logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1329

MEMPERTAHANKAN MAHKOTA HAKIM DI ERA BARU PERADILAN MODERN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI

Oleh : Syamsul Bahri, S.H.I.[1]

 

Latar Belakang

Era teknologi yang serba canggih memerlukan kesiapan sumber daya manusia itu sendiri. Setiap individu dituntut untuk mampu berpacu mengikuti perkembangannya. Ketersediaan berbagai macam fitur dan aplikasi diharapkan memberikan kemudahan layanan bagi si pengguna maupun sipenerima manfaat. Maka tak heran, hari demi hari pengadilan silih berganti meluncurkan berbagai aplikasi baik itu diciptakan sendiri maupun modifikasi dari aplikasi yang sudah pernah ada sebelumnya.

Tujuan diciptakannya Aplikasi maupun inovasi adalah untuk memberikan kemudahan layanan. Kemudahan tersebut menjawab asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Kalau itu ditinjau dari segi administrasi dan efisiensi waktu maka hal tersebut telah terjawab. Namun bagaimana bila ditinjau dari sisi lain? Apakah teknologi telah mengakomodir rasa keadilan yang diberikan oleh pengadilan?

Ini semua harus ada keseimbangan antara proses penyelesaian perkaran sederhana, cepat dan biaya ringan dengan rasa keadilan yang diberikan oleh pengadilan itu sendiri. Jangan sampai kecanggihan teknologi dengan menciptakan berbagai aplikasi inovasi tidak sebanding dengan tujuan keadilan itu sendiri. Keberadaan pengadilan tidaklah sama dengan keberadaan instasi eksekutif yang tolok ukurnya ada pada percepatan layanan administrasi. Pengadilan terlebih pada bagaimana memutus suatu perkara yang unsur terpenting adalah ukuran keadilan.


[1] Hakim pada Pengadilan Agama Soe


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice