logo web

Dipublikasikan oleh Ridwan Anwar pada on . Dilihat: 43

Baintal PA Stabat : Membaca Diri

Membaca merupakan jendela dunia, karena dengan membaca akan melahirkan pengetahuan atau pemahaman terhadap sesuatu. Dan dengan membaca mengantarkan orangnya mengetahui bahwa ia belum tahu.

Dalam Islam bahwa ayat qur’an yang pertama turun adalah perintah untuk membaca yang dirangkaikan dengan basmalah yang Maha Pencipta. Dan di ayat lain juga ada keharusan untuk membaca diri yang dalam al qur’an di untai dalam bentuk tantangan yang berbunyi wafii anfusikum afalaa tubsiruun ? QS.Azzariyat ayat 21. yang artinya dan di dalam dirimu apakah kamu tidak perhatikan/pelajari?.

Dengan merenung penciptaan alam semsta, akan kembali melihat dirinya sendiri, siapakah dirinya, dari mana asalku, akan kemana aku pergi?. Dengan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan melahirkan pemahaman bahwa diri ini berharga karena usaha dan jasa ketika hidup. Dan jika mati, tubuh tidak dapat ditahan berlama-lama lagi, sebab dia telah jadi bangkai, lekaslah dikuburkan, sebab sama saja busuk bangkai seorang penyabit rumput dengan sultan yang besar. Namun sesudah mati yang menentukan nilai hidup itu ialah amal dan jasa yang diperbuat sewaktu masih hidup dahulu.

Karena kita warga Pengadilan Agama Stabat yang telah melaksanakan Zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi. Mari kita jadikan anti korupsi itu sebagai krakter dan prilaku kita sehari-hari, apakah ada pengawas/uji petik, monitoring atau tidak ada, kita tetap dengan ikhlas tidak berbuat korupsi. Dan supaya apa yang kita kerjakan itu sesuai dengan aturan harus rajin membaca, oleh karena itu:

Bacalah peraturan yang berkaitan dengan tugas pokok minimal 10 menit setiap hari.

Baca buku yang berkaitan dengan bahasa hukum.

Bekerja dengan tenang dan senang.

Setiap kita menanda tangani absen setiap hari.

Buat buku bantu catatan kerja PNS.

Buat buku catatan atasan langsung sebagai pengawas, sesuai dengan Perma Nomor 8 Tahun 2018.         

Demikian ringkasan ringkasan pembinaan yang disampaikan oleh Drs. Muhd Nuh Nasution, S.H. M.H. (Wakil Ketua) pada hari Rabu tanggal 19 Zulka’dah 1439 H./ 1Agustus 2018.

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Lokasi Kantor