logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1402

RESENSI BUKU :

ISLAM DAN MASYARAKAT BANJAR

Diskripsi dan Analisa Kebudayaan Banjar

(Alfani Daud)

Cetakan Pertama

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997, xiv+604 hal.

ISBN: 979-421-599-6

Muhammad Nafi

Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Martapura

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Buku ini ditulis oleh Alfani Daud[1], yang sebelumnya adalah disertasi beliau untuk mencapai gelar doktoral yang dipertahankan di hadapan senat Guru Besar IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 7 Agustus 1991. Disertasi tersebut disusun memakan waktu yang cukup lama, karena penelitian tersebut meneliti tentang Islam dan kebudayaan Banjar yang memerlukan data jenuh yang tidak berubah lagi.

Buku ini membahas secara lengkap dan komprehensip tentang Islam dan masyarakat Banjar, sehingga menurut penulis sulit mencari kekurangan dari buku ini, karena penulis sebagai orang Jawa yang lahir di Kalimantan Selatan dan hidup serta besar bersama dengan masyarakat banjar pada umumnya, mengalami sendiri apa yang diungkapkan oleh pengarang buku ini dalam penelitiannya. Meskipun pada asalnya masyarakat banjar didefinisikan sebagai penduduk asli daerah sekitar kota Banjarmasin, dan akhirnya meluas sampai daerah kota Martapura dan wilayah sekitarnya. Namun akhirnya definisi ini mengalami perkembangan yakni masyarakat banjar berkembang menjadi tiga kelompok subsuku, yaitu (banjar) pahuluan, (banjar) Batang Banyu, dan Banjar (kuala). (h.3).


[1] Islam dan Masyarakat Banjar Diskripsi dan Analisis Kebudayaan Banjar. Cet. 1, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1997, xiv+604 hal. ISBN: 979-421-599-6. Alfani Daud dilahirkan di Kandangan tahun 1933, beliau menyelasaikan pendidikan S1 pada IAIN Sunan Kalijaga Fakultas Syariah pada tahun 1965, Sarjana Muda Hukum pada Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahun Kemasyarakatan Universitas Islam Jakarta tahun 1972. Memperoleh gelar doktor dalam Ilmu Agama Islam (1991), di IAIN Syarif Hidayatulllah Jakarta, 1995 mengikuti Penataran Calon Manggala BP7 dan dilantik sebagai Manggala BP7 pada tanggal 11 Maret 1997 di Jakarta. Beliau pernah menjabat sebagai Rektor IAIN Antasari di Banjarmasin (periode 1992-1996). Alfani Daud, Islam Dan Masyarakat Banjar: Diskripsi Dan Analisis Kebudayaan Banjar (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1997).


Selengkapnya KLIK DISINI


 

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice