logo web

Dipublikasikan oleh Hermansyah pada on . Dilihat: 5853

 

Sejak beberapa pekan lalu, AIPJ mulai mengadakan pertemuan dengan instansi-instansi tersebut. Tujuannya untuk berkonsultasi, meminta masukan dan gambaran yang lebih luas mengenai hal-hal yang perlu ditangani beserta pendekatan yang dianggap strategis ke depannya.

Di antara instansi yang didatangi AIPJ adalah PTA Makassar. Senin (25/3/2013), Konsultan AIPJ Wahyu Widiana bersama Koordinator AIPJ Hilda Suherman menggelar pertemuan dengan Ketua PTA Makassar Alimin Patawari di Aula PTA Makassar. Pertemuan itu dihadiri pula Wakil Ketua dan para hakim tinggi PTA Makassar bersama pimpinan PA-PA sewilayah Sulawesi Selatan.

“Legal identity sangat penting sebagai salah satu prasyarat dalam mewujudkan hak-hak dasar sosial ekonomi, hak untuk mendapatkan peradilan yang adil, bersih dan aksesibel, serta hak untuk memperoleh informasi hukum,” ujar Wahyu Widiana.

Menurut mantan Dirjen Badilag itu, ketiga bentuk dokumen legal identitas tersebut berkaitan erat satu sama lain. Memiliki dokumen-dokumen itu bukan saja merupakan hak asasi manusia, melainkan juga merupakan syarat bagi terbukanya kesempatan untuk setiap anak dan perempuan, terutama dari kelompok rentan, untuk mengakses pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dalam bentuk bantuan sosial dan perlindungan hukum.

Wahyu Widiana juga menjelaskan bahwa menjelaskan bahwa AIPJ adalah program hukum dan keadilan yang didanai oleh Pemerintah Australia melalui AusAID. AIPJ memfokuskan diri pada upaya mewujudkan hak masyarakat Indonesia terutama masyarakat miskin, perempuan, anak dan penyandang disabilitas.

“Peradilan agama dipandang cukup berhasil selama ini dalam menjalankan program sidang keliling, perkara prodeo dan Posbakum untuk masyakat miskin dan atau kurang mampu dalam rangka justice for all,” ujar mantan Dirjen Badilag itu.

Ia menilai, kerjasama yang dibangun antara Australia dan Indonesia di bidang hukum selama ini cukup berhasil. Karena itu keberhasilan itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan.

Hildan Suherman menambahkan, ada tiga fokus pencapaian utama yang dikehendaki AIPJ dalam program ini. Pertama, peningkatan signifikansi bagi anak di atas satu tahun yang tidak terdaftar kelahirannya, khususnya yang paling rentan dan termarginalkan, tercatat dan mendapatkan akta kelahiran.

Kedua, peningkatan signifikansi bagi anak di bawah satu tahun termasuk bayi yang baru lahir, khususnya yang paling rentan dan termarginalkan, tercatat dan mendapatkan akta kelahiran. Dan ketiga, peningkatan signifikansi bagi perempuan, khususnya yang paling rentan dan termarginalkan, tercatat dan mendapatkan akta nikah dan atau akta cerai.

Ketua PTA Makassar Drs. H. Alimin Patawari, S.H.,M.H. menyambut positif inisiatif AIPJ. Ia juga mengaku mendapat kehormatan atas kunjungan AIPJ. “Apalagi yang datang adalah Pak Wahyu. Sekalipun beliau tidak lagi berada di lingkungan badan peradilan agama secara kelembagaan, tetapi dalam konteks hubungan emosional kita tidak bisa dipisahkan dengan beliau,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini ia mengungkapkan bahwa di wilayah Sulsel ada PA yang melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam rangka isbat nikah, yaitu Pengadilan Agama Polewali. Tahun 2012 lalu program isbat nikah ini telah membantu sekitar 300 orang dan pada tahun 2013 ini diperkirakan sekitar 800 orang yang akan terbantu.

“Kita berharap agar supaya program-program yang disampaikan dalam pertemuan ini dapat menjadi panduan bagi kita dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi kita, khususnya yang terkait dengan isbat nikah,” tandas Ketua PTA Makassar.

(hermansyah l pta-makassarkota.go.id)

Comments  
# Masrinedi-PA Painan 2013-04-01 10:27
Semoga prosesi pengumpulan data tentang Legal Identity oleh AIPJ berlangsung sukses dan mudah sehingga sangat membantu masyarakat dalam pengurusan surat-menyuratn ya terkait hak-hak mendasarnya selaku warga negara. Aamiin !
Salam hangat buat pak Wahyu yang masih bersemangat dalam berkarya selaku konsultan AIPJ. :-)
Reply | Reply with quote | Quote
# h. masruri, ptk 2013-04-03 13:23
Apresiasi buat pak Wahyu atas perhatian yg tinggi kepada peradilan Agama dan memberikan pemahaman kepada kita tentang pentingnya legal identity, Semoga kerjasama dengan AIPJ memberikan manfaat yang sebesar-besarny a demi terciptanya kesejahteraan rakyat melalui penegakkan hukum dan keadilan, dan dengan program pengumpulan data tentang legal identity.
Reply | Reply with quote | Quote
# mwiaty@ptapdg 2013-04-01 10:30
Apresiasi buat pak Wahyu dan syukrn atas perhatian yg tinggi kepada peradilan khususnya peradilan Agama yg memberi ilmu kepada kita tentang pentingnya legal identity karena sbg salah satu syarat dalam mewujudkan hak hak dasar sosial ekonomi hak memperoleh keadilan (perlindungan hukum) semoga hal ini merupakan amal baik bapak yg akam memperoleh ganjaran Amin :-)
Reply | Reply with quote | Quote
# M.khotib PTAJK 2013-04-01 10:35
Legal Identity memang sangat diperlukan masyarakat, bagi masyarakat yang mempunyai pendidikan diatas rata rata mungkin faham akan pentingnya Legal Identity untuk masa depan anak-anaknya dan status diri yang jelas.Lain halnya dengan masyarakat awam yang termarginalkan, jika anak mau sekolah dan ada yang mau menikah baru ada perhatian. Yang jelas alasan ekonomi, karena biaya tinggi sehingga diabaikan saja sehingga statusnya tidak jelas. Mohon AIPJ bisa usulkan kepada instansi terkait untuk biaya prodeo sehingga tertib dan masyarakat yang termarjinalkan bisa mendapatkan hak yang sama. Selamat berjuang.... AIPJ dengan tujuan yang mulianya. Amiiiin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Warga Peradilan 2013-04-01 10:39
tulisan bahasan dalam Pertemuan AIPJ yang dilaksanakan dalam jajaran Peradilan Agama Se-Wilayah Peradilan Tinggi Agama Makassar yang terkait dengan opserfasi pengumpulan data Legal Identity yang terkaiy dengan Akta Lahir, Akta Nikah dan Akta Cerai ini sangat penting bagi Peradilan Agama Seluruh Indonesia agar pengkajian terhadap permasalahan Anak yang lahir diatas satu tahun dan anak yang baru lahir yg tdk terdaftar kelahirannya yg rentang dan termarginal untuk memperoleh secara formal Hukum Legal Identity begitupula bagi perempuan yg juga rentan dan termarginal tercatat dan mendapat Akta Nikah dan Akta Cerai akibat perbuatan hukum ....kami juga salut Kegiatan AIPJ agar para hakim lebih profosinal memahami maksud dari kerjasama Australia Indonesia Partnership For Justice untuk memacu kwalitas sumber daya agar kedepan lebih go internasional dibidang Hukum dalam hal putusan yang dapat memberikan rasa keadilan dan hak-hak asasi putusan dapat dirasakan oleh masyarakat pencari keadilan khususnya dilingkungan Peradilan Agama.........s ukses ketua PTA Makassar dan sewilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Makassar
Reply | Reply with quote | Quote
# Muhammad Azhar-Bengkalis 2013-04-01 10:59
program AIJP dalam hal legal identity sudah sangat mendasar di Peradilan Agama karena hal tersebut menyangkut tentang perkara di bidang perkawinan, oleh karenanya PA disebut sebagai Family Court. Semoga kerjasama ini terus berlanjut amien...
Reply | Reply with quote | Quote
