logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 4470

STUDY TENTANG UANG DAN PERMINTAAN UANG MENURUT EKONOMI SYARIAH

Oleh : Nursal, S.Ag[1]

A. Pendahuluan

Ekonomi Islam / Syariah pada saat ini terus berkembang, sekaligus bersamaan dengan bertransaksi dengan ekonomi syariah yang sekaligus dengan terpuruknya system ekonomi kapitalis atau system ekonomi lainnya .

Pembeda Utama antara Sistem Ekonomi Islam dan Sistem Ekonomi lainnya adalah sumbernya.Sistem Ekonomi Islam lahir dari sumber wahyu, sedang yang lain datang dari sumber akal.Karenanya, Ekonomi Islam sangat khas dan sempurna, yaitu : Ilahiah dan Insaniah. Berciri ilahiah karena berdiri di atas dasar aqidah, syariat dan akhlaq. Artinya, Ekonomi Islam berlandaskan kepada aqidah yang meyakini bahwa harta benda adalah milik Allah SWT, sedangmanusia hanya sebagai khalifah yang mengelolanya (Istikhlaf), sebagaimana diamanatkan Allah dalam surat al Hadid ayat  7  yang artinya :

berimanlah kamu kepada Allah dan Rasulnya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman diantara kamu dan menafkahkan ( sebagian ) dari hartanya memperoleh pahala yang besar

Begitu  juga Ekonomi Islam/ syariah   berpijak bahwa mewajibkan pengelolaan harta benda sesuai dengan aturan syariat Islam serta para pelaku ekonomi  syariah memiliki akhlaqul karimah dalam segala aktifitas ekonominya jauh dari unsur menzolimi, seperti unsur gharar, riba, dll. Atau  Ekonomi Syariah berprinsipkan insaniah karena memiliki nilai kemanusiaan yang tinggi dan sempurna. Sistem Ekonomi syariah tidak membunuh hak individu sebagaimana Allah Swt nyatakan dalam surat Al Baqarah ayat 29 dengan maksud bahwa semua yang ada di bumi diciptakan untuk semua orang. Begitu juga sebaliknya tetap menjaga dan memelihara hak-hak sosial dengan seimbang, sebagaimana dinyatakan dalam surat Al Isra’ ayat 29 bahwa pengelolaan harta yang dimiliki/dikuasai itu tidak boleh dengan kelakuan kikir tetapi juga tidak dibenarkan juga untuk boros.

Begitu juga masalah Uang merupakan bagian dari harta, maka dalam makalah ini akan dibahas tentang uang dari sudut Ekonomi syariah/ Islam .


selengkapnya KLIK DISINI

.

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice