logo web

Dipublikasikan oleh Hermansyah pada on . Dilihat: 4894

 

Hal itu disampaikannya kepada Craig Ewers, ketua tim AIPJ di ruang kerjanya, Rabu (3/4/2013). Craig Ewers adalah pengganti Nicola Colbran yang saat ini bertugas sebagai panitera di Federal Court of Australia.

Craig Ewers bersama Binziad Kadafi dan Peter Demaij sengaja bertandang ke kantor Badilag untuk membicarakan kerjasama antara AIPJ dan Ditjen Badilag pada tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

“Saat ini kita sedang menggalakkan beberapa program terkait hak atas identitas hukum, hak atas proses peradilan yang adil, bersih dan mudah diakses, hak atas informasi hukum,” jelas Craig Ewers kepada Purwosusilo yang didampingi oleh sekditjen Badilag, Farid Ismail, dan dua staff khusus, Achmad Cholil dan Rahmat Arijaya.

Craig juga menjelaskan bahwa AIPJ tetap akan mengadakan pelatihan mediasi bagi hakim agama dan penilaian website peradilan. Program ini terbilang sukses dilaksanakan pada tahun 2011 dan 2012.

Berkenaan dengan pelatihan mediasi, Purwosusilo memandang penting pelatihan tersebut.“Dari tiga pelatihan yang telah diselenggarakan, kami melihat peserta sangat puas dan merasa mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan tentang mediasi yang efektif,” ujarnya.

Farid Ismail mengungkapkan bahwa saat ini masih banyak hakim di PA yang belum mendapatkan pelatihan mediasi. Hal ini disebabkan ketersediaan anggaran yang tidak memadai.

Pelatihan Peningkatan Kualitas Putusan
Peningkatan kualitas tenaga teknis peradilan agama, terutama dalam pembuatan putusan, merupakan salah satu fokus program Ditjen Badilag selama 2013-2014. Usaha tersebut, menurut Dirjen, akan dilakukan dalam bentuk diskusi berkelanjutan dan pelatihan yang terfokus pada permasalahan seputar penguasaan hukum formil dan materil.

Ide Purwosusilo tentang perlunya peningkatan kualitas putusan sejalan dengan rencana tim AIPJ. “Saya sangat senang, apa yang telah kami rencanakan rupanya sejalan dengan yang diprogramkan Ditjen Badilag,” ujar Craig dan Kadafi.

Pelatihan peningkatan putusan itu nantinya berusaha mengkaji putusan pengadilan dengan mengacu pada peraturan dan perundang-undangan. Topik-topik krusial dipilih untuk dibahas dalam pandangan para ahli. Kajian perbandingan dengan international best practices juga dilakukan.

Pelatihan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas putusan, juga bertujuan untuk membiasakan diskursus atau perdebatan hukum yang argumentatif, bertanggungjawab, dan didukung oleh data-data yang kuat di kalangan komunitas hukum Indonesia. Diharapakan kedepan pertimbangan hukum yang dikonstruksi hakim dalam putusannya semakin meningkat kualitasnya.

“Kita tetap melanjutkan program-program yang telah berjalan dengan baik seperti pemanfaatan IT, pelayanan publik dan program justice for the poor,” jelasnya.

(Achmad Cholil | Rahmat Arijaya)

Comments  
# AHP - MS Aceh 2013-04-05 11:36
Kita berharap program kerja sama Badilag dengan AIPJ dapat berjalan dengan baik. Seperti peningkatan kualitas putusan dan mediasi. Dan pengembangan IT untuk keterbukaan informasi. Ditunggu realisasinya.
Reply | Reply with quote | Quote
# Hardinal PTA Jypura 2013-04-05 12:00
Semoga program tersebut terlaksana sesuai dengan harapan dan rencana. Amin!
Reply | Reply with quote | Quote
# Halim M - PA Masihi 2013-04-05 12:29
Pelatikan kepada hakim sangat penting sehingga putusan hakim berkualitas,dan diperlukan persamaan persepsi para hakim dalam putusan, khusunya pada point terakhir dalam amar putusan tentang kata sejumlah dan sebanyak atau sebesar, karena ada sebagain hakim yang mencantumkan kata sejumlah dan ada sebagain yang mencantmkana kata sebanyak dan ada juga yang mencantumkan kata sebesar,
Reply | Reply with quote | Quote
# Ayip PA Tasikmalaya 2013-04-05 13:33
Mudah2an anggaran untuk program pelatihan mediasi dan peningkatan kualitas putusan dapat ditingkatkan terus dan dijadikan program prioritas sehingga bisa diiukuti oleh semua hakim, karena hal itu merupakan kebutuhan mendasar dan universal bagi para hakim.
Reply | Reply with quote | Quote
# andi muliany hasyim 2013-04-05 14:31
Berharap semoga dapat mengikuti pelatihan peningkatan putusan.
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-04-05 14:48
tapi pelatihannya jangan hanya hakim tinggi saja nanti,, juga dikuti oleh hakim tingkat pertama agar putusan pengadilan tingkat pertama berkwalitas...
Reply | Reply with quote | Quote
# Zulkifli S/KMS Lsk. 2013-04-05 16:53
Super ! Dahsyat !
Reply | Reply with quote | Quote
# Warga Peradilan /Bgn Timur 2013-04-05 19:17
Kami berharap AIPJ Patner for Justice Indo - Australia dalam rangka Peningkatan Kwalitas Putusan/Putusan yang berkwalitas yang diterapkan oleh yang mulia Hakim melalui BIMTEK tersebut dapat memberikan citra Peningkatan kwalitas tenaga teknis yang intelektual sebagai subyek penemu hukum dan intelektual logis dalam penerapan peraturan hukum normatif dengan melakukan hukum logika baik yang formil maupun yang materiil dapat mencerminkan hasil yang optimal dalam program pelatihan Peningkatan Kwalitas Putusan Pengadilan Agama yang dilaksanakan Bapak Dirjen Badilag........ ...untuk memberikan putusan yang berkwalitas ada Tipologisasi penemuan hukum oleh G.J. Wiarda menyatakan Putusan yang tepat, padat dan benar yang mana dipersonifikasi pada tiga Wujud (Trimatra) :1. Hakim Sebagai Corong Undang-undang 2. Hakim Sebagai Penterjemah Undang-undang/H ukum 3. Hakim yang menimbang dan memutuskan demi dan menurut keadilan. LovisL. Jaffe mengatakan " The great judge was great because when the accasion cried out for new law he dares " artinya Hakim Yang Besar, karena manakala keadaan dan peristiwa menjerit-jerit meminta hukum yang baru, maka hakim itu berani membuat dan menciptanya .....selamat yang mulia Bpk Dirjen Badilag atas pelaksanaan Bimtek tersebut semogga sukses dan mengahsilkan yang terbaik untuk Peradilan Agama Seluruh Indonesia
Reply | Reply with quote | Quote
# Warga Peradilan /Bgn Timur 2013-04-06 03:03
Semoga kerja sama AIPJ dapat meningkatkan Kwalitas Putusan Pengadilan Agama yang terbaik........ ...dan pelaksanaan bimtek utk Hakim Tinggi dapat memberikan masukan dan sosialisasi ke Hakim Tingkat Pertama terkait dengan hasil bimtek yang didapatnya selama kegiatan....heb at program Dirjen Badilag Bapak Purwosusilo
Reply | Reply with quote | Quote
# Syamsulbahri PA Mks 2013-04-06 08:42
Semoga dengan kerja sama Badilag dengan AIPJ diredhoi oleh Allah swt. sehingga nantinya semua warga pengadilan agama dapat mengikuti pelatihan yang dilaksanakan baik sistem tehnis membuat putusan maupun mediasi, dan pelatihan tersebut tidak hanya Hakim Tinggi tapi juga Hakim tingkat pertama, karena semestinya Hakim tingkat pertamalah yang diutamakan untuk membuat putusan yang baik dan benar (berkwalitas) agar dapat memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat, agar perkara kurang naik banding dan kasasi. semoga sukses...
Reply | Reply with quote | Quote
# Alimuddin M. PA.Denpasar 2013-04-06 09:10
Pelatihan mediasi penting, pelatihan ekonomi syari'ah juga penting, pelatihan peningkatan kualitas putusan lebih penting lagi.
Para Hakim sangat berminat untuk mengikuti pelatihan-pelat ihan tersebut, tapi karena faktor dana, sehingga banyak teman-teman yang belum diikutkan. SABAR!
Reply | Reply with quote | Quote
# saifuddin PA Jaksel 2013-04-07 17:04
Banyak hal mempengaruhi terciptanya putusan yang berkwalitas. Semoga rencana pelatihan kelak dapat mengangkat akar permasalahan dari "kwalitas " suatu putusan, sehingga kelak akan lahir putusan-putusan yang "berkeadilan".
Reply | Reply with quote | Quote
# mulathifah/PA Jambi 2013-04-07 21:02
mahkota hakim adlh putusan,kewibaw aan hakim adlh putusan, wibawa scr lahiriah/penamp ilan fisik tanpa dibarengi tampilan putusan berkualitas adalah semu belaka...so...s mg program peningkatan kualitas putusan tsb dpt terlaksana...Am iin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ujang Jamaludin PA Kuningan 2013-04-07 23:11
Semoga terbawa gerbong pelatihan tersebut diatas (pelatihan mediasi, eksyar, kualitas putusan, dsb)
Reply | Reply with quote | Quote
# Pa. Yadi. PTA, Ambon 2013-04-08 05:57
Kerja sama antara Dirjen Badilaq dgn AIPJ disambut baik oleh semua pihak terkait dgn program diantaranya kualitas putusan PA.Harapannya semoga apa yg diprogramkan tpt sasaran, efektif dan efesien.
Reply | Reply with quote | Quote
# RS.MS.Aceh 2013-04-08 07:35
Diharapkan dari hasil kerjasama antara Dirjen Badilag. dengan AIPJ akan segera terealisir sesuai dengan program kerja yang telah disepakati sedmoga sukses.
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-04-08 07:41
Semoga kerja sama Badilag dengan AIPJ diredhoi oleh Allah swt. sehingga nantinya semua warga pengadilan agama dapat mengikuti pelatihan yang dilaksanakan baik sistem tehnis membuat putusan maupun mediasi, karena Soal membuat putusan yang baik dan benar (berkwalitas) adalah urgent dan sangat utama agar dapat memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat. semoga sukses..
Reply | Reply with quote | Quote
# A Rahim Upuolat PA Masohi 2013-04-08 07:59
Jangankan bermutu tepat pada waktunya saja tidak Bahkan ada putusan sampai satu bulan belum selesai-selesai padahal hanya putusan verstek, ironis memang penghasilan besar mau minta gaji pokoknya dinaikan padahal kwalitasnya stagnat bahkan menurun akibat pusing memikirkan bagaimana habiskan penghasilannya yang besar dan bagaimana mencari tambahan. (hanya oknum saja) tidak semua seperti diatas.
Reply | Reply with quote | Quote
# Jamalaba Malau PA Gunungsitoli 2013-04-08 08:04
kami sangat sependapat dengan program peningkatan kwalitas putusan tersebut, karena putusan adalah mahkota hakim, program tersebut hendaknya disinkronkan dengan aplikasi SIADPA Plus, harapan kita hakim Peradilan Agama dapat mebuat putusan yang argumentatif, sebagaimana yang diharapkan oleh sesepuh PA yang terhormat Bapak Taufiq mantan WAKAMARI. Terima kasih....
Reply | Reply with quote | Quote
# YB DLMT 2013-04-08 08:17
Penampilan memang penting, tapi yang lebih penting lagi produknya, produk pengadilan adalah putusan, oleh karena itu putusan harus berkualitas. Yang membuat dan mengeluarkan putusan adalah para hakim, dengan demikian para hakim harus dibina dan dilatih untuk menjadi hakim yang profesional dalam membuat putusan yang berkualitas. bukan putusan asal jadi.
Reply | Reply with quote | Quote
# Cholidul Azhar PTA Makassar 2013-04-08 10:11
Program peningkatan kualitas putusan harus diprioritaskan karena dengan dipublikasikann ya semua putusan peradilan agama di internet, langsung bisa diketahui publik mana putusan yang berkualitas dan mana putusan yang tidak berkualitas. Selain substansinya, yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diharapkan program tersebut bisa direalisasi secepatnya.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ahmad Zaenal Fanani, PA Sumbawa Besar 2013-04-08 10:40
Saya berharap peserta diskusi hukum adalah para Hakim daerah yg mempuyai pengalaman yg matang dalam menyelesaikan berbabagai kasus hukum dan juga matang mengusai teori dan filsafat hukum. Setiap peserta diskusi membawa contoh putusan terbaiknya ttg kasus-kasus hukum yg pelik dan kompleks (sengketa waris, HB, dll). Harapannya kombinasi antara teori dan praktek bisa menghasilkan konsep perbaikan kualitas putusan hakim yang baik. Selesai diskusi, masing2 peserta harus membuat makalah (hasil diskusi) untuk dipublikasikan dalam majalah hukum mimbar hukum atau varia pradilan. Maju terus badilag,,,
Reply | Reply with quote | Quote
# Haeruddin PA Masamba 2013-04-08 11:10
untuk peningkatan SDM semoga akn lebih banyak lagi yang dapat dilaksanakan oleh Badilag>>>>>>>> dan berharap dapat ikut dalam pelatihan peningkatan putusan
Reply | Reply with quote | Quote
# SBRN_PA Kotabumi 2013-04-08 11:16
Jika Pengadilan Tingkat Banding berfungsi penuh sebagai langkah untuk membendung agar tdk terjadi penumpukan perkara, maka usaha pendidikan dan pelatihan peningkatan kualitas putusan harus lebih dioptimalkan terhadap Hakim Tingkat Pertama untuk mengantisipasi agar para pihak tidak mengajukan Banding.
Reply | Reply with quote | Quote
# Burnalis Burhan PA Bengkalis 2013-04-08 12:08
Saya berminat dan berhasrat serta mengikuti pelatihan di atas, medasi keluarga dan peningkatan kwalitas putusan, sy sangat haus dg materi tersebut, karena sangat berguna dan membantu dalam penyelesaian tugas pokok kita terutama dalam memberikan pelayanan yang prima dan mewujudkan rasa keadilian bagi semua lapisan masurakat,, semoga nama sy ikut dicontel sbg peserta nantinya, smg berhasil n berlanjut kerja sama yang sangat baik ini, amin
Reply | Reply with quote | Quote
# Rusliansyah - PA Nunukan 2013-04-08 12:26
"Putusan adalah mahkota hakim"
Ungkapan yang sudah sering didengar dan didendangkan para praktisi hukum.
Namun, mahkota itu kini kehilangan "kepala" tempat bersemayam.
Keprihatinan yang sama juga seringkali disampaikan Bpk.Tuada Uldilag (sekarang Ketua Kamar PA)dalam berbagai kesempatan berkunjung ke daerah.
Bahkan dalam artikel terakhir Beliau berjudul "Doa, Harapan dan Mimpiku" sangat jelas terlihat keprihatinan Beliau.
Semoga kerjasama dengan AIPJ ini membuahkan hasil yang diinginkan oleh kita bersama!!!