# Alimuddin M. PA.Denpasar 2013-04-01 11:03
Kita patut berterima kasih dan mengapresiasi kepada Pemerintah Australia atas perhatiannya untuk membantu pemerintah Indonesia dalam mengentaskan masyarakat marginal (miskin).
Reply | Reply with quote | Quote
# Al Fitri - PA Manna 2013-04-01 11:09
saya sangat sepakat bahwa “Peradilan agama dipandang cukup berhasil selama ini dalam menjalankan program sidang keliling, perkara prodeo dan Posbakum untuk masyakat miskin dan atau kurang mampu dalam rangka justice for all...
Reply | Reply with quote | Quote
# Idrislatif pta jambii 2013-04-01 11:22
legal identity merupakan perlindungan atau hak hak hukum yang diberikan kepada masyarakat, secara sosial ekonomi, ketuka peradilan agama melayani sidang kelling, posbakum, prodeo, merupakan iplimentasi dari sebagian legal identity, maka programa posbakum, prodeo dan sidangkeliling merupakan pelayanan hak hak hukum bagi masyarakat, maka hukum telah menempatkan azas equality before the law, semoga apa yang diberikan dan di perjuangkan oleh bapak Wahyu Widiana selalu bermammfaat dan berlanjut teruss amiiin;
Reply | Reply with quote | Quote
# Munir-PA.Kis 2013-04-01 13:49
Patut kita apresiasi dan terimakasih kepada AIPJ, yang selalu konsen dalam membantu masyarakat miskin terutama yang berkaitan dengan hak-haknya dalam memmperoleh keadilan di Lembaga Peradilan. Kepada Pak Wahyu Widiana kami doakan semoga Bapak sehat selalu, bapak telah banyak berbuat untuk kemajuan Peradilan Agama, bahkan sampai sekarang meskipun sudah pensiun tetap memikirkan dan memberikan perhatian untuk kemajuan Peradilan Agama.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ujang Jamaludin PA Kuningan 2013-04-01 23:13
Semoga kerjasama dengan AIPJ memberikan manfaat yang sebesar-besarny a demi terciptanya kesejahteraan rakyat melalui penegakkan hukum dan keadilan, khususnya dengan program pengumpulan data tentang legal identity.
Reply | Reply with quote | Quote
# Pa. Yadi. PTA, Ambon 2013-04-02 06:29
Kerjasama antara Indonesia dengan Australia (AIPJ) dalam program hukum dan keadilan dan lain-lain diapresiasi oleh semua pihak termasuk jajaran lembaga peradilan di Indonesia. Terobosan akbar yang mendunia yg telah dilakukan ini adalah gebrakan baru utk terwujudnya program Dirjen Badilaq yg berorentasi kpd kebutuhan masyarakat miskin atau kurang mampu baik itu juctice for all atau hak-hak lain yg dihadapi masyarakat miskin saat ini. Trs berkarya utk kemaslahatan ummat.
Reply | Reply with quote | Quote
# Ismail Paisuly, PA Masohi 2013-04-02 06:51
Trims banget kepada AIPJ yg selalu mencurahkan perhatian dan melakukan terobosan serta selalu berapiliasi dengan Badilag dalam upaya peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat terutama yg kurang mampu. Trims juga khusus kepada Pak Wahyu Widiyana yg masih senantiasa mengabdikan diri, sumbangsi tenaga serta pikiran ke arah peningkatan eksistensi Badilag, terutama pasca purna bakti beliau. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan bapak dan koleganya, Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# M.Yusuf PA Kendari. 2013-04-02 07:37
Salut and bangga terhadap Pak Wahyu selaku Konsultan AIPJ (mantan Dirjen Peradilan Agama) yang semangatnya tidak pernah surut untuk membangun Peradilan Agama, berbagai cara beliau mengekspresikan pengetahuaannya demi Pengadilan Agama.Semoga Pak Wahyu sehat selalu
Reply | Reply with quote | Quote
# Sisvayetti .Pta SBY 2013-04-02 08:32
Mdh2an data2legalident ity yang dikumpulkan AIPJ selalu akurat ,salut buat pak Wahyu yang selalu punya perhatian penuh terhadap masyarakat bawah .
Reply | Reply with quote | Quote
