logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 1353

Menghadirkan Allah dalam Setiap Peristiwa

Dr. H. Abdul Manaf, S.H., M.H.

Sebagai umat Islam, kita senantiasa melandaskan setiap peristiwa hanya kepada Allah SWT. Demikianlah hakikat rukun iman keenam yaitu iman kepada qadla dan qadar, baik ataupun buruk. Rukun iman keenam ini mengajarkan kita bahwa Allah hadir dalam setiap persitiwa besar maupun kecil, senang ataupun sedih, lapang ataupun sempit.

Dalam Al-Quran surat Al-An’am ayat 59 disitir bahkan daun yang jatuh pun atas sepengetahuan Allah SWT. Demikian juga guru-guru kita terdahulu memberikan pengetahuan agar segala sesuatu dikembalikan kepada Allah, termasuk di dalamnya perihal jabatan. Jabatan sejatinya adalah amanah yang harus diemban dengan penuh tanggungjawab.

Mengemban amanah bagi sebagian ulama terdahulu adalah merupakan musibah, sebab sesaat setelah menerima amanah ia dihadapkan pada tanggungjawab horisontal di hadapan manusia dan tanggungjawab vertikal di hadapan Allah. Sebab itu pula, Umar bin Abdul Azizketika menerima amanah sebagai khalifah, kalimat pertama yang ia ucapkan adalah Innaa lillahi wa innaa ilaihi rojiun, sungguh Allah adalah pemilik segalanya dan segala sesuatu akan kembali kepadaNya.

Tulisan ini mungkin akan menjadi tulisan Pojok Dirjen yang terakhir, seiring berakhirnya masa jabatan saya sebagai Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama. Dan in sya Allah, kita akan mendapatkan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama yang lebih baik. Amin.

Sebagai sebuah catatan di penghujung tugas, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh aparatur Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dan aparatur peradilan agama di seluruh Republik Indonesia baik yang berada di pengadilan tingkat pertama maupun di pengadilan tingkat banding, atas kerjasama yang baik selama ini.

Pada hakikatnya, sebagai Dirjen Badilag, saya merasa beruntung, sebab para pendahulu saya (Yang Mulia Drs. H. Wahyu Widiana, MA, dan Yang Mulia Dr. H. Purwosusilo, S.Ag., M.H.) telah meletakan pondasi kebaikan, sehingga tugas saya adalah melanjutkan kebaikan-kebaikan tersebut dengan menambahkan beberapa pembaruan yang memiliki relevansi terkait program terkini.

Atas kerjasama yang baik bersama aparatur Ditjen Badilag dan aparatur peradilan agama di daerah, alhamdulillah dengan izin Allah, kita dapat melanjutkan program-program Ditjen Badilag yang telah diinisasi oleh para Dirjen Badilag sebelumnya, antara lain: 1) pelaksanaan sidang terpadu yang dilaksanakan atas kerjasama dengan Kementerian Agama, dan Kementerian Dalam Negeri cq. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil; 2) pengembangan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) menjadi versi 3.20-3; 3) seleksi eletronik calon pimpinan; 4) seleksi elektronik calon peserta pendidikan dan pelatihan sertifikasi ekonomi syariah; 5)membangun aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE), menyediakan bahan ajar e-learning Badilag; 6) meningkatkan kerjasama dengan negara-negara lain seperti Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Sudan, Jordania, dan Australia; 7) pembinaan melalui pemanfaatan audio visual teleconference dengan beberapa pengadilan di daerah-daerah; 8) penyusunan Majalah Peradilan Agama yang dapat dibaca oleh seluruh aparatur Peradilan Agama dan masyarakat luas secara elektronik dan cetak.

Selain itu, pada tahun 2017 Ditjen Badilag juga telahmenyelenggarakan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) kepada 98 pengadilan agama tingkat pertama. Dan in sya Allah tahun 2018 ini kegiatan sertifikasi akan terus diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada publik.

Berbagai capaian prestatif tersebut merupakan hasil kerja rekan-rekan aparatur peradilan agama, baik yang di Ditjen Badilag maupun yang di daerah. Sebab, program tersebut memang sejatinya diaplikasikan di satuan kerja pada pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding. Untuk itu, tanpa merasa bosan, saya menyampaikan terima kasih, jazakumullah ahsanal jaza, atas kerjasama selama ini. Mari kita kembalikan berbagai capaian tersebut kepada Allah SWT, dengan meningkatkan kesyukuran kita kepadaNya.

Saya menyadari selama mengemban amanah sebagai Dirjen Badilag, terdapat hal-hal yang belum maksimal karena keterbatasan kemampuan, waktu, maupun hal lain yang bersifat teknis. Untuk semua keterbatasan tersebut, izinkan saya memohon dibukakan pintu maaf, karena sejatinya setiap hal yang negatif berasal dari saya dan menjadi tanggungjawab saya sebagai makhluk yang dhoif.

Akhirnya, untuk menutup tulisan Pojok Dirjen edisi terakhir ini, mari kita renungkan bersama-sama tentang penciptaan Allah yang berpasang-pasangan. Allah ciptakan kanan dan kiri sebagaimana Allah ciptakan timur dan barat. Allah ciptakan siang dan malam sebagaimana Allah ciptakan awal dan akhir. Tanggal 8 Januari 2015 adalah awal saya mengemban amanah, dan hari ini adalah akhirnya. Hanya kepada Allah kita berharap dapat mengakhiri segala sesuatu dengan husnul khotimah.

Mari kita sambut Dirjen Badilag yang baru dengan bismillah.

Jakarta, 24 Juni 2018

Dr. H. Abdul Manaf, M.H.  

Comments  
# Ahmad Syafruddin 2018-06-25 12:23
Besar harapan estafet peradilan agama seiring perjalanan waktu dan pergantian nakhoda terus membaik, semakin baik, serta lebih baik. Berpijak dgn mengutamakan institusi di atas pijakan yg lain. Mewariskan peradilan agama dg wujud terbaik bagi generasi penerus selaku pengemban tanggungjawab di masanya masing-masing. Slmt dan apresiasi terbaik untuk Bapak Dirjen, semoga Alloh memuluskan jalan, meluaskan pertolonganNya, menuju tugas dan tanggungjawab pengabdian lebih menentukan dalam tugas yudisial di Mahkamah Agung, menjadi Hakim Agung RI. PA. Spn, 25062018.
Reply | Reply with quote | Quote
# M. Jalaluddin. PA Bu 2018-06-25 14:07
Masya Allah. mantap. maju terus badilag ku
Reply | Reply with quote | Quote
# Lailatul Arofah 2018-06-26 06:40
Subahanallah kami semua bangga dengan YM .semoga Dirjen Badilag semakin eksis dan bermartabat . Selamat mengemban tugas yang baru YM Dr.H.Abdul Manaf, MH, semoga selalu dalam Maunah Allah.
Reply | Reply with quote | Quote
# S.Romlah Humaidy 2018-06-26 22:43
Baarokallaah... ...Semoga semakin berkah dlm jabatan yang baru.. WKPTA Srby dan selanjutnya Hakim Agung...aamiin ya Allaah
Reply | Reply with quote | Quote
# Cholidul Azhar, PTA 2018-06-28 07:28
Terima kasih atas kepemimpinan Bapak selama menjabat sebagai Dirjen Badilag MARI. Semoga menjadi amal sholeh yang diterima oleh Allah SWT. Jazakumullah.
Reply | Reply with quote | Quote
# nurlinah.K 2018-06-28 07:46
Semoga bapak senantiasa diberi ketabahan dan kekuatan dalam mengembang amanah selanjunya dan Insya Allah ke depan akan lebih baik. Amin
Reply | Reply with quote | Quote
# nurlinah.K 2018-06-28 07:48
Semoga Allah senatiasa memberikan kekuatan dan kesahatan kepada bapak dalam mengemban amanah berikutnya dan Insya Allah akan lebih baik Amin.
Reply | Reply with quote | Quote
# Panitera PTA. Jayapu 2018-06-28 07:56
Terimakasih YM Bapak Dr. H. Abdul Manaf, M.H yang telah memimpin Dirjen Badilag, semoga selama kepemimpinan Bapak Allah mencatat sebagai amal ibadah Jariah dan selalu sehat wal afiat dalam mengemban amanah selanjutnya amin Ya Rabbal Alamin
Reply | Reply with quote | Quote
# rosyid yakub 2018-06-28 09:15
Terimakasih YM Bapak Dr. H. Abdul Manaf, M.H., jazakumullah ahsanal jaza dan selalu sehat wal afiat dalam mengemban amanah selanjutnya amin Ya Rabbal Alamin
Reply | Reply with quote | Quote
# Ali Imron PA Cilacap 2018-06-28 09:48
Terimakasih YM Bapak Dr. H. Abdul Manaf, M.H yang telah sukses memimpin Ditjen Badilag, semoga selama kepemimpinan Bapak Allah mencatat sebagai amal sholih dan Semoga semakin berkah dlm jabatan yang baru.. WKPTA Srby dan selanjutnya Hakim Agung serta selalu sehat wal afiat, amin Ya Rabbal Alamin.
Reply | Reply with quote | Quote
# HA.J SOHRA. PTA.Ptk. 2018-06-28 10:10
Syukron ajengan, antum pembina dan guru kami melebihi kapasitas selaku Dirjen, yang kini berakhir. namun tugas besar dan panjang menanti, setelah singgah sebentar di Jatim, Waka Pta, Maka YM HA menanti, dan telah menjadi kultur kita Para YM HA adalah Pembina sekaligus Pejuang Lingkungan kita. selamat berjuang ajengan, selamat Berjuang YM.
Reply | Reply with quote | Quote
# IMRON NAIM 2018-06-29 07:42
Terimakasih atas kepemimpinan YM semoga Allah memberi kemudahan kepada YM untuk menjadi Hakim Agung
Reply | Reply with quote | Quote
# Maidah@pta-medan 2018-07-11 08:36
Jazakumullah ahsanal jaza Ym. semoga Ym. selalu diberi kesehatan dan Semangat mengemban tugas sebagai Waka PTA.Surabaya dan menuju Hakim Agung Insya Allah, Allah mendengarkan do'a kita semua Aamiin YRA.
Reply | Reply with quote | Quote
# baihna, PA. Tungkal 2018-07-11 16:03
selamat menduduki jabatan baru sebagai hakim Agung Pak...semoga selalau amanah....barak allah...
Reply | Reply with quote | Quote
# Rahmani, PA.Kab.kedi 2018-07-17 09:17
KEHIDUPAN MANUSIA KACAU DAN MENGACAUKAN KALAU TIDAK SENANTIASA MENGHADIRKAN ALLAH PD KEHIDUPANNYA
Reply | Reply with quote | Quote
# Dasri Akil PA Ambon 2018-07-30 09:16
Selamat dan sukses dlm mengemban amanah serta tugas baru sebagai Hakim Agung.
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor