logo web

Dipublikasikan oleh Iwan Kartiwan pada on . Dilihat: 1700

DIMENSI SOSOK PEMIMPIN YANG IDEAL

(Dalam pandangan Administrasi publik)[1]

1. PENDAHULUAN

Sebelum membahas subtansi, perlu terlebih dahulu diutarakan isitilah dimensi, menurut Wikipedia, dalam penggunaan umum, dimensi berarti parameter atau pengukuran yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sifat-sifat suatu objek yaitu panjang, lebar, dan tinggi atau ukuran dan bentuk. dapat diartikan UKURAN, jadi jika satu hal diukur atau dinyatakan dalam dua jenis ukuran maka disebutlah dua dimensi.misalnya kecepatan benda bergerak yang diukur berdasarkan jarak tempuh dan waktu tempuh. Secara murni dimensi itu bisa sampai sangat banyak berpuluh-puluh dimensi atau beratus dst, dimensi bukan hal yang luar biasa. Semua bidang dapat menggunakan dimensi ini dalam pembahasan. Jadi yang dimasudkan disini adalah dimensi dalam arti ukuran dan bentuk, yaitu bagi seorang pemimpin (ketua) sebenarnya apa saja dapat dilihat dan ditinjau dari berbagai sudut pandang.

          Ingatkah ketika kita masih kecil, kita mengidolakan seseorang? Misal mengidolakan seorang tokoh dalam film seperti “Superman atau Spaiderman”. Dan sekarang ketika kita sudah dewasa, siapakah yang diidolakan?

          Setiap orang pasti mempunyai figur yang diidolakan. Seorang pemimpin adalah salah satu contoh nyata yang bisa mengispirasi orang – orang disekitarnya jika ia berperan dengan baik dalam kepemimpinannya. Contohnya saja Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno. Ia tidak hanya menjadi inspirasi seluruh bangsa Indonesia, bahkan pemimpin – pemimpin dari negeri seberang juga merasa bahwa Soekarno adalah seseorang yang patut menjadi inspirasi.


[1] Abdul Malik, Hakim PA Sukabumi, Pasacasarjana STISIP Sukabumi


selengkapnya KLIK DISINI

 

Hubungi Kami

Gedung Sekretariat MA (Lt. 6-8)

Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 58 ByPass Jakarta Pusat

Telp: 021-29079177
Fax: 021-29079277

Email Redaksi : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Email Ditjen : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Lokasi Kantor

 Instagram  Twitter  Facebook

 

Responsive Voice