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari. 2013-04-09 07:03
Semoga program2 tersebut bisa dilaksanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.Kalau boleh usul pelatihan peningkatan kualitas putusan dinomor satukan dan pesertanya dipriritaskan untuk hakim tingkat pertama.Kami tunggu pak
Reply | Reply with quote | Quote
# test 2013-04-09 09:52
test
Reply | Reply with quote | Quote
# MARZUQI/PTA.Bjm 2013-04-10 07:47
Ditunggu model putusan yang berkwalitas dapat ditayangkan dalam web badilag/varia peradilan/mimba r hukum sebagai acuan bagi para hakim dalam membuat putusan. Selamat Pak Dirjen terus bekerja untuk kejayaan PA.
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs. Cece Rukmana Ibrahm, SH. K PA. CIBADAK 2013-04-11 14:42
Suatu kerjasama yang baik, sehingga dengan adanaya kerjasama tersebut, akan semakin banyak kegiatan yang bisa laksanakan, termasuk Pelatihan tentang Peningkatan Kwalitas Putusan, dan ini sangat penting, sebab PUTUSAN ITU INTINYA PERADILAN, kalau sering diadakan pelatihan berarti sering diasah kemampuan Hakim dalam membuat putusan, yang pada gilirannya akan melahirkan Putusan-putusan yang berkualitas nantinya. Amin ya rabbal alamin
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep sm PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-04-11 20:30
Betul tuh, putusankan mahkota hakim
Reply | Reply with quote | Quote
# akangjajang/PA.Krw. 2013-04-12 09:34
Boleh berharap peserta pelatihan adalah hakim TK. pertama,dengan narasumber hakim senior yg sarat pengalaman dan teori.tidak fokus di hakim tinggi semata. semoga sukses. amiin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Yis Andispa, SH., S.Sy -PA Nunukan 2013-04-16 09:16
Kerja sama yang luar biasa antara badilag dengan AIBJ. kita berharap tentunya juga dibarengi dengan sebuah usaha agar putusan hakim dapat lebih berkualitas dan juga memberikan efek keadilan subtantif bagi para pihak yang berperkara, terkhusus putusan perkara di tingkat pertama, putusan yang berkualitas akan menghasilkan keadilan subtantif bagi para pihak serta dapat meminimalisir para pihak untuk mengajukan perkara di tingkat banding ataupun kasasi.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ayu.Pta 2013-04-17 14:41
setuju untuk pelatihan mediasi bagi hakim tingkat pertama diadakan lagi, karena belum semua hakim PA yang ikut pelatihan mediasi sedangkan Hakim ditunjuk sebagai mediator di setiap PA,,,upayakan agar hakim-hakim golongan III yang di ikutkan pelatihan,,,jgn hanya yang seniornya saja,,,dan diperlukan pelatihan untuk pembuatan putusan yang baik...
Reply | Reply with quote | Quote
# sarwohadi pta bengkulu 2013-05-03 08:16
kualitas putusan senantiasa kita tingkat kan banyaknya perkara bukan sbg pembenar buat putusan asal jadi sy sangat berharap peserta diutamakan yg layak unt mengembangkan di tempat tugasnya trim.
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Kahfi PA. Klaten 2013-05-06 14:22
MENINGKATKAN KWALLITAS PUTUSAN ADALAH ADALAH IDENTIK DENGAN MENINGKATKAN KWALITAS SDM HAKIM, DAN INI TIDAK CUKUP MELALUI PELAIHATAN, BIMBINGA TEKNIK DISKUSI-DISKUSI DAN SEBAGAINYA.YANG SANGAT PENTING JUSTRU KEMAUAN INDIVIDU-INDIVI DU UNTUK MAJU DAN BERKEMBANG SEIRING DENGAN KEMAJUAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Reply | Reply with quote | Quote
# burman tual 2013-05-17 11:23
badilag maju terus agar mengungguli yg lain
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage