logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 190

Bekerja Keras,Profesional Dan Penuh Amanah Membawa Berkah

Setiap orang sebelum mengerjakan sesuatu harus memiliki impian untuk meraih keinginannya, tentu banyak kalangan yang bertanya-tanya tentang mimpi ataupun impian terlebih dahulu. Semua hal besar memang berawal dari sebuah impian. Dengan memiliki impian, tentunya keinginan untuk dapat menghasilkan hasil lebih banyak harus dibarengi dengan niat yang tulus dan penuh tekad.

Semua orang tentunya memiliki impian untuk dapat menjadi lebih baik dan mempunyai masa depan yang lebih cerah. Namun, tak jarang perasaan putus asa menghampiri di tengah perjalanan menuju kesuksesan yang mereka impikan tersebut, terlebih ketika mengalami kegagalan atau kerugian yang besar, sehingga mereka akhirnya menyerah dan tidak melanjutkan perjalanan mengejar impiannya.

Ketika rasa putus asa datang karena kegagalan, maka secepatnya harus bangkit. Jangan biarkan rasa tersebut ada hingga berlarut-larut, bahkan sampai menghambat diri seorang muslim untuk tetap maju. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap memiliki semangat dan mengembalikan kepercayaan diri dalam menggapai apapun yang diimpikan. Salah satu cara mudah yang dapat kita lakukan adalah belajar dari pengalaman orang lain yang juga pernah merasakan kegagalan, dan bangkit sampai kini mereka menjadi sukses.

Setiap individu tidak harus mengenal orang-orang sukses itu secara langsung untuk bisa mendapatkan pelajaran dari mereka. Bisa dengan membaca kutipan atau terkenal dengan istilah quotes yang mereka bagikan, lalu kita bisa memetik pelajaran dan mengaplikasikannya ke dalam hidup sehari-hari dengan dibarengi keimanan kita kepada Allah SWT.

Selain membaca pengalaman dari orang soleh atas kesuksesannya, perlu kiranya melakukan muhasabah diri atas karunia ilahi yang telah dianugerahkan kepada kita semua sepanjang hidup ini.

Menunda untuk mengerjakan, menyelesaikan tugas dan kewajiban sering dilakukan oleh setiap manusia, baik dalam lingkup sederhana maupun bekerja. Walaupun memang sulit untuk menjaga agar semangat kita tetap di puncak dalam menyelesaikan target dan kewajiban, namun mencegah penundaan dalam mengerjakan tugas sangat penting. Kita harus semangat dan semangat karena diri kita sendirilah yang mengenal kemampuan diri.

Salah satu cara untuk memotivasi yang biasanya ampuh adalah membayangkan kesuksesan yang nanti akan didapatkan, dan bagaimana perasaan jika sampai di tahap tersebut. Kemudian menyadari bahwa untuk mendapatkan itu semua, harus melalui semua tahapan yang tidak sama satu orang dengan orang lain.

Cara kedua adalah memainkan sisi psikologis diri sendiri. Secara teori di psikologi, jika ingin memberitahukan target diri sendiri ke rekan kerja secara public, maka akan terpacu untuk benar-benar meraih target tersebut, karena ketika rasa malas mulai melanda, tentu akan merasa malu dan kecewa jika target tersebut tidak dapat dilakukan atau tidak tercapai.

Pikiran memegang peranan kuat di dalam kehidupan kita. Dengan mindset yang optimis, kita akan menjadi percaya diri dalam meraih apa yang kita inginkan. Kita akan memandang pekerjaan kita dengan positif dan pikiran positif, mengenyampingan pola negatif. Jika tidak tercapai dalam tugas sebelumnya, jangan pernah mengeluh dan patah semangat. Perlu diketahui bersama bahwa kegagalan adalah sukses yang tertunda. Peribahasa tersebut bukanlah suatu kebohongan belaka, tapi memang kenyataannya kegagalan tidak menentukan kemampuan seseorang. Justru memberikan spirit untuk memacu diri melakukan yang lebih baik lagi.

Untuk melakukan sesuatu yang diinginkan seseorang dan mencapai apa yang didambakan, yang terpenting adalah pola pikir sangat berpengaruh pada keberhasilan. Seseorang yang memiliki rasa tawakal kepada sang kholiq setelah berikhtiar dengan maksimal maka kepercayaan diri akan meningkat setahap demi setahap.

Comments  
# Arif Mukhsinin PACbd 2020-06-21 05:43
Insyaallah kita selaku orang yang beriman dengan modal tawakal maka semua impian akan menjadi kenyataan. terima kasih pak. Dirjen
Reply | Reply with quote | Quote
# St.Zainab P. PA Msh 2020-06-30 14:49
assalamualaikum Wr.Wb.
Trimakasih pak Dirjen atas Suport dan inspirasinya, moga dengan tulisan emas ini meberikan motivasi serta menjadi sprit untuk melakukan yang terbaik,...moga Bapak selalu diberikan kesehatan dan panjang umur oleh Allah SWT. ditunggu catatan emas berikutnya pak....salam
Reply | Reply with quote | Quote
Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage