1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Badilag Seminarkan Bahan Ajar Elearning Bidang Administrasi Perkara

Bogor l Badilag.mahkamahagung.go.id

Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag menyelenggarakan seminar dalam rangka penyusunan bahan ajar e-learning Badilag bidang administrasi perkara peradilan agama.

Berlangsung selama tiga hari (8-10/11/2017) di Bogor, seminar ini diikuti sejumlah hakim agung, ketua dan wakil ketua PTA, ketua PA, asisten hakim agung, dan panitera PA.

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badilag Dr. H. Hasbi Hasan, M.H. mengatakan, naskah yang diseminarkan merupakan hasil kerja Tim Penyusun yang diketuai oleh hakim agung Dr. H. Yasardin, S.H., M.H., sejak masih menjadi hakim tinggi pada Balitbangdiklat MA, beberapa bulan lalu.

“Sebelumnya sudah ada dua kali pertemuan. Yang pertama menyusun draft dan yang kedua memperbaiki draft yang ada,” kata Hasbi Hasan.

Seminar ini, menurutnya, dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pakar di bidangnya masing-masing.

Naskah yang diseminarkan ialah delapan modul atau bahan ajar,  yaitu Sekilas tentang Perkembangan Administrasi Perkara di Lingkungan Peradilan Agama; Penerimaan dan Pendaftaran Perkara; Pendistribusian Perkara; Persidangan (Persiapan, Pelaksanaan dan Setelah Persidangan); Penyelesaian Perkara; Upaya Hukum (Verzet, Banding, Kasasi, PK, Derden Verzet); Pelaporan dan Kearsipan Perkara; dan Keuangan Perkara.

Tiap-tiap modul berisi rancang bangun pembelajaran atau kurikulum beserta materi pelajaran. Kurikulum itu meliputi nama pelatihan, mata pelajaran, alokasi waktu, deskripsi singkat, tujuan pembelajaran, juga indikator hasil belajar yang diuraikan secara rinci. Materi pelajaran terdiri dari pokok materi dan sub-sub pokok materi.

Selaku Ketua Tim Penyusun, Yasardin berharap mendapatkan berbagai masukan. Masukan-masukan itu kemudian akan diolah kembali oleh tim yang dipimpinnya.

 “Naskah ini tentu saja masih memerlukan berbagai penyempurnaan. Nanti kalau sudah final, perlu ada satu tahap lagi untuk pembahasan naskah ini menjadi elearning dalam bentuk teks, grafis, tabel, gambar, animasi dan video,” kata Yasardin.

Direncanakan, penyusunan kurikulum dan bahan ajar e-learning Badilag bidang administrasi perkara peradilan agama ini rampung sebelum akhir tahun 2017 untuk kemudian dikonversi menjadi bahan ajar yang siap saji di sistem e-learning Badilag.

[hermansyah]

Add comment

Pembaruan MA

Layanan Info

BANNER SUBDIT HAKIM

hasil-tpm

Elearning

Banner majalah

tnde01

BANER WEB

simtalak