# H.BARMULA PTA AMBON 2013-04-02 08:52
Pak Wahyu lebih agresif jg skarang, konsultan AIJP, semangatnynx masih Tinggi melihat Peradilan Agama.Moga Allah SWT selalu melindungi beliau wawasannx yang genius.
Reply | Reply with quote | Quote
# RS.MS.Aceh 2013-04-02 09:03
Program AIPJ ini sangat baik sekali karena pokusnya pada masyarakat yang kurang mampu, semoga pengumpulan data Legal Identity segera berhasil dengan cepat.
Reply | Reply with quote | Quote
# ACHMAD EDY RAWIDY 2013-04-02 10:33
apapun bentuknya upya2 yg dilakukan oleh AIPJ selama ini telah berhasil memperjuangkan kemudahan2 yg menguntungkan bagi para pencari keadilan di Pengadilan Agama, surprise untuk Mr Wahyu Widiana dkk.
Reply | Reply with quote | Quote
# Syamsulbahri PA Mks 2013-04-02 11:00
Selamat dan terima kasih kepada AIPJ atas perhatian dan bantuan dari Australia terhadap bangsa Indonesia, semoga masyarakat yang kurang mampu merasa ada perhatian sama dengan masyarakat yang lainnya. sehingga tidak ada kesenjangan antara masyarakat mampu dan yang tidak mampu...selamat sukses...
Reply | Reply with quote | Quote
# Drs. Cece Rukmana Ibrahm, SH. K PA. CIBADAK 2013-04-02 11:15
Terima kasih kepada AIPJ yang telah mengumpulkan data tentang Peradilan Agama, semoga usaha memperkenalkan dan memajukan Peradilan Agama di mata International sukses dan mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat Dunia
Reply | Reply with quote | Quote
# Dalih Effendy, PA. Krw. 2013-04-02 13:41
" USUL KE PAK DIRJEN "
PA. Karawang sudah siap bekerja sama dengan 3 lembaga lainnya yaitu PN, KUA/Kemenag dan Catatan Sipil untuk menggelar One Stop Cervice in One Day dalam melayani akses keadilan bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan Akta nikah dan Akta Kelahiran. Hanya disayangkan pihak PN yang memeriksa penetapan akta kelahiran anak yang sudah lewat 1 tahun tidak mau menerima Penetapan Isbat Nikah dari PA sebagai bukti perkawinan orang tua si anak, mereka tetap meminta akta nikah dari KUA berdasarkan catatan PPN atas pernikahan orang tua tersebut berdasar dari penetapan PA. sehingga mau tidak mau penetapan PA mesti dicatatkan ke KUA setempat terlebih dahulu baru dijadikan alat bukti di PN. Sama halnya PN catatan sipil juga tidak mau menerima penetapan kelahiran anak itu jika dikeluarkan dari PA, sehingga jika masyarakat miskin yang tidak punya buku nikah dan sudah 1 tahun lebih anaknya belum punya akta kelahiran maka mau tidak mau mereka harus sidang di PA untuk isbat lalu ke KUA untuk mencatat terus ke PN untuk penetapan akta kelahiran baru terakhir ke catatan sipil untk memperoleh akta kelahiran dalam 1 hari dan di satu gedung pelayanan satu atap dalam satu hari ini harus selesai.
Semoga pak Dirjen bisa memantau dan bisa memberi masukan baik kepada PN, KUA maupun catatan sipil/Pemda bahwa penetapan isbat nikah pengadilan agama sama seperti akta nikah, dan penetapan asal usul anak dari PA sama seperti penetapan akta kelahiran anak dari PN.sehingga kita bisa lebih sinergi dalam melayani masyarakat secara cepat, sederhana dan biaya yang ringan. Terima kasih.
Reply | Reply with quote | Quote
# anwaruddin 2013-04-11 11:03
Semoga apa yang diupayakan untuk membantu masyarakat tidak mampu bisa cepat terealisir dan tidak ber belit2. Trimakasih pak Wahyu, walaupun sudah tidak di Badilag lagi, cintanya ke Badilag tidak luntur, semoga upaya pak Wahyu dengan AIPJnya menjadi amal saleh.
Reply | Reply with quote | Quote
# ayep sm PA Tasikmalaya / Singaparna 2013-04-11 20:35
Selamat bekerja saja atuh
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage