1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Seperti Apa Aplikasi Yang Diluncurkan PTA Jawa Barat

Bandung | badilag.mahkamahagung.go.id (11/9/2017)

PTA Jawa Barat telah meluncurkan 6 (enam) aplikasi kinerja dan website standar untuk seluruh pengadilan agama yang berada di wilayahnya Senin pagi (11/9/2017). Secara resmi, peluncuran dilakukan oleh Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H.

Ke-enam aplikasi itu, tiga aplikasi merupakan aplikasi penunjang kinerja kepaniteraan dan sisanya adalah aplikasi penunjang kinerja kesekretariatan.

Untuk bidang kepaniteraan diluncurkan Aplikasi Sikabayan. Aplikasi ini berfungsi untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja SIPP di Pengadilan Agama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat. Diluncurkan pula aplikasi Tabayyun Online (Delegasi) yang berfungsi untuk memonitor dan mempercepat proses penyampaian bantuan relaas panggilan antar Pengadilan Agama di wilayah Jawa Barat.

Terakhir, untuk bidang kepaniteraan adalah Aplikasi e-BIKP. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengelolaan keuangan perkara yang terintegrasi dengan SIPP. Satu kali input dalam SIPP, secara otomatis buku induk keuangan perkara dapat divalidasi dan di print out dengan hasil yang lebih akurat daripada pencatatan secara manual.

Sementara di bidang kesekretariatan, PTA Jawa Barat meluncurkan Aplikasi Monev Laporan Realisasi Anggaran, Aplikasi Monev Perjanjian Kinerja (PKT) dan Aplikasi Database Pegawai (PDP). Aplikasi Monev Laporan Realisasi Anggaran diluncurkan untuk membantu memonitor prestasi penyerapan anggaran DIPA Pengadilan Agama setiap bulan.

Untuk memonitor prestasi realisasi kinerja yang telah diperjanjikan dilakukan dengan Aplikasi Monev Perjanjian Kinerja (PKT). Dan, Aplikasi Database Pegawai (PDP) digunakan untuk memonitor pengisian data SIKEP secara real time.

Untuk meningkatkan kualitas transparansi pengadilan, PTA Jawa Barat juga melakuan pembaruan terhadap website PTA Jawa Barat sendiri dan Pengadilan Agama di wilayahnya. Website ini dirancang sesuai dengan Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan petunjuk SK KMA 1-144 Tahun 2011 Tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan. Berdasarkan wilayah, PTA Jawa Barat dan pengadilan agama dibawahnya tercatat sebagai yang pertama dalam penerapan website sesuai Pedoman Rancangan dan Prinsip Aksesibilitas Website Pengadilan di Lingkungan Mahkamah Agung RI. 

Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat Drs. H. Bahrussam Yunus, S.H., M.H. dalam sambutan sesaat sebelum peluncuran menyampaikan ke-enam aplikasi itu dibangun untuk lebih mengefektifkan proses pembinaan, monitoring dan evaluasi terhadap pengadilan agama yang sudah menjadi tugas pokok PTA Jawa Barat.

Ia mengakui terdapat keterbatasan SDM dan anggaran untuk melakukan pembinaan secara langsung ke pengadilan agama. “Sementara, pembinaan, monitoring dan evaluasi harus terus dilakukan untuk menjaga kesetabilan kinerja pengadilan,” katanya.

Menurut Bahrussam Yunus, dengan penggunaan aplikasi diharapkan dapat menutupi kekurangan itu. Pembinaan, monitoring dan evaluasi dapat terus berjalan tanpa harus bertatap muka langsung sehingga dapat mengurangi beban anggaran, namun hasilnya tetap dapat dipertanggungjawabkan.

Bahrussam Yunus sangat mengapresiasi usaha dan kerja keras Tim IT Daerah Jawa Barat dalam membangun 6 aplikasi serta memperbarui website PTA dan PA se-Jawa Barat.

“Terakhir kami menitipkan kepada pimpinan pengadilan agama dan seluruh pejabat terkait di PTA Jawa Barat agar senantiasa memanfaatkan hasil karya ini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan peningkatan kinerja. Karya ini adalah karya kita, oleh kita dan untuk kita,” harap Bahrussam Yunus di akhir sambutan. (hirpan hilmi)

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak