logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 910

WEBSITE: PUBLIKASI IDENTITAS INSTITUSI DAN PELAYANAN PERADILAN 

Suatu Persembahan Dari:

(Hakim-Hakim Pengadilan Agama Bajawa)[1]

 

A. PENDAHULUAN

Suasana Ruang matahari. Yang menjadi tempat rapat sidang komisi untuk lingkungan Peradilan Agama mendadak menjadi hening. Ketika Dirjen Badilag akan membacakan SK pemenang lomba. Tak lama berselang, keheningan pun berubah menjadi riuh dengan tepuk tangan. Drs. H. Wahyu Widiana, MA menyebut PTA Bandung dan Banjarmasin sebagai pemenang kategori pemanfaatan website untuk menunjang tugas pokok.[2]

Ilustrasi di atas merupakan saat-saat dimana Wahyu Widiana selaku Dirjen Badan Peradilan Agama. Mengumumkan pemenang lomba Teknologi Informasi kategori pengelolaan website. Perlombaan ini didasarkan pada Surat Dirjen Badilag Nomor 650/Dj.A.I/HM.00/IX/2007 tertanggal 25 Maret 2007. Kegiatan lomba tersebut merupakan perlombaan pertama kali yang diadakan oleh Ditjen Badilag.

Ide dasar diadakannya lomba ini, karena ambisi Wahyu Widiana untuk membumikan website di Peradilan Agama. Website mutlak dimiliki oleh tiap-tiap Peradilan Agama untuk memperkuat eksistensi Peradilan Agama di dunia maya. Sebelum diadakan perlombaan, satuan kerja Peradilan Agama yang memiliki website sangat minim. Pasca lomba, terjadi lonjakan yang luar biasa, dari yang sebelumnya nol menjadi 159 dalam periode kurang lebih 10 bulan.[3] Disamping sebagai bentuk transparansi kepada publik. Sungguh ide yang sangat brilliant dari seorang Dirjen Badilag pada masa itu. Tiap perkembangan selalu direspon dengan terobosan-terobosan yang luar biasa.


[1] Sriyani HN, S.Ag., M.H., Dr. Mahmud Hadi Riyanto, S.H.I., M.H.I., Muhammad Ismail, S.H.I., Musthofa, S.H.I., M.H., dan Ahmad Taujan Dzul Farhan, S.H. (Laskar Pelangi PA. Bajawa)

[2] Asep Nursobah, dkk, Badilag dot net; Rumah Maya Bercat Hijau, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung R.I, Jakarta, 2012, h. 50.

[3] Ibid, h. 52.


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Add comment

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

Fanpage