1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Dirjen Badilag Lakukan Sidak di Pengadilan Agama Singaraja

Singaraja | badilag.mahkamahagung.go.id (22/9/2017)

Jum’at pagi (22/9/2017) menjadi hari yang luar biasa bagi Pengadilan Agama (PA) Singaraja karena kedatangan Dirjen Badan Peradilan Agama MA RI Dr. H. Abdul Manaf, M.H.

Abdul Manaf datang dan langsung masuk ke tiap-tiap ruangan, termasuk kamar mandi yang memang sering menjadi perhatiannya saat berkunjung ke beberapa Pengadilan Agama.

Ruangan yang cukup lama diperhatikan adalah ruang perpustakaan. Ia sempat mencari-cari buku Ruang Lingkup Eksekusi karangan Yahya Harahap dan beberapa buku Yurisprudensi tahun 1950 hingga 1970-an.

“Badilag telah mengirimkan buku-buku Hukum Acara Perdata dan Ruang Lingkup Permasalahan Eksekusi karangan Yahya Harahap ke seluruh Pengadilan Agama,” katanya.

“Jika mengutip isi dari kitab fiqh atau buku lainnya, dalam menyusun tulisan maka harus berpedoman kepada cara pengutipan yang benar dengan mencantumkan judul buku, pengarangnya, cetakan ke berapa dan tahunnya, penerbit, halaman berapa dan lain sebagainya,” sambungnya.

Setelah puas meneliti buku-buku di perpustakaan, Abdul Manaf meminta Panitera untuk menyediakan 4 berkas perkara dan menyiapkan register perkara dan register keuangan perkara untuk diperiksa. Wakil Ketua dan beberapa hakim juga dipanggilnya untuk mendiskusikan berkas perkara itu.

Abdul Manaf sangat mengapresiasi saat melihat kerapihan dan kelengkapan buku register perkara, jurnal keuangan perkara dan buku induk keuangan perkara. Bahkan kuitansi pengembalian sisa panjar yang dihadirkan oleh kasir perkara.

Puas berdiskusi dengan Hakim, memeriksa berkas dan register perkara, ia meminta Wakil Ketua untuk mengumpulkan seluruh pegawai PA Singaraja di ruang pertemuan untuk diadakan pembinaan.

Abdul Manaf mengawali pembinaannya dengan memaparkan kondisi miris tentang umat Islam umumnya dalam hal pelayanan, kerapihan dan kebersihan. Ia meminta agar kita semua mau belajar dari negara-negara yang maju dalam hal pelayanan masyarakat, kerapihan dan kebersihan. “Sekalipun sejak kecil kita sudah mengaji tentang kebersihan” imbuhnya.

Terkait Maklumat Mahkamah Agung, Abdul Manaf menginstruksikan kepada seluruh pimpinan pengadilan agar mensosialisasikannya. Di Tahun 2017 ini, Mahkamah Agung telah mengeluarkan Maklumat Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017 Tentang Pengawasan dan Pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya.
Dalam penanganan perkara, para Hakim dituntut untuk lebih fokus dalam memeriksa perkara. “Saat menggali keterangan dari saksi jangan melebar kemana-mana dan mempertanyakan yang tidak perlu” katanya.

“Saat saksi datang jangan langsung disumpah, tapi tanyakan dulu identitasnya, catat nomor identitasnya, tanyakan hubungan kekerabatan dan hubungan pekerjaan dengan para pihak. Kalau sudah clear barulah disumpah” sambungnya.

 Untuk para hakim yang kebetulan ditempatkan di pengadilan yang jumlah perkaranya sedikit, Abdul Manaf menyarankan untuk rajin menggunakan waktu dengan membaca buku. “Persiapkan diri untuk perkara ekonomi syariah, khususnya perkara gugatan sederhana” katanya.

Di Pengadilan Agama tentu saja ada permasalahan yang harus diselesaikan. “Jika terdapat permasalahan, ungkapkan dulu ke pimpinan kantor” sarannya.

Agar tidak salah dalam mengambil keputusan berkaitan dengan Promosi dan Mutasi, ia menekankan kepada seluruh pengadilan di lingkungan peradilan agama untuk men-update terus data di aplikasi kepegawaian baik Sikep maupun ABS.

Abdul Manaf juga meminta agar seluruh Aparatur Pengadilan Agama Singaraja untuk menjaga kekompakan, pelayanan dan citra kantor Pengadilan Agama Singaraja.

Tidak hanya ke Pengadilan Agama Singaraja, di hari yang sama Dirjen Badilag juga melakukan sidak di Pengadilan Agama Karangasem.

[admin pa/Ibnu AR/hirpan hilmi]

Comments  

 
# zainal ridho 2017-09-26 08:34
selamat pak wakil irman fadly...sukses terus
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# m. taufik pa tondano 2017-09-26 14:10
sukses buat pa Singaraja, ingat pesan pak dirjen....
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# waka pa kdl 2017-10-03 07:10
jangan takut melangkah untk berbuat yg lebih baik lagi. Kolsul dan kords antar pimp. Selamat berkarya agar lebih jaya pedomani amanat yg mulia.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak