logo web

Pustaka

 Biografi Chatib Rasyid 

Judul Buku Bigrafi Chatib Rasyid
Penulis Muhammad Irfan Husaini dan Nurul Hakim
     
Penerbit Pustaka Aura Semesta
Tahun Terbit  : 2014
Cetakan  : Pertama
Tebal Buku  : 54 halaman

Judul Buku :
Formula Baru Ilmu Falak ; Panduan Lengkap & Praktis

Hisab Arah Kiblat, Waktu Waktu Shalat, Awal Bulan dan Gerhana
Pengarang :
Drs. A. Kadir, M.H. (Panmud Hukum PTA Palu)
Penerbit
:
Amzah Jakarta
Cetakan
:
Pertama
Tahun
:
2012
Tebal Buku
:
284 halaman

• Isi buku :

Buku ini merupakan buku daras pertama yang menyajikan praktikum ilmu falak secara komprehensif dengan data yang valid, merujuk pada Al-Qur'an dan Hadits Nabi yang dipadukan dengan Sains Modern. Disusun terutama sebagai referensi atau bahan acuan, baik untuk dipelajari sendiri maupun dimanfaatkan dalam pengajaran di ruang kelas.  Format sajiannya mulai dari masalah pengertian Ilmu Falak, Sketsa Pertumbuhan dan Perkembangan, Objek Kajiannya seperti Bumi, Bulan dan Matahari (BBM), termasuk perbedaannya dengan ilmu nujum serta hukum mempelajarinya.

Buku ini juga membahas tentang kegunaan Ilmu Falak itu sendiri dalam pelaksanaan ibadah, selain persoalan praktikumnya yang meliputi ; cepat tepat hisab arah kiblat, cara praktis menghitung awal waktu shalat, cara mutakhir menetapkan awal bulan (tahun hijriyah), dan cara mudah mendeteksi gerhana lengkap dengan kalkulasinya. Yang menarik, sang penulis telah memprediksi Gerhana Matahari Total yang dapat dilihat seluruh Indonesia, seperti Pekanbaru, Palangkaraya, Palembang, Palu, Balikpapan dan Ternate, tepatnya pada tanggal 9 bulan Maret tahun 2016 yang akan datang.

Menyambut Surat Edaran Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama tentang Pembinaan Hisab Rukyat di Lingkungan Peradilan Agama, maka buku ini sangat urgen untuk menjadi rujukan bagi segenap warga Peradilan Agama, termasuk sejumlah instansi yang berkaitan dengan urusan Agama Islam, sehingga sangat disayangkan apabila instansi terkait belum memiliki dan mengkoleksi buku luar biasa ini. (Tirthathahirah)

Judul Buku :
Hukum Bisnis Syari'ah Dalam Al-Quran
     
Pengarang : Drs. A. Kadir, M.H. (Panmud Hukum PTA Palu)
Penerbit : Amzah Jakarta
Cetakan : Pertama
Tahun : 2010
Tebal Buku : 178 halaman

• Isi buku :

Buku ini membahas tentang hukum bisnis syariah yang merupakan keseluruhan dari peraturan-peraturan dan ketentuan hukum yang erat kaitannya dengan praktik bisnis secara syar’i; merujuk kepada Alquran, Sunnah, dan Ijtihad ulil amri. Keistimewaan yang akan anda dapatkan dalam buku ini adalah pembahasan seputar hukum bisnis syariah di antaranya ; Dasar-dasar dan prinsip hukum bisnis syariah, Etika dalam hukum bisnis syariah, Filosofi dan karakteristik hukum bisnis syariah dalam Alquran, dan Perspektik Alquran mengenai hukum bisnis syariah yang meliputi kepemilikan modal atau ra’s al-mâl, tenaga kerja yang professional, keuntungan yang bernilai tambah, etc.

Konsep hukum bisnis syariah yang ada dalam Alquran berbeda dengan hukum bisnis konvensional. Hukum bisnis syariah memiliki perspektif tersendiri di mana karakteristiknya bertujuan untuk menetapkan perlindungan (himayah) dan pemeliharaan (ri’ayah) terhadap kemashlahatan umat manusia dengan menjamin kebutuhan primer (adh-dharuriyyah), kebutuhan sekunder (al-hajiyyat) dan kebutuhan tersier (at-tahsiniyyat), yaitu maqashid yang dimaksudkan agar manusia melakukan yang terbaik untuk menyempurnakan pemeliharaan lima unsur pokok (adh-hdaruriyyat al-khamsah) ; agama, jiwa, keturunan, akal, dan harta.

Sekarang bagaimanakah eksistensi hukum bisnis syariah dalam sistem hukum Indonesia  ? Dalam konstitusi tertulis Negara Republik Indonesia,  disebutkan ; Undang-undang Dasar 1945  Bab XI tentang agama, dengan tegas menyatakan pada Pasal 29 ayat (2) : Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaannya itu. Ketentuan Pasal 29 ayat (2) di atas secara yuridis menjadi dasar penerapan hukum bisnis syariah di Indonesia. Istilah prinsip syariah itu telah digunakan dalam Pasal 1 angka 13 Undang Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan. Dan sudah tentu dengan diundangkannya Undang-undang Nomor 50 Tahun 2009 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, kesempatan untuk berlakunya hukum bisnis syariah sebagai hukum qadha’i semakin besar. (Tirthathahirah)

Sample ImageJudul Buku :
Perkembangan Mutakhir Hukum Islam di Asia Tenggara
 
: Studi Kasus Hukum Keluarga dan Pengkodifikasiannya
Pengarang:
Sudirman Tebba
Penerbit
:
Mizan
Cetakan
:
Pertama
Tahun
:
1993
Tebal Buku
:
187 halaman

• Isi buku :

Ada kecenderungan yang menonjol yang berkaitan dengan perkembangan hukum Islam di Asia Tenggara, yaitu:

1.    Hukum Islam telah berubah dan bergeser dari orientasinya yang menekankan persoalan ibadah menuju persoalan muamalah. Perdebatan hukum saat ini sudah tidak lagi dipenuhi oleh masalah ibadah saja seperti batalnya wudhu seseorang jika bersentuhan dengan lawan jenisnya, tetapi sudah merambah ke persoalan-persoalan halal haramnya makanan atau ekonomi syari’ah.

2.    Penyadaran hukum tidak hanya satu mazhab, tetapi diperluas untuk melihat dan merujuk ke pelbagai mazhab fiqh yang ada.

Cakupan masalah hukum Islam di Asia Tenggara sangat luas, baik materinya maupun institusi pengembangannya. Dari segi materi misalnya muncul isu hukum Islam di bidang pidana, bisnis, barang gunaan dan makanan disamping masalah-masalah yang menyangkut kewenangan pengadilan agama selama ini seperti perkawinan, perceraian dan kewarisan. Dari segi institusi pengembangan hukum Islam ada masalah pengembangan mengenai eksistensi lembaga peradilan, kodifikasi dan organisasi hukum Islam.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor