logo web

Dipublikasikan oleh Abdul Rahman pada on . Dilihat: 730

Perkuat Hubungan, Ketua Umum HISSI Kunjungi Ditjen Badilag

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.od (27/3/2018)

Ketua Umum Himpinan Ilmuwan dan Sarjana Syari’ah Indonesia (HISSI) Prof. Dr. H. Muhammad Amin Suma S.H., M.A., M.M. bertandang ke Ditjen Badilag Selasa siang (27/3/2018). Bersama Dr. H. Khalilurrahman yang juga menjadi pengurus HISSI dan mantan Ketua PTA Jakarta , Amin Suma diterima langsung oleh Drjen Badilag. Dr. H. Abdul Manaf, M.H.

Amin Suma mengungkapkan bahwa kunjungannya kali ini dalam rangka memperkuat hubungan antara HISSI dan Ditjen Badilag. Diakuinya selama ini hubungan HISSI dan Ditjen Badilag sudah terjalin dengan baik. “Terima kasih terhadap apa yang telah diperbuat Ditjen Badilag selama ini, semoga terus berlanjut” ungkapnya di depan Dirjen Badilag dan Ketua Pengadilan Agama Se-Jabodetabek yang juga turut hadir.

Pertemuan kali ini juga dimanfaatkan oleh Amin Suma untuk mensosialisasikan tentang ke-HISSI-an dan apa yang telah diperbuat HISSI selama ini.

HISSI sendiri dilahirkan untuk memenuhi kebutuhan umat dan masyarakat terhadap ilmu-ilmu syariah dan masalah-masalah kesyariahan. HISSI juga berusaha menangkis opini-opini keliru terhadap ilmu-ilmu syariat dan masalah-masalah kesyariahan. Nama HISSI sendiri, menurut Amin Suma merupakan nama pilihan dari 7 nama yang saat itu diusulkan.

Untuk itu, kegiatan HISSI ssat ini pun tidak melenceng dari alasan dilahirkannya. Menurut Amin Suma, aktifitas HISSI saat ini meliputi bidang pendidikan dan pengajaran serta pencerahan syariah dan kesyariyahan melalui seminar-seminar. “HISSI juga bekerja sama dengan Pengadilan Agama melalui Posbakum HISSI” terangnya.

Dari sisi keanggotaan, HISSI bukan wadah yang hanya diisi oleh orang yang bergelar Sarjana Syariah. “HISSI bukan wadah untuk Sarjana Syariah saja, tapi bagi siapapun yang peduli terhadap kesyariahan. Amin mencontohkan, Ketua HISSI wilayah Papua bukanlah bergelar Sarjana Sayariah, tapi seorang Insinyur. “Ada juga yang berpofesi sebagai guru bahkan pimpinan pesantren yang tidak memiliki gelar Sarjana Syariah” terangnya.  

Untuk kebutuhan kesekretariatan, saat ini HISSI tengah membangun gedung kantor yang di atas tanah seluas 90 M2 yang terletak di daerah Jakarta Selatan. “Letak tanah sekretariat HISSI, ini sangat strategis karena letaknya yang hanya beberapa meter dari jalan raya, posisinya yang sangat berdekatan dengan masjid  dan mudah dijangkau dari berbagai arah penjuru ibu kota, karena lokasinya yang dekat dari pintu Tol Pondok Indah” ungkapnya.

Sementara itu, Kholilirrahman mengungkapkan pertemuan kali ini merupakan pertemuan yang sangat monumental, karena sudah agak lama antara HISSI dan Ditjen Badilag tidak melakukan pertemuan. “Pertemuan seperti ini harus terus dihidupkan” pintanya.

Kholilurrahman merasakan banyak manfaat yang diperoleh khususnya bagi peradilan agama. “Melalui kerjasama antara peradilan agama dan HISSI setidaknya ada beberapa peraturan terkait kewenangan peradilan agama yang terwujud” katanya. (hirpan hilmi)

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor