat memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada seluruh Keluarga Besar Peradilan Agama lingkup Pengadilan Tinggi Agama Kendari, beliau juga menyampaikan tentang gambaran singkat Kabupaten Kolaka, termasuk potensi-potensi yang ada Wonua Mekongga tersebut, Safei juga sempat menyinggung tema diskusi yang begitu menarik yaitu Eksekusi dan Hak Mantan Isteri ASN, “ Tema yang sangat bagus menurut saya, makanya saya sampaiak kepada pejabat-pejabat OPD yang hadir pada kesempatan ini, semoga tidak ada mantan dalam kehidupan rumah tangga kita semua yang hadir di tempat ini” yang disambut gelak tawa undangan. Kemudian berlanjut ke acara selanjutnya yaitu Sambutan KPTA Kendari sekaligus membuka acara secara resmi, yang akan ditandai dengan pemukulan gong.

KPTA Kendari Dr. Izzudin, S.H.,M.H dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bupati Kolaka atas kehadirannya beserta jajaran OPD yang sangat meriah. Di kesempatan tersebut juga beliau menyampaikan tentang informasi kegiatan Pembinaan dan Diskusi Hukum ini merupakan program kerja PTA yang minimal dilaksanakan 4 kali dalam setahun. Dipenghujung sambutannya beliau juga mengajak kepada seluruh peserta kegiatan dan undangan yang hadir untuk mendoakan saudara Firdaus, S.H tenaga PPNPN PA Kolaka yang meninggal dunia beberapa hari sebelum kegiatan Diskusi tersebut diadakan.

Acara dilanjutkan dengan seremoni pemukulan gong menandai Pembukaan Kegiatan Diskusi Hukum secara resmi. Pada kesempatan itu pula diadakan seremonial Penandatangan Memorandum Of Understanding ( MoU ) PA Kolaka dengan beberapa OPD/Instansi Vertikal / dan BUMN lingkup Kabupaten Kolaka, yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( DPPA ), Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Polres Kolaka, Rumah Tahanan Negara Kolaka, Kementerian Agama Kolaka, Badan Pertanahan Kolaka, Kantor Pos Kolaka, dan Bank Syariah Indonesia ( BSI ) Kolaka.

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.11.40 (3).jpeg

Setelah penandantangan MoU dilaksanakan sesi photo bersama kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan bagi satker-satker berprestasi. PA Kolaka mendapatkan tiga predikat penghargaan yaitu Peringkat 1 terkait hasil kinerja SIPP, Peringkat 3 terkait realisasi anggaran DIPA 01, Peringkat 3 terkait realisasi anggaran DIPA 04. Setelah rangkaian kegiatan penyerahan penghargaan, Bupati Kolaka meninggalkan tempat acara bersama para Forkopimda dan tamu undangan lainnya. Acara pembinaan pun digelar dan dipimpin oleh Dr. Drs H. Izzuddin Hm., S.H., M.H., tepat pukul 17.20 WITA sampai dengan 18.00 WITA.

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.11.40 (4).jpeg

Sesuai jadwak yang tertera, kegiatan Diskusi Hukum dimulai setelah santap malam dan sholat isya, tepat pukul 20.05 WITA. Kegiatan Diskusi Hukum kali ini mengusung Tema “Eksekusi dan Hak Mantan Isteri ASN pasca perceraian (pasal 8 PP 10 Tahun 1983)” dengan pembagian diskusi menjadi dua sesi. Drs. H. Suroso, S.H., M.Hum memimpin sebagai moderator pada diskusi sesi I dengan materi diskusi yakni “Eksekusi Putusan Harta Bersama dan Warisan Pada Pengadilan Agama”, yang menjadi pemakalah I adalah PA Kendari dan pembanding adalah PA Kolaka dan PA Unaaha. Setelah diskusi sesi I selesai dilanjutkan dengan diskusi sesi II dengan materi diskusi “Hak Mantan Istri Pegawai Negeri Sipil Pasca Perceraian” yang dipimpin moderator Drs. H. Chalid L., M.H., yang menjadi Pemakalah pada sesi II kali ini adalah PA Lasusua sedangkan yang menjadi pembandingnya adalah PA Rumbia dan PA Andoolo. Tampak antusiasme peserta mengikuti kegiatan diskusi hukum tersebut, kadang kala terjadi debat kecil diantara peserta. Kegiatan tersebut juga memilih peserta Diskusi Terbaik, dan PA Kolaka menempatkan wakilnya, Al-Gazali Mus, S.HI.,M.H sebagai peserta terbaik di urutan ke-dua.

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.15.54.jpeg

WhatsApp Image 2022-06-28 at 07.13.42.jpeg

Keesokan harinya, diadakan kegaiatan Eksebisi Pertandingan Tennis antara Tim PTWP PTA Kendari dan Tim PELTI Kab.Kolaka yang digelar di lapangan Tennis Indoor KONI Kolaka, kegiatan dimulai pada pukul 07.30 WITA, yang diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka secara langsung oleh Ketua PTA Kendari. Pertandingan diadakan dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya oleh pihak panitia pertandingan. Kedua tim menurunkan pemain-pemain unggulan mereka sehingga menyajikan suguhan pertandingan yang berkelas, Wakil Ketua PTA Kendari tidak ketinggalan pula ikut bertanding, yang menarik perhatian seluruh penonton dengan aksi permainan yang memukau.Kegiatan eksebisi berakhir pada pukul 13.20 WITA, diakhiri dengan photo bersama pemain dari kedua tim dan seluruh keluarga besar Peradilan Agama wilayah daratan se-wilayah PTA Kendari. ( Suharman_Samudra _)

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook