logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 864

Badilag Seminarkan Bahan Ajar Elearning Bidang Administrasi Perkara

Bogor l Badilag.mahkamahagung.go.id

Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag menyelenggarakan seminar dalam rangka penyusunan bahan ajar e-learning Badilag bidang administrasi perkara peradilan agama.

Berlangsung selama tiga hari (8-10/11/2017) di Bogor, seminar ini diikuti sejumlah hakim agung, ketua dan wakil ketua PTA, ketua PA, asisten hakim agung, dan panitera PA.

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag Dr. H. Hasbi Hasan, M.H. mengatakan, naskah yang diseminarkan merupakan hasil kerja Tim Penyusun yang diketuai oleh hakim agung Dr. H. Yasardin, S.H., M.H., sejak masih menjadi hakim tinggi pada Balitbangdiklat MA, beberapa bulan lalu.

“Sebelumnya sudah ada dua kali pertemuan. Yang pertama menyusun draft dan yang kedua memperbaiki draft yang ada,” kata Hasbi Hasan.

Seminar ini, menurutnya, dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pakar di bidangnya masing-masing.

Naskah yang diseminarkan ialah delapan modul atau bahan ajar,  yaitu Sekilas tentang Perkembangan Administrasi Perkara di Lingkungan Peradilan Agama; Penerimaan dan Pendaftaran Perkara; Pendistribusian Perkara; Persidangan (Persiapan, Pelaksanaan dan Setelah Persidangan); Penyelesaian Perkara; Upaya Hukum (Verzet, Banding, Kasasi, PK, Derden Verzet); Pelaporan dan Kearsipan Perkara; dan Keuangan Perkara.

Tiap-tiap modul berisi rancang bangun pembelajaran atau kurikulum beserta materi pelajaran. Kurikulum itu meliputi nama pelatihan, mata pelajaran, alokasi waktu, deskripsi singkat, tujuan pembelajaran, juga indikator hasil belajar yang diuraikan secara rinci. Materi pelajaran terdiri dari pokok materi dan sub-sub pokok materi.

Selaku Ketua Tim Penyusun, Yasardin berharap mendapatkan berbagai masukan. Masukan-masukan itu kemudian akan diolah kembali oleh tim yang dipimpinnya.

 “Naskah ini tentu saja masih memerlukan berbagai penyempurnaan. Nanti kalau sudah final, perlu ada satu tahap lagi untuk pembahasan naskah ini menjadi elearning dalam bentuk teks, grafis, tabel, gambar, animasi dan video,” kata Yasardin.

Direncanakan, penyusunan kurikulum dan bahan ajar e-learning Badilag bidang administrasi perkara peradilan agama ini rampung sebelum akhir tahun 2017 untuk kemudian dikonversi menjadi bahan ajar yang siap saji di sistem e-learning Badilag.

[hermansyah]

Comments  

 
# m taufik pa tondano 2017-11-10 09:48
semoga cepat terealisasi, demi kemajuan peradilan agama, aaamiiinn
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# mwiaty@pta mdn 2017-11-10 10:24
BADILAG H E B A A T T TERUS MENINGKAT semoga ALLAH MERIDLAI penyusunan kurikulum ini rampung tepat waktu.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# umi 2017-11-13 09:00
Dalam buku SAPM bisa dilihat materi yang harus dipersiapkan oleh Direktorat Administrasi Badilag. Materi tsb dapat dipakai oleh pegawai pengadilan sesuai dengan bidangnya dalam mempersiapkan pelayanan kepada para pihgak yang berperkara .Hanya disayangkan sampai saat ini materi SAPM banyak yang belum dilakukan sosialisasi dalam penerapannya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Mazharuddin 2017-11-14 09:52
semoga segera terealisasi utk menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
# Yoeni 2017-11-27 08:02
semoga saya jadi peserta nya, elearning badilag cocok dimana pun kapanpun...demi bertambahnya ilmu
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor