1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Biro Kepegawaian MA Gelar Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian Versi 2 di PTA Nusa Tenggara Barat

Mataram | PTA  Nusa Tenggara Barat

Biro Kepegawain Mahkamah Agung RI mengadakan Kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) Mahkamah Agung RI.

Kegiatan Dilaksanakan di Aula Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat yang di ikuti oleh para Kepala Sub Bagian dan Operator SIKEP Se Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat, kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama 2 hari yaitu dari tanggal 03 s/d 04 Agustus 2017.

Rangkaian acara di pandu oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara barat Bapak Misnudin, S.H.,M.H. acara turut di hadiri oleh  Drs. H. Bahruddin Muhammad, S.H.,M.H. ( Selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara barat ) dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat Bapak Drs. H. Ahsin Abdul Hamid, S.H. serta Kepala Bagian Perencanaan dan Kepegawaian.

Bapak Ketua yang dalam kesempatan tersebut memberikan sambutan sekaligus  secara resmi  membuka acara Sosialisasi Monitorong dan Evaluasi  Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) Mahkamah Agung RI.

Dalam sambutannya, Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Tim Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) Mahkamah Agung RI yang telah berkenan mempercayakan Pengadilan Tinggi Agama  Nusa Tenggara Barat sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI dan sekaligus mengucapkan selamat datang di Bumi Gora Nusa Tenggara Barat yang di kenal dengan Pulau Seribu Masjid  dan juga  mengucapkan selamat datang kepada seluruh Peserta  Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) Mahkamah Agung RI yang telah berkesempatan hadir sekalipun di tengah-tengah kesibukan, karena  tugas mengelolaan data kepegawaian ini tidak semua bisa di tunjuk melainkan karena keahlian dari Bapak dan Ibu sekalian Sosialisasi Sistim Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) Mahkamah Agung RI,  data pegawai ini adalah tugas yang sangat mulia, nasib dan kesejahteraan para Pegawai maupun Hakim yang ada pada Satuan kerja ( Satker ) masing- masing bergantung pada Bapak Ibu Sekalian.

Karena jika ada data yang tidak tercatat  dalam data Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) maka barang tentu akan berdampak pada Pegawai atau Hakim Tersebut.

Untuk itu kami harapkan kepada yang mengikuti Sosialisasi ini agar betul – betul serius dan sungguh – sungguh dan focus dan insya allah akan mendapatkan hasil yang di inginkan dan dapat diterapkan di tempat tugas masing – masing.

Sementara  Ketua Tim Sosialisasi Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Kepegawaian Mahkamah Agung RI, Bapak Agus Sudarmanto S. Kom. Kepala Sub Bagian Data Kepegawaian dan Bapak Citra Maulana, S.Kom.,M.MSi.  dalam arahannya mengatakan Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 197-1/SEK/KU.01/7/2015 tentang Pemberlakuan aplikasi SIKEP menjadi aplikasi utama yang digunakan dalam pengelolaan kepegawaian.

Dalam rangka Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Mahkamah Agung RI yang tujuannya adalah penerapan e-Governance guna mendukung proses kenaikan kepangkatan, usulan jabatan, promosi, mutasi dan kebutuhan formasi pegawai secara paperless serta bisa mendapatkan seluruh informasi data kepegawaian yang berjalan secara efisien, tepat dan akurat.

Sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada admin dan operator satuan kerja di wilayah NTB tentang pemanfaatan dan pengelolaan data pegawai berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) versi 2.

Pemanfaatan Data SIKEP antara lain akan memudahkan dalam Laporan Kepegawaian, Monitoring Data Pegawai, Pengisian jabatan struktural (Perma 7 Tahun 2015), Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dengan aplikasi SAPK BKN, Ujian Dinas dan Ujian PI dengan aplikasi e-Exam, Piagam Penghargaan dengan aplikasi i-Satya, sebagai data pendukung aplikasi e-Formasi Kemenpan RB, Data pendukung LHKPN KPK dan Data pendukung SIPP (integrasi).

Adapun narasumber sekalisgus asistensi tersebut adalah:

  1. Bapak Agus Sudarmanto S.Kom.
  2. Bapak Citra Maulana S.Kom., M.MSi.

Pemaparan  Sosialisasi tersebut di arahkan kepada pengenalan wajah baru Sistem Informasi Kepegawaian (SIKEP) Mahkamah Agung RI beserta penggunaannya, menu dan trouble system / cara mengakses menu kepegawaian di samping Monitoring Evaluasi serta  solusi dari permasalahan yang dihadapi dalam penerapan  Aplikasi SIKEP  juga diadakan  Cross check verifikasi dan validasi data Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) di masing –masing Satuan Kerja ( Satker ) di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat.

Acara berlangsung dengan penuh semangat dan serius dari  peserta sosialisasi yang tampak dari beberapa pertanyaan – pertanyaan seputar permasalahan yang terjadi di dalam pengelolaan data Sistem Informasi Kepegawaian ( SIKEP ) yang ada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Nusa Tenggara Barat. 

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB