logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 331

Hakim Agung dan Dirjen Badilag Membuka Layanan Isbat Nikah Terpadu di Wilayah Jambi

Jambi l Badilag.mahkamahagung.go.id

Hakim agung Dr. H. Purwosusilo, S.H., M.H. membuka dimulainya layanan sidang isbat nikah terpadu di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, Selasa (12/12/2017).

Layanan isbat nikah terpadu ini merupakan yang pertama di kabupaten ini dan diselenggarakan di Gedung Balai Pertemuan Kantor Bupati.

Pelaksana layanan isbat nikah terpadu ialah PA Kuala Tungkal bersama Kantor Kemenag dan Disdukcapil setempat.

Hakim agung Purwosusilo, yang datang bersama Dirjen Badilag Dr. H. Abdul Manaf, M.H. dan Ketua PTA Jambi Dr. H. Muklis, S.H., M.Hum, memberikan apresiasi positif.

Ia mengatakan, layanan isbat nikah terpadu telah menjadi program unggulan tiga Direktorat Jenderal pada tiga lembaga/kementerian, yaitu Ditjen Badilag MA, Ditjen Bimas Islam Kemenag dan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

”Masyarakat harus berterima kasih dengan adanya pelayanan terpadu yang menghasilkan penetapan isbat nikah oleh PA, penerbitan Buku Nikah oleh KUA dan penerbitan Akta Kelahiran serta Kartu Keluarga oleh Disdukcapil. Semuanya gratis,” ujar hakim agung Purwosusilo.

Kabag Kesra dan Keagamaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hidayat Kasuma S. Sos.I mengatakan, layanan isbat nikah terpadu ini tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Ia menambahkan, pada tahap awal, layanan ini diberikan untuk masyarakat kecamatan Tungkal Ilir. Pada tahun 2018 dan seterusnya, layanan serupa akan dinikmati masyarakat dari kecamatan-kecamatan lainnya.

Setelah acara pembukaan, para hakim tunggal PA Kuala Tungkal memeriksa dan mengadili permohonan isbat nikah yang telah didaftarkan.

Pasangan suami-istri yang permohonan isbat nikahnya dikabulkan langsung mendapatkan salinan penetapan dari PA Kuala Tungkal. Selanjutnya, berbekal penetapan PA, mereka mendapatkan Buku Nikah dari KUA dan Akta Kelahiran serta Kartu Keluarga dari Disdukcapil.

Pembukaan dimulainya layanan isbat nikah terpadu ini dihadiri Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS beserta aparatur pemerintah kabupaten setempat.

[RR/Jurdilaga PTA Jambi]

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor