logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1682

MANAGEMENT CATUR RELEVANSINYA DENGAN MANAGEMENT PERADILAN

Oleh: Korik Agustian, S.Ag., M.Ag.

(Hakim Pengadilan Agama Sengeti)

A. PENDAHULUAN

Management merupakan cabang ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam organisasi terkecil yaitu keluarga (Family) hingga organisasi yang terbesar seperti Negara (State). Suatu organisasi yang kecil namun terorganisir dengan baik atau dimanage dengan baik dapat mengalahkan organisasi yang lebih besar namun tidak dimanage dengan baik.

Management adalah suatu ilmu tentang cara mengatur dan mempengaruhi orang lain agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai atau bisa dikatakan sukses. Oleh karena itu jika seseorang berkeinginan untuk menjadi seorang manager perusahaan, pemimpin organisasi ataupun pimpinan instansi seperti Ketua Pengadilan atau bahkan Ketua Mahkamah Agung tentu harus mempelajari, memahami dan dapat mengaplikasikan ilmu management sehingga visi dan misi yang dicita-citakan dapat tercapai sesuai target yang diharapkan.

B. MANAGEMENT CATUR

Catur merupakan Cabang Olahraga (Cabor) yang sering dipertandingkan baik ditingkat lokal (daerah), nasional, bahkan internasional. Catur juga merupakan olahraga yang cukup memasyarakat, baik di kalangan masyarakat menengah ke bawah, maupun masyarakat menengah ke atas banyak yang menggandrunginya, karena olahraga ini bisa dimainkan dengan santai sambil minum kopi dan makan makanan ringan serta tidak banyak mengeluarkan modal yang besar, cukup membeli 1 buah papan catur bisa dimainkan kapan saja hingga kondisinya rusak. Ada yang mengatakan olahraga catur adalah olahraga memeras otak karena tidak banyak menggunakan tenaga fisik tetapi lebih banyak berfikir sehingga sebagian orang juga banyak yang kurang menyenangi catur.

Fakta menunjukkan hampir semua orang mengenal permainan catur, tetapi sebagian besar dari mereka memainkan permainan ini hanyalah sebagai hobi atau sekedar mengisi waktu luang. Fakta lain menunjukkan, masih sedikit orang atau generasi muda yang berniat mempelajari permainan ini secara mendalam. Sebenarnya permainan catur, bila dipelajari secara mendalam, akan menjumpai kelebihan yang tidak dijumpai dalam jenis permainan yang lain. Kelebihan tersebut adalah di samping sebagai permainan, permainan catur dapat pula sebagai ilmu, seni, dan olahraga. (Bill Robertie, dkk : Cara Cepat dan Mahir Bermain Catur, hal.1).


selengkapnya KLIK DISINI

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice